Sekolah :
SMK Negeri 2 Denpasar
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH BALI
Kompetensi Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Kelas/Semester : X/I
Materi Pokok :
-Memahamistrukturdankaidahwacanalisan non sastra
berbentukpidatodariberbagai
media secaralisanmaupuntulisan.
Mengabstraksiwacanalisan non
sastrapidatoberbahasa Bali yang bertemasosial,lingkungandankebijakanpublik.
Alokasi Waktu : 6 X 45
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melaluikegiatanpembelajaranmenggunakan model
Discovery Learning yang dipadukandenganmetodemind mapping, teknik ATM, danpendekatansaintifik,pesertadidikdiharapkandapat:
Ø
Mampuberadaftasidengansistuasibelajar
online baikmenggunkanabsen online sertamenggunakanbahasa Bali dalam proses
pemblajaranderingdenganbaiksehinggamampuberkomunikasidanbekerjasamadenganbaik.
Ø
Memahami pengertian pidarta,
struktur pidarta, jenis jenis pidarta,agem-ageman mapidarta, lan panureksaan
rikala mapidarta.
Ø
Membuat teks pidarta baik pembukaan
sampai penutup.
B.
LANGKAH -LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke 1 ( 2 X 45 Menit =
90 Menit ) |
|
PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Orientasi |
Penguatan Pendidikan Karakter Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
Apersepsi |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan
kembali materi dengan bertanya, |
Motivasi |
Guru memperkenalkan
diri dengan bahasa Bali, selanjutnya
diusahakan masing-masing siswa bisa tampil untuk memperkenalkan diri
(minimal sebut nama dan alamat) menggunkan bahasa Bali, terakhir.Guru
menyampaikan topik tentang “materi pidarta bahasa Bali”. |
Pemberian Acuan |
Memberitahukan materi, kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
sedang berlangsung |
KEGIATAN INTI (60 Menit) |
|
Orientasi Peserta Didik Kepada
Masalah |
PERTEMUAN 1 TUJUAN I Pertemuan awal Pangenalan malalui pamahaman
bahasa Bali siswa satu persatu mengenalkan diri mengunakan bahasa Bali serta pangenalan
tentang materi pidarta bahasa Bali dengan mangunduh buku paket dengan link
yang sudah disediakan serta mencoba absen elektrik klik di bloger bahasa Bali PERTEMUAN II TUJUAN II v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada materi “materi pidarta bahasa Bali”.melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Membaca
Guru meminta siswa membaca membaca materi
pidartaa dan memahaminya Mengamati
Guru menayangkan/memberi contoh teks pidarta v Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis
pidarta tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka dan menuliskan hasil
pengamatannya. PERTEMUAN III TUJUAN III v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada materi “wangun pidarta bahasa Bali”.Agar siswa mampu membuat sebuah teks pidarta Bahasa Bali Membaca
Guru meminta siswa membaca membaca contoh teks
pidartaa dan memahaminya Mengamati
Guru menayangkan/memberi contoh teks pidarta v Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis
contoh video pidarta tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka
dan kemudian membuat sebuah teks pidarta Bahasa bali |
Mengorganisasikan Peserta Didik
|
Critical Thinking (Berpikir Kritis): v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun
tayangan/contoh yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar Misalnya :
Napi ke sane kawastanin pidarta?
Indayang carca pah-pahan sane ngawangun pidarta
sane jangkep! |
Membimbing Penyelidikan
Individu Dan Kelompok |
Collaboration (Kerja Sama): v Peserta didik diminta untuk
mempraktikan, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar
informasi mengenai “materi pidarta
bahasa Bali”.
Siswa diminta untuk membuat peta konsep (mind
mapping) mengenai struktur pidarta,dan ragam pidarta basa Bali serta contoh
pidarta. |
Mengembangkan Dan Menyajikan
Hasil Karya |
Communication (Komunikasi) v Peserta didik menanggapi
beberapa pertanyaan dari guru v Peserta didik mengamati dan
memberi tanggapan dari materi dan contoh teks pidarta |
Menganalisa & Mengevaluasi
Proses Pemecahan Masalah |
Creativity (Kreativitas) v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan v Peserta
didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan
beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta Didik |
v Siswa melakukan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah
belajar tentang topik “ pidarta
bahasa Bali”. v Membuat ringkasan dengan
bimbingan guru tentang hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Melakukan Penilaian v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/
evaluasi akhir di pertemuan berikutnya v Menutup kegiatan belajar
mengajar dengan berdoa |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tes Tertulis
: |
Indayang
telatarang ngeninin: pengertian pidarta,wangun pidarta,jenis-jenis
pidarta,agem-ageman mapidarta,panureksaan rikala mapidarta!
Tes Praktik : |
Siswadimintauntukmembuatsebuah teks
pidarta bahasa Bali dengan Tema bebas!
Mengetahui: Bali,
9 Juli 2020
Kepala
SMK Negeri 2 Denpasar Guru Mata Pelajaran
Drs. I Dewa Bagus Ketut Wartawan I Made
Juliadi Supadi,S.Pd
NIP.19640616 198803 1 015 NIP.
...
0 Komentar