Ticker

6/recent/ticker-posts

OM SWASTIASTU

SELAMAT DATANG DI BLOG JULDWIPAESCMART

MENGAPA PERLUNYA PENELITIAN TINDAKAN


TERIMAKASIH SUDAH MANGUNJUNGI BLOG JULDWIPAESCMART, JULDWIPAESCMART TEMPAT BERBAGI MATERI BAHASA BALI SERTA BERBAGAI INFORMASI FOREX , MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN, KARYA ILMIAH,TIPS, APLIKASI SERTA PENGALAMAN HIDUP PENULIS.

Penelitian tindakan (action research) merupakan salah satu bentuk dari penelitian yang tidak meninggalkan prinsip ilmiah. Segala kegiatan, pencatatan dan pelaoran dilakukan secara sistematis. Dari uraian di atas dapat dipahami bahwa penelitian tidnakan didefinisikan sebagai salah satu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk kemantafan rasional dari tingkan-tinakkan yang lebih kecil yang dilakukan peneliti dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran itu dilaksanakan.

Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu 1) merencanakan (plan), 2) melakukan tindakan (act), mengamati (observ) dan 4) perenungan (reflect).

Setelah melakukan perenungan yang mencakup analisis, sintesis dan penilaian terhadap hasil permasalahan atau pemikiran baru yang perlu mendapat perhatian, sehingga pada gilirannya perlu dilakukan perencanaan ulang, tindakan ulang, dan pengamatan ulang serta diikuti pula dengan refleksi ulang. Tahap-tahap ini terus berulang sampai suatu permasalahan dianggap teratasi untuk kemudian  biasanya diikuti oleh kemunculan permasalahan lain yang juga diperlakukan serupa. Keempat fase dari suatu siklus dalam penelitian tindakan biasanya digambarkan dengan sebuah spiral yang diadaptasi dari Hopkins (1993) seperti gambar 1 berikut:

 

Gambar 1 Siklus Penelitian Tindakan Hopkins

Dalam penelitian tindakan ini, peneliti sebagai pelaku utama dan sekaligus juga kolaborator sedangkan guru sebagai mitra peneliti yang akan melaksanakan rancangan proses pendidikan di dalam kelas. Penerapan rencana tindakan berdasarkan permasalahan yang ada, pemilihan kemungkinan pemecahan masalahnya, implementasinya di lapangan sampai tahap evaluasi dan perumusan tindakan berikutnya. Peneliti sebagai pelaku utama bersama guru-guru mitra menemukan masalah yang terjadi di kelas, menentukan masalah mana yang harus dipecahakan dan melaksanakan rencana tindakan perbaikan, peningkatan perbaikan, peningkatan perubahan proses belajar yang lebih efektif dan tepat secara konseptual.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya peningkatan efektivitas belajar yang berlangsung dalam tahap-tahap siklus bermula dari perencanaan, observasi, refleksi dan kembali pada perencanaan untuk tindakan. Diharapkan masalah praktis belajar terutama di kelas yang menjadi tanggung jawab guru tersebut dapat diatasi. Penelitian ini berdampak pula pada diri guru sebab dengan melaksanakan rencana tidnakan yang telah dibuat diharpkan dapat menumbuhkan sikap dan kemauan untuk selalu berusaha memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas serta melatih mereka untuk dapat beropartisipasi secara aktif dan profesional dalam memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari di kelas. Di samping itu penelitian tindakan juga memberikan kesempatan pada guru untuk beritindak kreatif dalam praktek pembelajarannya sehingga mereka akan merasa melakukan pembaharuan di dalam memecahkan masalah yang dihadapi di kelas.

Penelitian merupakan salah satu bentuk penelitian tetap tidak meninggalkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah. Segala kegitan, pencatatan dan pelaporan dilakukan secara sistematis. Kemmis dan Hopkins (1993) menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas sebagai satu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang  dilakukan untuk meningkatkan kemamtapan rasional dan tindakan-tindakan yang dilakukan peneliti dalam melaksanakan tuga, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran itu dilaksanakan.

          Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka tindakan itu dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahapan, seperti gambar di bawah ini:



 

 

 


         

Gambar 2. Proseddur Penelitian Tindakan Kelas

 

Setelah dilakukan refleksi atau perenungan yang mencakup analisis, sintesis dan penilaian terhadap permasalahan atau pemikiran baru yang perlu mendapat perhatian, sehingga pada gilirannya perlu dilakukan perencanaan ulang, dan pengamatan ulang serta diikuti pula refleksi ulang. Tahap-tahap ini terus berulang sampai suatu permasalahan dianggap teratasi untuk kemudian biasanya diikuti oleh kemunculan permasalahan lain yang juga harus dilakukan penelitian serupa

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Jakarta : Grafindo

Dimiyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Gagne, R.M. (1989). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran (terjemahan Munardi). Jakarta : PAU-UT

Gole, P.G. dan Chan. L.K.S. (1990). Methodes and Strategies for Special Educational. New York: Prentice Hall

Kariman, T.M. (2002). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Makalah (disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pemebelajaran 18-19 uli 2002 Hotel Indonesia, Jakarta)

Lie,A. (2002). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widya Sarana

Mansyur.(1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Ratna.W.D.(1991) Teori-Teori Belajar, Jakarta: Glora Aksara Pratama

Reigeluth,C.M. (1983). Intructional Design Theoris and Models An Over Eiew of Their Current Situs, London: Lowrence Erl Baum Associates

Sudjana, N. (2000) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Suriasumantri, Jujun S. (2001). Ilmu Dalam Persfektif Sebuah Kumpulan tentang Karangan Hakekat Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

UU.No 20. Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:Fokus Media

UU.No.20. Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media


Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA