KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadapan Ida
Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat beliaulah
penulis dapat menyelesaikan Proposal yang berjudul “Kue BOBICO” tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Proses
penyusunan proposal ini tidak luput dari berbagai permasalahan yang dihadapi,
karena minimnya kemampuan dan pengalaman penulis miliki. Terselesainya proposal
ini merupakan anugrah Hyang Widhi Wasa melalui ciptaannya yang dengan tulus
memberikan dorongan moral dan material, arahan, kritik dan saran positif yang
sangat membantu penulis.
Rancangan
usaha yang terdapat dalam proposal ini hanyalah sebagai contoh. Penulis
berharap kepada pembaca agar bisa mengembangkan sendiri usaha kecil menengah sesuai
dengan situasi yang nantinya akan didapat setelah menyelesaikan pendidikan dan
sudah terjun langsung di dunia industri.
Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal ini masih sangat jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan
karena keterbatasan kemampuan serta pengetahuan penulis. Oleh sebab itu,
penulis mengharapkan kritik dan saran serta tanggapan dari berbagai pihak yang
bersifat membangun demi kesempurnaan proposal ini dikemudian
hari.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan semoga proposal
ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua sebagai acuan dan pedoman dalam
proses pembelajaran serta pendidikan di dunia usaha.
Denpasar, ..., ..., ...
Penulis
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI………………………………………………………..
BAB.I
: PENDAHULUAN………………………………………….
1.1
Latar Belakang………………………………………………
1.2
Visi……………………………………………………….
1.3
Misi…………………………………………………………
1.4
Tujuan Kegiatan Usaha……………………………………………………….
1.5
Maksud Kegiatan Usaha………………………………………………….........
Bab.II :
PEMBAHASAN
2.1.
Profil…………………………..
2.2.
Strategi Pasar…………………………
2.3.
Analisis SWOT…………………………
BAB.III. MANAGEMEN PRODUKSI
3.1.
Proses Produksi …………………………..
3.2.
Bahan Baku…………………………
3.3.
Peralatan Dan Perlengkapan......................
3.4.
Cara Pembuatan …………………………
BAB.IV. Rencana Anggaran
3.1.
Proses Produksi …………………………..
3.2.
Bahan Baku…………………………
3.3. Peralatan Dan Perlengkapan......................
BAB.
V. PENUTUP……………………………………………
Kesimpulan
Saran.
Lampiran-Lampiran
1.
Foto desai kemasan
2.
Foto hasil makanan yang dibuat
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Fungsi pakai adalah kerajinan yang
hanya mengutamakan kegunaan dari benda kerajinan tersebut dan memiliki
keindahan agar menjadi menarik
1.2 Visi
Menjadikan makanan tradisional
menjadi yang utama
1.3 Misi
1. Selalu berinovasi dengan produk
tradisonal
2. Meningkatkan kualitas makanan
tradisional
3. Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas
1.4 Tujuan kegiatan usaha
Tujuan penulis memilih jenis usaha
ini yaitu :
1. Mendapatkan
keuntungan.
2. Menarik
minat konsumen untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai target penjualan.
3. Dapat
membuka lapangan pekerjaan baru.
4. Membantu mempertahankan makanan tradisional agar tida hilang.
1.5 Maksud kegiatan usaha
Dari hal membuka usaha ini penulis
bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang
kuliner, di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas
ilmu yang telah penulis ketahuai dan ingin berinovasi dengan makanan
tradisional sehingga makanan tradisional tida akan kalah dalam kualitas dengan makanan
makanan di jaman yang moden ini, penulis akan berenovasi dengan mengembangkan
kembali kue tradisional yaitu obi menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas. Penulis
akan membuat “BOBICO” yaitu bola bola obi coklat yang hasil dari pengembangan
dari kue obi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Bobico adalah brand dari kegiatan
usaha penulis, karena bahan bakunya adalah ubi, ubi biasanya di kenal dengan
makanan pedesaan, namun kini penulis ingin mengebangkan kembali dengan cara mengolah
ubi ini menjadi makanan yang menarik, sehingga ubi dapat di kenal luas
oleh masyarakat, cara penulis memperkenalkan ubi ini secara luas yaitu dengan
cara membuat hasil olahan dari ubi yang semenarik mungkin tanpa mengurangi isi
nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Ubi banyak sekali mengandung nutrisi penting bagi kesehatan, kandungan yang termasuk dalam ubi yaitu : vitamin A, C, E, betakeroten, magnesium, kalium dan kaya oksige, sehingga makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang lanjut usia.
2.2 Strategi pasar
Agar rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam melakukan strategi pasar antara lain :
2.2.1 Segmenting
Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di
capai, produk yang harus penulis buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh
berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk
ini juga bisa di nikmatin dari anak anak hingga orang dewasa.
2.2.2 Targeting
Target
pasar yang penulis bidik adalah pada kalangan masyarakat setempat, sekolah
penulis sendiri, serta warung warung kecil.
2.2.3 Positioning
Agar
produk penulis ini mudah dikenali oleh masyarakat, penulis berinovasi dengan
cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan yang ada, bahan
yang penulis tambahkan yaiu seperti kacang, coklat dan seres mix, sehingga
tampilan lebih menarik rasa lebih unggul dan kulitas sangat baik, sehingga
konsumen dapat mengenali dengan mudah produk ini.
2.3 Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi persaingan
dalam bidang usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha penulis harus
mengukur kemampuan
penulis terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
2.3.1 Kekuatan ( Strength )
Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan
baik oleh masyarakat luas, karena produk yang penulis buat ini mempunyai
kualitas yang cukup tinggi karena bahan dasarnyaa menggunakan ubi yang banyak
mengandung nutrisi juga pembuatan yang higienis.
2.3.2 Kelemahan ( Weakness )
1. Produk tidak tahan lama.
2. Produk mudah di tiru.
3. Harga bahan baku tidak
stabil.
2.3.3 Peluang ( Oportunity )
Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat
akan tetapi usaha bobico ini berbeda dengan obi yang biasa, bobico ini produk
hasil modivikasi yang sedemikian sehingga menjadi produk baaru serta menarik
yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern,
obi di jaman sekarang sudah jarang sekali yang
memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam
pemasaran, apalagi obi ini merupakan varian baru yang dapat menarik minat
konsumen unuk merasakan sensasi baru dari obi ini.
2.3.4 Ancaman ( Treath )
Ancaman yang dapat timbul dari usaha BOBICO ini
antara lain :
1. Pesaing tidak
sehat.
2. Bahan baku
yang tida stabil.
3. Adanya produk
serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.
BAB III
MANAGEMEN PRODUKSI
3.1 Proses Produksi
Kegiatan
yang penulis lakukan dalam kegiatan produksi yaitu :
1. Mengembangkan ide pembuatan produk
dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk yang sedang populer
yaitu kuliner.
2. Melalui bagian produksi, penulis
mulai mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku utama dalam hal ini,
penulis melakukan survei ke pasar guna mendapatkan harga yang lebih kompetitif
dasar pasar.
3. Proses produksi, proses produksi
dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan kan azas higenis guna
terciptanya kepercayaan terhapat konsumen akan produk yang penulis pasarkan.
4. Menyusun laporan keuangan, tahapan
ini di lakukan untuk membuat sistem managemen yang baik dalam kegiatan usaha.
Penulis percaya, jika penangana keungan tersusun dengan baik maka semua
kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.
3.2 Bahan Baku
Biaya Variabel/biaya tidak tetap dan biaya
tetap yang sudah dibuat
3.3 Peralatan Dan Perlengkapan
Biaya investasi alat yang sudah dibuat
3.4 Cara Pembuatan
1. Siapkan bahan-bahan dan peralatan
yang di butuhkan
2. Kupas ubi kemudian cuci lalu kukus
hingga matang atau melunak.
3. Halus kan ubi dengan cara di tumbuk
dengan menggunakan dulang sampai halus.
4. Setelah ubi halus hingga berbentuk
adonan masukan garam, tepung tapioka, kemudian tumbuk kembali hingga
tercampur rata.
5. Setelah selesay ambil adonan
sesendok dan masukan gula merah sedikit atau coklat sesuai slera, sebagai
isiannya, lalu bulatkan sehingga menjadi bola bola kecil.
6. Panaskan
minya dengan api sedang, jika minyak sudah siap baru goreng adonan yang telah
di benuk hingga berwarna coklat keemasan, setelah matang angkat lalu tiriskan.
7. Setelah dingin
bobico bisa di toping sesuai selera.
BAB IV
RENCANA ANGGARAN
4.1 Modal / Pemasukkan
Aspek perhitungan keuangan yang pernah
dibuat
4.3 Perhitungan
Laba
Aspek
Laba keuangan yang pernah dibuat
I V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
“BOBICO” merupakan brand produk yang di ciptakan oleh penulis dalam bidang ini, penulis menciptakan produk ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang bisni yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis sangat mengharapkan produk yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi olehpara konsumen dantertanam dibenak masyarakat luas dengancara konsinyasinya ditoko cemilan.
5.2 Saran
Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun demi penyempurnaan prososal ini.
Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis
ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan penulis berharap dalam
mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak
yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselesaikan dengan
baik dantepat pada waktunya, sekian terimakasih.
0 Komentar