Ticker

6/recent/ticker-posts

OM SWASTIASTU

SELAMAT DATANG DI BLOG JULDWIPAESCMART

RPP BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1)

 

Satuan Pendidikan                             : SMK

Mata Pelajaran                                   : Bahasa Bali

Kelas/Semester                                   : X/1

Kompetensi Keahlian                         : Semua Jurusan          

Materi Pokok                                     : Anggah-Ungguhing Basa

Alokasi waktu                                    : 2 x 45 menit

Tahun Pelajaran                                 : 2020/2021

Pertemuan ke-                                    : 1

 

 

A.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

 

KOMPETENSI DASAR

3.3  Menganalisis  teks wacana pengetahuan dari berbagai media beraksara Bali dan beraksara latin,  penggunaan anggah ungguhing bahasa Bali dalam komonikasi secara lisan atau tulis

 

4.3 Mengabstraksi wacana berhuruf  Latin dan aksara Bali dengan anggah ungguhing basa Bali yang benar

 

INDIKATOR

3.3.1        Menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pd teks wacana.

3.3.2        Melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan  anggah-ungguhing Basa Bali.

4.3.1 Membuat wacana bebas sesuai anggah-ungguhing basa.

B.     Tujuan Pembelajaran

 

Melalui model pemblajaran problem based learning siswa dapat menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa Bali secara disiplin, mandiri, literasi, kolaborasi, komunikasi, bertanggung jawab, berpikir kritis, dan rasa ingin tahu.

 

 

 

    

C.    Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran

 

Pendekatan                 : Pendekatan Saintifik ( Scientific )

Model pembelajaran    : (Problem Based Learning

Metode                        : Diskusi kelompok, tanya jawab dan pemberian tugas

 

D.    Materi Pembelajaran

Dimensi Pengetahuan                                          Materi

Fakta                                                                        Wacana

Konsep                                                                     Manguraikan penunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing.

Prosedur                                                                   Membuat wacana bebas sesuai anggah-ungguhing basa

 

E.  Media/ Alat dan bahan:

           i.              Media/ alat    : WA, bloger, Vedeo yutube, Google meet.

         ii.              Bahan            : LKPD

 

 

F.     Sumber belajar            :

a.       https://juldwipaescmart.blogspot.com/p/wiwilan-anggah-ungguhing-basa.html

b.       https://www.slideshare.net/JuldwipaEscmart/bahasa-bali-kelasa-x

c.       https://juldwipaescmart.blogspot.com/p/wacana-angggah-ungguhing-basa.html

d.       https://youtu.be/CP2UWVKl1tQ

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran

Dengan model pembelajaran Problem Based Learning

Pendahuluan: ALOKASI WAKTU (10 MENIT)

·         Peserta didik merespon  salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

·         Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang kehadirannya.

·         Peserta didik merespon petanyaan guru yang mengarah pada materi pembelajaran (tanya jawab):

Napike alit-alite naenin mirengang anggah-ungguhing Basa?

·         Peserta didik memperhatikan dengan seksama  informasi yang disampaikan oleh guru tentang materi, tujuan, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran

·         Peserta didik memperhatikan dengan seksama  teknik penilaian yang akan digunakan dan kemampuan literasi untuk penguatan pendidikan karakter

 

KEGIATAN INTI (55 MENIT)

KEFase I  Orientasi siswa pada masalah

-         Peserta didik mengamati wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan anggah-ungguhing.

 

Fase II Mengorganisasi siswa dalam belajar

-         Guru bertanya pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami   mengenai pamahaman dalam menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa

-         Peserta didik dengan kelompoknya berdiskusi  membagi tugas untuk mencari data/bahan untuk menyelesaikan masalah dalam menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa.

 

 

Fase III Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

-          Guru melakukan pengamatan dan memberikan bimbingan apabila ada peserta didik yang mengalami masalah atau kasulitan dalam menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa.

 

-          Peserta didik berdiskusi mangumpulkan informasi malalui berbagai sumber pemblajaran untuk memecahkan permasalahan dalam menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa.

 

Fase IV Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Peserta didik bersama klompok berdiskusi  dan mengolah data hasil pengamatan dalam menguraikan penggunaan anggah-ungguhing basa pada teks wacana berhuruf latin, melengkapi kalimat berdasarkan penggunaan anggah-ungguhing basa Bali , kemudian membuat wacana bebas sesuai  Anggah-ungguhing Basa

·         Perwakilan kelompok mempresen-tasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusi.

 

 

Fase V Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

 

·         Peserta didik  bersama -sama  menyimpulkan hasil pembahasan  dan guru memberikan penguatan.

 

Mengontruksi Terbimbing

·         Peserta didik dibimbing guru dalam kelompok bekerja sama dengan kreatif meng-identifikasi anggah-ungguhing Basa.

·         Peserta didik memberi komentar kelompok lain.

·         Peserta didik dibimbing guru dengan kreatif menunjukkan korelasi tentang anggah-ungguhing basa Bali

 

Mengontruksi Mandiri

·         Peserta didik manyimpulkan penggunaan anggah-ungguhing basa

 

 

PANUTUP 25 MENIT

·         Peserta didik membuat rangkuman/ simpulan atau refleksi pembelajaran

·         Peserta didik merespon umpan balik

·         Peserta didik menerima tugas yang diberikan oleh guru (mempelajari  persiapan pembelajaran selanjutnya).

·         Peserta didik menerima rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

·         Peserta didik membalas salam mengakhiri pembelajaran

 

 

H.    Penilaian

A.    Penilaian

1. Penilaian Sikap

a.          Teknik Penilaian               : Observasi/pengamatan

b.         Bentuk Penilaian               : lembar pengamatan

c.          Instrumen Penilaian          : jurnal terlampir

2.      Penilaian Pengetahuan

a.    Jenis/ teknik tes                  : Tes Tertulis

b.   Bentuk                                : uraian

c.    Instrumen Penilaian            : (terlampir)

3.      Penilaian Keterampilan

a.    Teknik Penilaian                 : unjuk kerja, porto folio

b.    Instrumen Penilaian           : terlampir

 

A. Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes/non tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

B.  Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

 

 

                                                                                                 Denpasar, 20 Juni 2021

Mengetahui Kepala Sekolah                                       Guru Mata Pelajaran

                                                                                     Bahasa Bali

 

 

Drs. I Dewa Bagus Ketut Wartawan                       I Made Juliadi Supadi.S.Pd

NIP.196406161988031015                                         NIP. -

 


Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA