TERIMAKASIH SUDAH MANGUNJUNGI BLOG JULDWIPAESCMART,
JULDWIPAESCMART TEMPAT BERBAGI MATERI BAHASA BALI SERTA BERBAGAI INFORMASI FOREX
, MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN, KARYA ILMIAH,TIPS, APLIKASI SERTA
PENGALAMAN HIDUP PENULIS.
LANGKAH-LANGKAH
MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
Pembelajaran inovatif |
1. EXAMPLES NON
EXAMPLES
Langkah-langkah
a) Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b) Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
c) Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa
gambar
d) Melalui diskusi
kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat
pada kertas
e) Tiap kelompok
diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
f) Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang
ingin dicapai
g) Kesimpulan
2. PICTURE AND
PICTURE
Langkah –
Langkah
a) Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
b) Menyajikan
materi sebagai pengantar
c) Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
d) Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/ mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
e) Guru menanyakan
alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
f) Dari
alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai
dengan kompetensi yang ingin dicapai
g) Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED
HEAD TOGETHERS
Langkah-langkah
:
a) Siswa dibagi
dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b) Guru memberikan
tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
c) Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
d) Guru memanggil
salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama
mereka
e) Tanggapan dari
teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
f) Kesimpulan
4. COOPERATIVE
SCRIPT
Skrip
kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian
secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
:
a) Guru membagi
siswa untuk berpasangan
b) Guru membagikan
wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
c) Guru dan siswa
menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang
berperan sebagai pendengar
d) Pembicara
membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya.
e) Sementara
pendengar :
f) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
g) Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya
h) Bertukar peran,
semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta
lakukan seperti diatas.
i) Kesimpulan
Siswa bersama-sama dengan Guru
j) Penutup
5. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-langkah
:
a) Siswa dibagi
dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b) Penugasan
diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor dan diberikan tugas yang
berangkai
c) Misalnya
: siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor
dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga
melaporkan hasil pekerjaan dan
seterusnya
d) Jika perlu,
guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari
kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok
lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu
atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
e) Laporkan hasil
dan tanggapan dari kelompok yang lain
f) Kesimpulan
6. STUDENT
TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD)
Langkah-langkah
:
a) Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
b) Guru menyajikan
pelajaran
c) Guru memberi
tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
d) kelompok.
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti.
e) Guru memberi
kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu
f) Memberi
evaluasi
g) Kesimpulan
7. JIGSAW
(MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah
:
a) Siswa
dikelompokkan ke dalam kelompok 2 – 5 anggota tim
b) Tiap orang
dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
c) Tiap orang
dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
d) Anggota dari
tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam
kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
e) Setelah selesai
diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian
mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap
anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
f) Tiap tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi
g) Guru memberi
evaluasi
h) Penutup
8. PROBLEM
BASED INTRODUCTION (PBI)
Langkah-langkah
:
a) Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan.
Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
b) Guru membantu
siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan
dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
c) Guru mendorong
siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan
masalah.
d) Guru membantu
siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan
membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
e) Guru membantu
siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan
proses-proses yang mereka gunakan
9. ARTIKULASI
Langkah-langkah
:
a) Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b) Guru menyajikan
materi sebagaimana biasa
c) Untuk mengetahui
daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
d) Suruhlan
seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lainnya
e) Suruh siswa
secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
f) Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
g) Kesimpulan/penutup
10. MIND
MAPPING
Sangat baik
digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban
Langkah-langkah
:
a)
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b)
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
c)
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
d)
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
e)
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan
guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
f)
Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
11. MAKE – A
MATCH
Langkah-langkah
:
a) Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
b) Setiap siswa
mendapat satu buah kartu
c) Tiap siswa
memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
d) Setiap siswa
mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
e) Setiap siswa
yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
f) Setelah satu
babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari
sebelumnya
g) Demikian seterusnya
h) Kesimpulan/penutup
12. THINK PAIR
AND SHARE
Langkah-langkah
:
a) Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
b) Siswa diminta
untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
c) Siswa diminta
berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil
pemikiran masing-masing
d) Guru memimpin
pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
e) Berawal dari
kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah
materi yang belum diuangkapkan para siswa
f) Guru memberi
kesimpulan
g) Penutup
13. DEBATE
Langkah-langkah
:
a) Guru membagi 2
kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
b) Guru memberikan
tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
c) Setelah selesai
membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk
berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
d) Sementara siswa
menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan
di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
e) Guru
menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
f) Dari data-data
di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman
14. ROLE
PLAYING
Langkah-langkah
:
a) Guru
menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
b) Menunjuk
beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
c) Guru membentuk
kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
d) Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
e) Memanggil para
siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
f) Masing-masing
siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati
skenario yang sedang diperagakan
g) Setelah selesai
dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk
membahas
h) Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
i) Guru memberikan
kesimpulan secara umum
j) Evaluasi
k) Penutup
15. GROUP
INVESTIGATION
Langkah-langkah
:
a) Guru menyiapkan
sebuah tongkat
b) Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
c) Setelah selesai
membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
d) Guru mengambil
tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan
siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru
e) Guru memberikan
kesimpulan
f) Evaluasi
g) Penutup
16. TALK STIK
Langkah-langkah
:
a) Guru menyiapkan
sebuah tongkat
b) Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
c) Setelah selesai
membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
d) Guru mengambil
tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan
siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru
e) Guru memberikan
kesimpulan
f) Evaluasi
g) Penutup
17. BERTUKAR
PASANGAN
Langkah-langkah
:
a) Setiap siswa
mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa
menunjukkan pasangannya
b) Guru memberikan
tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
c) Setelah selesai
setiap pasangan bergabungdengan satu pasangan yang lain
d) Kedua pasangan tersebut
bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka
e) Temuan baru
yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
f) penutup
18. SNOWBALL
THROWING
Langkah-langkah
:
a) Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
b) Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
c) Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi
yang disampaikan oleh guru kepada temannya
d) Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok
e) Kemudian kertas
tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain
selama ± 15 menit
f) Setelah siswa
dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
g) Evaluasi
h) Penutup
19. STUDENT
FACILITATOR AND EXPAINING
Langkah-langkah
:
a) Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b) Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
c) Memberikan
kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan
kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
d) Guru
menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
e) Guru
menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
f) Penutup
20. COURSE
REVIEW HORAY
Langkah-langkah
:
a) Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b) Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
c) Memberikan
kesempatan siswa tanya jawab
d) Untuk menguji
pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap
kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
e) Guru membaca soal
secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan
guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan
diisi tanda silang (x)
f) Siswa yang
sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak
horay … atau yel-yel lainnya
g) Nilai siswa
dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
h) Penutup
21. EXPLISIT
INTRUCTION (PEMBELAJARAN LANGSUNG)
Pembelajaran
langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang
pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan
Langkah-langkah
:
a) Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
b) Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
c) Membimbing
pelatihan
d) Mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik
e) Memberikan
kesempatan untuk latihan lanjutan
f) penutup
22. INSIDE
OUTSIDE CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
Langkah-langkah
:
a)
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
b)
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
c)
Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi
tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
d)
Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
e)
Guru membuat kesimpulan bersama
f)
Penutup
23. COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Langkah-langkah
:
a) Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
b) Guru memberikan
wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
c) Siswa bekerja
sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
d) Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
e) Guru membuat
kesimpulan bersama
f) Penutup
g) siswa membentuk
lingkaran besar saling berhadapan
h) siswi mengambil
pertanyaan secara acak(diundi)
i) siswa mengambil
jawaban secara acak (diundi)
j) dalam waktu
bersamaan (dan ditentukan) antara siswa dan siswi mencari soal dan jawaban yang
sesuai
k) siswa yang
telah mendapatkan pasangan jawaban kemudian membacakan dan diberi skor
Sumber: Bahan
Pelatihan PPG
0 Komentar