Ticker

6/recent/ticker-posts

OM SWASTIASTU

SELAMAT DATANG DI BLOG JULDWIPAESCMART

KUMPULAN SOAL PEDAGOGIK PPG

DENGAN INI SAYA SAMPAIKAN TERLEBIH DAHULU, GUNA KEPENTINGAN BELAJAR SAYA DAN REKAN REKAN PPG, SAYA KUMPULKAN BEBERAPA SOAL DARI MODUL PEDAGOGIK SERTA DENGAN JAWABAN SESUAI KEMAMPUAN SAYA SESUAI JAWABAN YANG TERTERA PADA MODUL MATERI TERSEBUT. KURANG LEBIHNYA MOHON DI CCOKKAN DENGAN MODUL YANG SUDAH DI BACA TERIMAKASIH.








SELAMAT BELAJAR

MODUL 1

KB-1 (KONSEP DASAR, RASIONAL, DAN LANDASAN ILMU PENDIDIKAN)

1.      Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran….

A. Behavioristik

B. Perenialisme

C. Humanisme

D. Esesnialisme

E. Rekonstuksionisme

2.      Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....

A. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME

B. Orang tua memberi contoh pada  anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun 

C. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri

D. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya 

E. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya

3.      Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong  ke dalam praktik pendidikan adalah…

A. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan

B. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan

C. Pak Andi sedang mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta didiknya

D. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar

E. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila

4.      Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah…

A. Manusia merupakan makhluk otonom

B. Pribadi yang berkembang dan berakal

C. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain

D. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk

5.      Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah . . . .

A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik

B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

 D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan

E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan

6.      Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah... A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani”

B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik

C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat

D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya

E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri

7.      Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....

A. Kurikulum dan silabus

B. Pancasila dan UUD 1945

C. Kerangka berfikir

D. Desain bangunan 

E. Tujuan pendidikan

8.      Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas pekermbangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....

A. Psikologi pendidikan

B. Sosiologi pendidikan

C. Religi pendidikan

D. Ekonomi pendidikan

E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi

9.      Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh

A. Landasan yuridis

B. Landasan psikologis

C. Landasan religius

D. Landasan sosilogis

E. Landasan historis

10.  Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...

A. Hak dan kewajiban

B. Kejujuran dan toleransi

C. Gotong royong dan tangung jawab

D. Kedisiplinan dan tanggung jawab

E. Kejujuran dan Tenggang rasa 

 

 

 

 

 

 

 

KB-2 (KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK)

 

1.      Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja.  Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

A. Media gambar

B. Media benda nyata 

C. Media grafis

D. Media poster

E. Media cetak 

2.      Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:

A. Status Sosial

B. Moral

C. Etnik

D. Minat

E. Motivasi

3.      Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

4.      A. Minat

B. Motivasi

C. Etnik

D. Kultural

E. Status social

5.      Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan  topik Tata Surya  melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

A. Kemampuan awalnya 

B. Motivasi belajarnya

C. Perkembangan sosialnya

D. Perkembangan emosinya

E. Perkembangan motoriknya

6.      Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena  pertimbangan:

A. Etnik peserta didik 

B. Gaya belajar peserta didik 

C. Gender peserta didik

D. Minat peserta didik 

E. Kultural peserta didik 

7.      Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:

A. Etnik

B. Minat

C. Gender

D. Status social

E. Kultural

8.      Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 

A. Motivasi

B. Kultural

C. Sosial

D. Status sosial

E. Etnik 

9.      Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan: 

A. Akibat perbuatan

B. Persetujuan orang lain

C. Kontrak/imbal jasa

D. Ketertiban sosial

E. Hati nurani 

10.  Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:  

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B. Menggunakan program audio dan modul.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E. Menggunakan modul dan powerpoint.

11.  Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A. Meronce membuat kalung

B. Menendang bola 

C. Memasang puzzle 

D. Mewarnai pola

E. Menjiplak huruf

 

 

KB-3 (TEORI BELAJAR  DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN)

1.      Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….

A. Kognitivistik

B. Behavioristik 

C. Konstruktivistik

D. Humanistik 

E. Rekonstruktivistik 

2.      Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

A. Conditioning 

B. Trial and error

C. Shaping

D. Konseptualisasi

E. Stimulus respon

3.      Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….

A. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru 

B. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

D. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

4.      Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik 

D. Humanistik 

E. Sibernetik

5.      Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik 

D. Humanistik 

E. Sibernetik

6.      Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

A. Enaktif

B. Intuitif 

C. Ikonik

D. Simbolik

E. Konflik

7.      Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

A. Mampu memecahkan masalah

B. Mampu membuat peraturan

C. Mampu memahami sebuah kejadian

D. Mampu mengalami sebuah kejadian

E. Mampu memahami permasalahan

8.      Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. Kemampuan berinteraksi

D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

E. Kemampuan mengemukakan pendapat

9.      Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….

A. Belajar teknis

B. Belajar praktis

C. Belajar aktif

D. Belajar emansipatoris

E. Belajar konsep 

10.  Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Kognitivistik 

B. Humanistic 

C. Behavioristik 

D. Konstruktivistik 

E. Sibernetik

 

 

 

 

 

 

 

KB-4 (KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA)

 

1.      Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti....

A. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelas

B. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain 

C. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah

D. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa

E. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran

2.      Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …

A. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan

B. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses

C. Kurikulum sebagai rencana pelajaran

D. Kurikulum berbasis pada kompetensi 

E. Kurikulum berbasis konten pembelajaran

3.      Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan …

A. Peran konservatif

B. Peran kritis dan evaluatif

C. Peran  kreatif

D. Peran  social

E. Peran sumatif

4.      Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ...

A. Mengembangkan program 

B. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Evaluasi proses yang dilaksanakan

E. Merancang dokumen kurikulum

5.      Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang sebagai …

A. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik

B. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan

C. Rincian jadwal pelajaran

D. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik

E. Seperangkat tujuan pembelajaran

6.      Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu factor …

A. Factor lingkungan sekolah

B. Factor sarana dan fasilitas

C. Factor budaya dan ideologi

D. Factor administrasi

E. Faktor sekolah

7.      Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti …

A. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional 

B. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan. 

C. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat

D. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

E. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting. 

8.      Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk …

A. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi. 

B. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi 

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi 

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP

9.      Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah …

A. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi

B. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi 

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP

10.  Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu …

A. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan

B. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan

C. Sains dan nilai religius terintegrasi

D. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan 

E. Pendidikan untuk semua

 

1.      Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber hakikat manusia, hakikat ilmu, nilai serta perilaku yang dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga pendidikan adalah ….

A. Landasan filosofis

B. Landasan sosiologis

C. Landasan religius

D. Landasan yuridis

E. Landasan psikologi

2.      Berikut ini contoh konkrit dari implikasi landasan religius dalam pendidikan di sekolah adalah ….

A. Menjaga lingkungan sekitar rumah, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman

B. Gotong royong dan saling menghormati antar warga masyarakat meskipun berbeda suku, ras dan agama

C. Guru mengajarkan siswanya untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

D.Guru menggunakan media pembelajaran yang interaktif untuk mendukung pembelajaran di kelas 

E. Sekolah menyediakan berbagai ekstrakulikuler yang dapat memfasilitasi potensi dan kreativitas anak

3.      Peserta didik Kelas “Y” sebagian besar memiliki gaya belajar visual maka strategi belajar   yang tepat dilakukan untuk kelas tersebut yaitu: 

A. Peserta didik ditugaskan untuk menganalisis materi

B. Peserta didik ditugaskan merangkum suatu uraian 

C. Peserta didik ditugaskan membaca buku x karangan Mr. x  

D. Peserta didik ditugaskan untuk mengemukakan pendapat

E. Peserta didik ditugaskan untuk merangkum bahan belajar yang terdapat dalam buku teks

4.      Pak Ferdi ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik penyakit menular melakukan pre tes terlebih dahulu, hal ini artinya guru memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal ….

A. Motivasi belajarnya

B. Perkembangan sosialnya

C. perkembangan emosinya

D. Perkembangan motoriknya

E. Kemampuan awalnya

5.      Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran, karena dalam teori belajar ini ...

A.  Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar

B. Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan

C. Menempatkan siswa sebagai subjek belajar

D. Siswa diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif

E. Menempatkan siswa sebagai objek penting dalam belajar

 

6.      Salah satu perkembangan teknologi dalam praktik pembelajaran adalah dengan  mengintegrasikan teknologi salah satunya adalah pembelajaran yang memanfaatkan social media. Dalam pembelajaran tersebut memberikan kesempatan peserta didik untuk......

A. Berkolaborasi, berbagi informasi, berinterkasi

B. Berbagi informasi, berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu

C. Berinteraksi, berbagi informasi, memperbaiki kesalahannya

D. Berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu, berinterkasi

E. Berkorespondensi terkait proses pembelajaran yang berlangsung di kelas

7.      Menurut teori belajar konstruktivistik, anak akan merasakan bahwa proses belajar itu adalah sesuatu proses yang menyenangkan jika......

A. Sesuai dengan taraf berikir anak

B. Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak

C. Belajar dipraktekkan

D. Adanya kompetensi belajar

E. Terdapat stimulus dan respon yang sesuai

8.      Kurikulum sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di sekolah merupakan fungsi kurikulum bagi ….

A. Guru

B. Kepala sekolah

C. Orang tua

D. Siswa

E. Pengawas Sekolah

9.      Kurikulum harus aktif berpartisipasi aktif sebagai control atau filter social menunjukkan fungsi kurukulum ….

A. Konservatif

B. Kreatif

C. Evaluatif

D. Dinamis 

E. Imajinatif

10.  Kualifikasi yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di SMA merupakan tujuan …. 

A. Pembelajaran umum

B. Mata pelajaran

C. Institusional

D. Pendidikan nasional

E. Pembelajaran khusus

 

 

 

 

 

 

MODUL 2

KB-1 (KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN  ABAD 21)

1.      Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah…..

a. Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik 

b. Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK

c. Berkembangnya massive online open course

d. Banyaknya media pembelajaran berkualitas

e. Standar kompetensi guru yang meningkat

2.      Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya….

a. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi 

b. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran

c. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer

d. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar

e. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran 

3.      Generasi z memiliki rentang perhatian yang pendek. Manakah pernyataan berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z adalah….

a. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka  

b. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan

c. Mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

d. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik

e. Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru

4.      Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi belajarnya adalah…..

a. Menyukai komunikasi berbasis visual 

b. Menyukai musik dan mendengarkan radio

c. Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya

d. Suka membaca teks dari buku elektronik

e. Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri

5.      Guru perlu memastikan desain pembelajaran yang dimediasi teknologi merupakan keputusan pedagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan di atas adalah…

a. Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran

b. Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih

c. Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran

d. Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas konvensional

e. Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang guru 

6.      Guru perlu bersikap luwes dalam merancang pembelajaran abad 21. Pernyataan  ini mengandung pengertian….

a.Tidak perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional

b.Rancangan pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi 

c. Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan

d.Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru 

e. Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan materi

7.      Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali….

a. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi

b. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi

c. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta

d. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi

e. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan  keterampilan kognisi

8.      Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah…..

a.Bermain peran dan simulasi

b. Pembelajaran berbasis proyek

c. Pembelajaran kontekstual 

d. Pembelajaran kooperatif

e. Pembelajaran diskusi online

9.      Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain…..

a. Penilaian  terhadap peserta didik

b. Pemahaman terhadap peserta didik

c. Strategi pembelajaran

d. Pemahaman materi pembelajaran

e. Pengelolaan pembelajaran 

10.  Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelasksan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain…..

a. Rancangan kurikulum

b. Pengelolaan pembelajaran

c. Upaya memahami peserta didik

d. Memahami materi pembelajaran

e. Merepresentasikan data 

 

KB-2 (PROFIL DAN KOMPETENSI GURU ABAD 21)

1.      Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut merupakan cara pandang guru abad 21 tentang  pembelajran abad 21 yang paling tepat  adalah … a. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif 

b. Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten 

c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif 

d. Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon

e. Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif 

2.      Memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…

a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Profesional

e. Semua benar

3.      Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…

a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Professional

e. Intelektual

4.      Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi… a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Professional

e. Humanis 

5.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi. . . .

a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Profesional

e. Intelektual 

6.      Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…

a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum 

d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

e. Berkomunikasi pada peserta didik

7.      Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…

a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum 

d. Melakukan tindakan reflektif

e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

8.      Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…

a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum 

d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

e. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik

9.      Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali…

a. Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif

b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran

c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)

d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi

e. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

 

10.  Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang dapat mempengaruhi kebijakan adalah …

a. Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu

b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

 

 

 

KB-3 (TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU ABAD 21)

1.      Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus. Pernyataan ini mengandung makna…. 

a. Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan 

b. Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan yang lama 

c. Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru professional

d. Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah 

e. Memiliki kode etik profesi yang dapat dipertanggungjawabkan

2.      Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal……

a. Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan 

b. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan 

c. Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan 

d. Membimbing dan melatih peserta didik 

e. Melakukan penilaian pembelajaran 

3.      Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas pokok guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21, yaitu…..

a. Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan pembelajaran

b. Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik

c. Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester 

d. Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran 

e. Menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS

4.      Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan pembelajaran abad 21 adalah…. a. Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran 

b. Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK 

c. Guru berperan menjadi sumber belajar utama 

d. Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi

e. Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik

5.      Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta didik agar tidak terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat dilakukan guru antara lain…

a. Melarang  penggunaan smartphone di kelas 

b. Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru 

c. Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital

d. Mengalihkan  perhatian anak melalui kegiatan olah raga

e. Guru menghadirkan media pembelajaran  yang menarik 

6.      Saudara selaku guru memberikan mengajak peserta didik merefleksikan cara belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis penilaian….

a. Assesment for learning

b. Assesment to learning

c. Assesment of learning

d. Assesment as learning

7.      Adanya rasa tanggung jawab, sikap responsif dan inovatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk pelaksanaan dari fungsi guru sebagai berikut ….

a. Memelihara komitmen secara profesional  untuk meningkatkan  mutu pendidikan

b. Menjunjung tinggi peraturan  perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika;

c. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis; 

d. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

e. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi,  dan kedudukan sesuai kepercayaan yang diberikan kepadanya

8.      Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta didiknya mengunjungi panti ashuan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang melaksanakan tugas yang disebut….

a. Mengajar

b. Mendidik

c. Membimbing

d. Melatih

e. Membina 

9.      Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial dikembangkan dalam pengkajian kurikulum, kecuali …. 

a. Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi 

b. Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi

c. Kesinambungan materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian

d. Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan

e. Urutan materi dan ruang lingkup materi 

10.  Pernyataan berikut paling tempat menggambarkan tugas guru di masa yang akan datang adalah …..

a. Peran guru semakin ringan karena banyak terbantu oleh teknologi

b. Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai materi 

c. Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi

d. Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru 

e. Guru menjadi kolaborator sumber daya dan fasilitator pembelajaran

 

KB-4 (STRATEGI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN)

1.      Salah satu sikap guru profesional adalah bersikap reflektif dapat tercermin dari tindakan berikut….

a. Menggunakan pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar 

b. Mendokumentasikan kelebihan dan kekurangan diri 

c. Merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri

d. Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi diri

e. Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi peningkatan diri berkelanjutan

2.      Manakah pernyataan berikut ini yang kurang tepat mengenai konsep belajar mandiri…. a. Adanya niat menguasai kompetensi tertentu 

b. Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai kompetensi

c. Mengontrol proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri 

d. Melaksanakan pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik 

e. Mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar

3.      Manakah sumber-sumber berikut yang paling layak dijadikan sebagai bahan dalam melakukan refleksi adalah ….

a. Rekaman video selama melaksanakan pembelajaran

b. Catatan hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran

c. Angket penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik 

d. Hasil penilaian orangtua peserta didik terhadap kinerja guru

e. Hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya

4.      Guru akan dihadapkan kepada berbagai pilihan kegiatan yang mengharuskan untuk menentukan skala prioritas dan memilih yang paling sesuai. Tahap ini merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan refleksi yaitu….

a. Menarik kesimpulan 

b. Menyusun rencana aksi

c. Melakukan analisis

d. Merasakan dan menghayati

e. Melaksanakan tindakan

5.      Aktifitas pengembangan diri mulai dari refleksi sampai dengan tindakan terjadi berulang dan juga bersifat spiral mengandung pengertian …. 

a. Memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif 

b. Aktifitas pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain 

c. Terjadi secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan

d. Mengandung unsur kebebasan di dalam proses belajarnya

e. Melibatkan pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya

 

6.      Dilihat dari dimensi pedagogis belajar mandiri berarti….

a. Merupakan aktifitas berpikir reflektif 

b. Merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif

c. Menunjukkan kemampuan kontrol atas aktifitas belajar

d. Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang otonominya

e. Belajar terpisah dengan guru dan atau tutor

7.      Saudara menentukan tujuan belajar, memilih sumber belajar, dan memilih cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri merupakan konsep belajar mandiri ditinjau dari dimensi….

a. Historis

b. Yuridis

c. Sosiologis

d. Psikologis

e. Pedagogis

8.      Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali belajar mandiri. Bu Ana juga memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana yang demikian merupakan gambaran belajar mandiri dilihat dari atribut….

a. Sosiologis

b. Kognitif

c. Kepribadian

d. Pedagogis

e. Kebebasan 

9.      Seseorang mampu menemukan strategi kognitif yang tepat sebagai cara belajar yang efektif. Kemampuan ini termasuk dalam keterampilan belajar mandiri yang disebut….  a. Keterampilan merumuskan tujuan belajarnya

b. Keterampilan memproses informasi

c. Keterampilan khusus yang efektif 

d. Keterampilan bersifat umum 

e. Keterampilan menarik kesimpulan 

10.  Seorang guru menemukan suatu model pembelajaran yang sangat inovatif dan kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Apa yang dilakukan guru merupakan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam katagori....   

a. Karya inovatif teknologi tepat guna

b. Publikasi ilmiah di media massa

c. Karya inovatif menciptakan karya 

d. Pengembangan diri fungsional

e. Pengembangan diri kolektif

 

SOAL TAMBAHAN

 

1.      Pak Hasan mendapati tiga orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan informasi dari orangtua dan juga teman-temannya mereka sering bermain game terlalu lama, dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama  yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah….

a. Menasehati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game di larut malam

b. Melarang anak bermain game bekerjasama dengan orangtua untuk pengawasannya

c. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan yang dialami peserta didik

d. Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di rumah

e. Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepaal sekolah

 

2.      Hari itu jam pertama hari sedang hujan. Bu Wenny Hapsari memanfaat teknologi informasi di dalam proses pembelajaran di kelas IV. Capaian pembelajarannya agar peserta didik memiliki kesadaran arti penting kerjasama di dalam kehidupan. Di dalam kelas tersedia LCD dan laptop.  Kegiatan pembelajaran yang paling sesuai adalah…

a. Peserta didik menyaksikan video berisi kegiatan gotong royong kemudian membuat kesimpulan 

b. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok tayangan video dan diminta membuat kesimpulan 

c. Peserta didik diminta membuat video sederhana secara kelompok dan mempresentasikan

d. Peserta didik diminta mengamati kegiatan gotong royong di luar kelas dan terlibat membantu

e. Peserta didik membaca cerita bergambar tentang kegiatan gorong royong

3.      Seorang guru terlihat diikuti oleh banyak peserta didik dimanapun berada. Peserta didik tersebut penasaran dengan trik-trik baru dari guru. Guru menggunakan handphone-nya untuk melacak benda dari logam yang terjauh. Guru tersebut selain memesona juga memiliki ciri guru abad 21 sebagai berikut….

a. Pandai berempati

b. Humoris

c. Canggih

d. Membuat analogi

e. Membuat metafora

4.      Peserta didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah yang lancar dengan kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan kalian melihat sungai yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat mengairi sawah-sawah agar tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani memperlihatkan salah satu kompetensi guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal….

a. Membuat padanan kata

b. Membuat analogi

c. Menghadirkan contoh

d. Membuat metafora

e. Melakukan eksplorasi

5.      Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah…. a. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari

b. Keterampilan abad 21 lebih penting tidak memerlukan pengetahuan 

c. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang

d. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21

e. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri 

6.      Berikut ini merupakan arti penting pengembangan kurikulum dengan menghadirkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi kebudayaan bagi guru di era abad 21 adalah…

a. Bangsa Indonesia memerlukan pengembangan kebudayaan dan pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Indonesia  

b. Bangsa Indonesia memerlukan SDM yang kreatif memecahkan persoalan dan mampu berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda

c. Bangsa Indonesia memerlukan berkembangnya seni budaya dan kreatifitas menciptakan karya-karya seni berbasis kunikan local

d. Bangsa Indonesia memerlukan SDM dengan kemampuan berpikir canggih dan dapat memodernkan seni dan budaya asli

e. Bangsa Indonesia memerlukan manusia yang mampu teknologi canggih untuk yang dapat menggantikan peran guru

7.      Berikut merupakan pergeseran dan atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 adalah, kecuali….

a. Merubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning  

b. Menerapkan berpusat aktifitas peserta didik namun guru tetap aktif 

c. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning

d. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri diri secara berkelanjutan 

e. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner

8.      Berikut upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang termasuk kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara berurutan adalah……

a. Mengikuti pelatihan pembuatan media, menciptakan model pembelajaran yang dimuat di media massa, dan membuat karya seni 

b. Menulis jurnal, mempublikasikan hasil PTK di jurnal terakreditasi, dan menghasilkan model pembelajaran

c. Mengikuti diklat kepala sekolah, mempublikasikan artikel di jurnal internasional, dan mengikuti diklat pembuatan media inovatif 

d. Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen

e. Mempublikasikan kegiatan diklat di koran, menulis artikel di jurnal internasional, dan menciptakan karya seni bela diri

9.      Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah….

a. Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri

b. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator 

c. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri

d. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri

e. Belajar mendasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator

10.  Berikut ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan pengambilan keputusan yang diperlukan dalam belajar mandiri adalah…

a. Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran 

b. Keterampilan menetapkan tujuan belajar 

c. Keterampilan memproses dan mengolah informasi

d. Keterampilan menterjemahkan dan memahami bahan tertulis

e. Kemampuan menterjemahkan informasi visual 

 

MODUL 3

 

KB-1 (PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS)

 

1.      STEAM adalah singkatan dari....

a. Science, Technique, Engineering, Art, Manipulation

b. Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics

c. Science, Technology, Engineering, Art, Manipulation

d. Science, Technique, Engineering, Art, Mathematics

2.      Teknik adalah ilmu yang mencakup....

a. desain sistem, peralatan, dan mesin

b. pola-pola sistemik pada organisme

c. inovasi observasi lingkungan

d. bahasa-bahasa alam dan teknologi

3.      Pendekatan pembelajaran STEAM yang mengajarkan pelajaran Matematika dan IPA secara terpisah dalam waktu yang berbeda dikenal sebagai pendekatan .... 

a. silo

b. embeded

c. integrated

d. silo-integrated

4.      Pendekatan terbaik untuk menerapkan pembelajaran STEAM pada siswa sekolah dasar adalah....

a. silo

b. embeded

c. integrated

d. silo-embeded

5.      Berikut merupakan salah satu tujuan diperlukannya pembelajaran STEAM, yaitu ....

a. Pekerjaan-pekerjaan terdahulu memerlukan keahlian STEAM

b. Kaum laki-laki lebih ditekankan untuk mempelajari bidang STEAM

c. Indonesia harus melakukan reformasi kultural pada bidang ekonomi

d. Menumbuhkan keterampilan penalaran calon pekerja mendatang       

6.      Salah satu cara mendasar agar pembelajaran STEAM dapat diterapkan di sekolah adalah melalui....

a. Keterlibatan pengusaha

b. Dukungan orang tua

c. Perencanaan pembangunan 

d. Perencanaan pembelajaran

7.      Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip keaktifan, yaitu ....

a. Peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh

b. Peserta didik diminta berpikir secara induktif

c. Peserta didik disadarkan untuk termotivasi

d. Peserta didik diberikan penghargaan dan medali 

8.      Apa suasana dan norma yang dominan berlaku dalam pembelajaran STEAM yang dilakukan dengan model Problem Based Learningdan Project Based Learning....

a. individualistik

b. kompetitif

c. kolaboratif

d. formalistik

9.      Berikut ini merupakan contoh penerapan dari pembelajaran STEAM untuk anak SMA yang tepat ....

a. Peserta didik diminta membedakan perubahan waktu pada jam dinding dari kertas kardus

b. Peserta didik diminta membuat projek identifikasi bentuk geometri melalui alam yang dikunjungi

c. Peserta didik diminta merangkai puzzle dalam penentuan luas dan keliling benda di kelas

d. Peserta didik diminta membuat kebun binantang dari plastisin guna membedakan habitat hewan air dan darat

10.  Di bawah ini yang merupakan salah satu tantangan pembelajaran STEAM yang perlu diatasi yaitu: ....

a. standar pelajaran jelas tertulis di kurikulum nasional Indonesia

b. beragamnya kompetensi abad 21 yang perlu dicapai

c. bidang teknik dan teknologi lebih disukai oleh perempuan

d. dianggap terlambat saat STEAM diterapkan di Sekolah Menengah Atas

 

 

KB-2 (PEMBELAJARAN BERBASIS NEUROSAINS)

 

1.      Neurosain merupakan ilmu yang mempelajari sistem syaraf otak manusia dan seluruh fungsinya (misalnya pikiran) dengan menggunakan pendekatan ....

a.  monodisiplin

b.  interdisiplin

c.  multidisiplin 

d.  crossdisiplin

2.      Bagi neurosain, pembelajaran dianggap berhasil mengoptimalkan potensi otak ketika ....

a.  seluruh neuron dalam otak dapat saling terhubung satu dengan lainnya

b.  sebuah axon pada suatu neuron terhubung dengan dendrit neuron lainnya

c.  neuron-neuron yang jarang digunakan menghilang dari syaraf otang

d.  mampu menyalakan banyak kelompok-kelompok neuron secara bersamasama. 

3.      Emosi positif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Daerah otak yang berfungsi sebagai pusat pengendalian emosi adalah ....

a.  batang otak

b.  sistem limbik 

c.  korteks

d.  Cerebellum

4.      Semakin tebal lapisan myelin menyelimuti axon akan semakin cepat axon memanggil kembali informasi yang tersimpan di dalam memori.  Penebalan meylin pada akson akan terjadi ketika seseorang ....

a.  sering menggunakan informasi yang pernah dipelajari 

b.  mempelajari banyak informasi dengan menyenangkan

c.  mempelajari informasi dengan daya konsentrasi yang tinggi

d.  mempelajari informasi dengan didukung nutrisi yang baik

5.      Pembelajaran akan optimal bagi otak dalam menyerap dan mengolah informasi, ketika guru setiap 90 menit memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan rilaksasi. Hal ini dikarenakan otak akan mengalami....

a.  ketegangan syaraf otak ketika belajar cukup lama 

b.  kekurangan oksigen jika belajar cukup lama

c.  siklus bio-kognitif perhatian yang naik turun 

d.  tekanan berat jika belajar cukup lama

6.      Salah satu faktor yang menyebabkan  seseorang setelah berusia 30 tahun mengalami kesulitan dalam mengingat kembali informasi yang pernah dipelajarinya, diantaranya yaitu ....

a.  perkembangan syaraf neuron terlalu banyak dan pembentukan koneksi mulai krodit

b.  perkembangan syaraf neuron mulai menurun dan pembentukan koneksi mulai lambat 

c.  syaraf sensori yang dimiliki mulai berkurang kepekaannya

d.  informasi yang masuk ke dalam register sensori terlalu banyak

7.      Dari sudut pandang Neurosains, stimulasi lingkungan yang kaya dengan rangsangan belajar sangat penting terutama bagi anak usia dini dikarenakan stimulasi lingkungan yang kaya akan ....

a.  meningkatkan dan menguatkan jumlah koneksi antar sel neuron 

b.  meningkatkan dan memperlama semangat dan minat belajar anak

c.  membuat anak tidak cepat bosan dalam bermain dan belajar

d.  memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk berekplorasi 

8.      Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan relaksasi otak penting dilakukan pada proses pembelajaran berbasis neurosain, dikarenakan ....

a.  saat otak tegang adalah kondisi yang tidak baik bagi otak untuk menghafalkan materi pelajaran 

b.  gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tetap sehat dan bugar

c.  gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran

d.  kondisi relaks dan tenang dapat mengoptimalkan otak mengolah dan merefleksikan materi yang dipelajari 

9.      Menurut Jensen (2008), pembelajaran berbasis neurosain dapat dilakukan beberapa tahap, yaitu ....

a.  persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan integrasi fungsional.

b.  persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan perayaan kelas.

c.  persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan integrasi fungsional. 

d.  persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan perayaan kelas.

10.  Dalam suatu pembelajaran diketahui sebagian besar peserta didik susah berkonsentrasi mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga pada akhir pembelajaran mereka tidak mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. Hal itu dapat terjadi karena ....

a.  peserta didik terlalu banyak memakan makanan

b.  hemoglobin dalam darah peserta didik rendah 

c.  cahaya lampu dalam ruang kelas kurang terang

d.  peserta didik kurang banyak meminum air putih

 

 

KB-3 (PEMBELAJARAN DIGITAL)

1.      Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ....

a.  distance educatio

b.  open learning

c.  Pembelajaran Digital

d.  mobile learning

2.      Salah satu fungsi  yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah .....

a. fungsi caring

b. fungsi sharing

c. fungsi managing

d. fungsi organising

3.      Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada  kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni .....

a.  prinsip aksesibilitas

b.  prinsip penilaian

c.  prinsip partisipasi

d.  prinsip personalisasi 

4.      Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….

a.  aksesibilitas

b.  reward dan punishment

c.  pemantauan dan umpan balik berkelanjutan

d.  perangkat keras dan perangkat lunak

5.      Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….

a.  social engagement

b.  analisis progres

c.  mix approach

d.  media sosial

6.      Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….

a.  potensi pembelajaran

b.  potensi pendidikan 

c.  potensi akses informasi

d.  potensi alat komunikasi

7.      Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan …. 

a.  pembelajaran berbasis Cloud Computing 

b.  pembelajaran berbasis permainan

c.  media sosial

d.  mobile learning 

8.      Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….

a.  lingkungan belajar formal dan informal

b.  peserta didik lain secara virtual

c.  ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik

d.  perangkat keras dan perangkat lunak

9.      Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….

a.  terpisah

b.  terhubung

c.  bersama-sama

d.  langsung

 

10.  Layanan penyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….

a.  Microsoft 

b.  Adobe Suite

c.  Adobe Creative Cloud

d.  Google Drive

 

 

KB-4 (MODEL PEMBELAJARAN “BLENDED LEARNING)

 

1.      Model pembelajaran blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh …

a. Stolovich & Keeps

b.  Maasaki Imai

c.  Stake & Horn 

d.  Clark & Mayer

2.      Model pembelajaran blended learning dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait dengan …

a.  kedisiplinan

b.  sumber belajar

c.  strategi pembelajaran

d.  tempat 

3.      Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar melalui …

a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar

b. memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas 

c.  memfasilitasi peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online

d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif.

4.      Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari model blended learning adalah .... a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran 

b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran

c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran 

d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online

5.      Berikut yang merupakan model kelas dalam blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu …

a.  model kelas flipped (flipped classroom) 

b.  model kelas self-blend  

c.  model kelas flex

d.  model kelas enriched-virtual

6.      Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah …

a. model self-blend

b. model kelas station rotation  

c.  model kelas flex

d.  model kelas flipped (flipped classroom)

7.      Karakteristik dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu …

a.    siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan.

b.   siswa mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masing-masing individual untuk dapat belajar secara mandiri.

c.    siswa dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran

d.   siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara online sebelum kelas dimulai. 

8.      Pembelajaran yang menggunakan model blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan …

a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran

b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran

c. model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online. 

d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun.

9.      Komponen penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya adalah …

a.  materi pembelajaran

b.  standar capaian

c.  karakteristik siswa

d.  interaksi antar siswa

10.  Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui …

a. hasil belajar siswa selama sesi pembelajaran 

b. ketersediaan media berbasis teknologi

c. presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran

d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online

 

SOAL TAMBAHAN

1.      Salah satu tujuan pengintegrasian pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....

a. melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah

b. melakukan perbandingan antar budaya superior

c. memiliki kompetensi menjadi sales penjualan

d. memiliki kesiapan terjun dalam dunia kerja mendatang

2.      Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....

a. peserta didik diberikan latihan soal STEAM

b. peserta didik diminta berpikir secara induktif

c. peserta didik disadarkan untuk termotivasi

d. peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh

3.      Berikut merupakan fase yang harusnya terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam problem based learning STEAM....

a. orientasi peserta didik terhadap masalah

b. mengembangkan dan menyajikan hasil karya

c. mengorganisasikan peserta didik

d. memberikan motivasi kepada peserta didik

4.      Pembelajaran berbasis projek pada pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....

a. menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja

b. melakukan kunjungan wisata secara bebas

c. meneliti keberhasilan rancangan produk

d. melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah

5.      Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....

a. Bernyanyi bersama dengan keras.

b. Berlari mengelilingi halaman sekolah.

c. Bersantai sambil makan-makan.

d. Gerak pelenturan anggota tubuh.  

6.      Ketika suatu kegiatan pembelajaran berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal setiap pembelajaran telah berlangsung selama .... a. 80 menit

b. 90 menit   

c. 100 menit 

d. 110 menit

7.      Di bawah ini yang merupakan alasan utama, bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi, adalah ....

a. Belahan otak kanan dan kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian. 

b. Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.

c. Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat monoton.

d. Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola kelas.

8.      Menurut prinsip pembelajaran berbasis neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....

a. Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak gampang marah

b. Guru harus inspiratif, berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi. 

c. Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan materi pelajaran.

d. Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta didik ketawa.

9.      Berdasarkan uraian berikut, manakah yang merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...

a. Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.

b. Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya.

c. Peserta didik memulai kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online. Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.

d. Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah (cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.

10.  Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas pembelajaran yang menggunakan model blended learning?

a. Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung

b. Sebagai sarana penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka.

c. Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat pembelajaran di kelas.

d. Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses pembelajaran.

11.  Keuntungan apa yang ditawarkan oleh model blended learning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online?

a. Dapat menerapkan berbagai macam pilihan strategi pembelajaran sehingga kualitas belajar siswa meningkat.

b. Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tingkat kehadiran dikelas menjadi lebih baik.

c. Menyediakan beberapa pilihan model kelas yang dapat dipakai oleh guru dalam menyusun kegiatan pembelajaram. 

d. Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sistem pembelajaran online atau tatap muka.

12.  Bagaimana cara yang dapat digunakan guru dalam mengevaluasi model blended learning saat kegiatan pembelajaran telah berakhir?

a. Melalui evaluasi yang diberikan oleh pihak eksternal seperti orangtua peserta didik dna kepala sekolah.

b. Melalui lembar pengamatan aktifitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

c. Melalui data kehadiran peserta didik baik dalam sesi pembelajaran online maupun pembelajaran tatap muka.

d. Melalui data hasil belajar, penilaian kinerja, serta komentar dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran.

13.  Dengan semakin banyaknya situs komunikasi dalam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat komunikasi dan saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create) informasi di internet. Potensi pemanfaatan pembelajaran digital tersebut, termasuk dalam kategori ….

a. potensi akses informasi

b. potensi alat komunikasi

c. potensi pendidikan dan pembelajaran

d. potensi pemanfaatan informasi

14.  Hasil analisis kondisi pembelajaran menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya menyukai tantangan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....

a. Mobile learning

b. Games based learning

c. Cloud computing

d. Social media

e. E-learning

 

 

MODUL 4

PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF

 

KB-1(MERANCANG PEMBELAJARAN INOVATIF)

 

1.      Alasan yang paling tepat mengapa guru harus merancang pembelajaran inovatif  yaitu ...

a. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi pedagogik

b. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi profesional

c. Tuntutan karakter dan ketrampilan abad 21 bagi setiap lulusan 

d. Tuntutan pemerintah dan masyarakat bagi guru dan lulusan 

 

2.      Suatu rancangan pembelajaran akan menentukan ...

a. Nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran

b. Kinerja guru dalam mengajar

c. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi

d. keberhasilan aktivitas pembelajaran

 

3.      1. KI 2. KD 3 IPK 4. Tujuan Pembelajaran Dari 4 komponen RPP di atas, manakah yang paling banyak diterapkan atau diintegrasikan dengan unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1, 2

b. 2, 3

c. 3, 4

d. 2, 4

 

4.      1. Kompetensi Dasar     3. Tujuan Pembelajaran 2. Indikator Pencapaian Kompetensi  4. Kegiatan Pembelajaran. Dari 4 komponen RPP tersebut, manakah yang paling memungkinkan terbanyak diintegrasikan oleh unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

5.      Tujuan pembelajaran dalam  RPP berorientasi HOTS,  bila ...

a. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat tinggi 

b. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat rendah 

c. mengandung unsur ABCD dengan redaksi yang jelas

d. mengandung unsur –unsur baru 

 

6.      Contoh rumusan tujuan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling tepat, yaitu ...

a. Setelah dijelaskan guru, siswa mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa.

b. Setelah  mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 6 kata tanya dengan tepat

c. Setelah  mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu melaksanakan observasi di lapangan

d. Siswa disajikan materi powerpoint mengenai kerusakan hutan.

 

7.      Contoh ilustrasi deskripsi kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling tepat, ialah ...

a. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

b. Siswa diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

c. Siswa disajikan materi powerpoint yang berkaitan dengan materi sebelumnya

d. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya

 

8.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) berorientasi HOTS yang paling tepat, yaitu… a. Siswa mampu menyebutkan macam-macam kata tanya

b. Siswa mampu menjelaskan tentang macam-macam kata tanya

c. Siswa mampu menulis kata tanya  dengan bahasa yang benar

d. Siswa mampu menerapkan macam-macam kata tanya

 

9.      Integrasi nilai-nilai Nasionalisme-PPK dalam RPP dapat diintegrasikan pada komponen ….

a. SKI dan KD

b. KD dan IPK

c. IPK dan Tujuan Pembelajaran

d. Tujuan dan Aktivitas Pembelajaran

 

10.  Rumusan  tujuan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT, yaitu…

a. Setelah mengamati tumbuhan di halaman, siswa mampu menyebutkan bentuk dan fungsi bagian tumbuhan yang baik

b. Setelah mengamati amuba melalui microscope, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri mikro organism dengan benar

c. Setelah membaca dan menggunakan HP, siswa mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik

d. Setelah melihat tayangan video vulcanology di youtube, siswa dapat menjelaskan salah satu gejala gunung meletus

 

 

KB-2 (MERANCANG PEMBELAJARAN STEAM)

 

1.      Berikut ini adalah pernyataan yang paling tepat terkait RPP berbasis STEAM, yaitu…

a. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara tertanam (embedded) 

b. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara terpadu (integrated)

c. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated).

d. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara tertanam (embedded) dan terpadu (integrated).

 

2.      Untuk menyusun rancangan pembelajaran STEAM dengan tepat, Pa Yosep selaku guru Mata Pelajaran IPA SMP di salah satu wilayah Kota Ambon sebaiknya menerapkan pendekatan STEAM secara... 

a.  Tertanam  

b. Terpadu

c. Tertanam dan Terpadu 

d. Tidak Keduanya

 

3.      Rumusan Tujuan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan STEAM dan memenuhi unsur ABCD  serta HOTS dengan tepat yaitu ...

a. Setelah melakukan eksperimen roket air (C), siswa (A) dapat menjelaskan tentang tekanan udara (B) dengan satuan yang benar

b. Setelah melakukan eksperimen roket air (C), siswa (A) dapat menyimpulkan fungsi tekanan udara (B) dalam bentuk animasi

c. Setelah kegiatan pemecahan masalah tentang pencemaran udara (C), siswa (A) dapat menyebutkan gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara (B) paling sedikit 3 jenis gas (D).

d. Siswa dengan dibimbing guru (A) dapat menyebutkan tentang gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara (B)  secara baik dan benar (C) paling sedikit 3 jenis gas (D).

 

4.      Alasan mengapa rumusan tujuan pembelajaran harus spesifik adalah ..

a. sulit untuk mengukur dan mengamati apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau lebih kata kerja operasional.

b. sulit untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan dua atau lebih kata kerja operasional. terdapat satu kata kerja operasional.

c. sulit untuk merumuskan tujuan pembelajaran apabila dalam satu tujuan hanya terdapat satu kata kerja operasional.

d. sulit untuk mengukur dan mengamati apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau kata kerja operasional.

 

5.      Di bawah ini yang contoh tujuan pembelajaran yang mengasah ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah ...

a. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor

b. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menganalisis faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor

c. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat memahami faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor

d. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor

 

6.      Dalam mengeksplorasi materi pembelajaran dengan pendekatan STEAM perlu diperhatikan komponen yang ada di dalam pendekatan STEAM tersebut. Contoh penerapan unsur STEAM yang benar adalah 

a. Penerapan technology diterapkan pada saat peserta didik presensi dengan fingerprint.

b. Penerapan arts diterapkan pada saat peserta didik mengikuti pelajaran seni di kelas.

c. Penerapan science diterapkan pada saat peserta didik mengamati dan melakukan penelitian tentang fenomena alam maupun sosial di sekitar.

d. Penerapan engineering diterapkan pada saat siswa mendengarkan penjelasan dari guru.

 

7.      Di bawah ini yang merupakan contoh metode-metode pembelajaran yang paling sesuai dengan pendekatan STEAM adalah ...

a. Presentasi, Latihan, Demonstrasi, dan Resitasi

b. Latihan, Resitasi, Ceramah, dan Simulasi

c. Diskusi, Presentasi, Resitasi, dan Latihan

d. Diskusi, Eksperimen, Demonstrasi, dan Simulasi

 

8.      Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan pendahuluan adalah ...

a. Mengkomunikasikan temuan masalah

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi

d. Mengevaluasi pembelajaran

 

9.      Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan penutup adalah ...

a. Mengkomunikasikan temuan masalah

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi

d. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

 

10.  Wujud dari konsep rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM  berupa…

a. Langkah-langkah pembelajaran

b. Rencana pelaksanaan pembelajaran

c. Tujuan pembelajaran

d. Pendekatan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

KB-3 (MERANCANG PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING)

 

1.      Rumusan tujuan berikut yang menggambarkan adanya integrasi TIK dalam pembelajaran adalah ....

a.  melalui diskusi kelompok, peserta didik akan dapat mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan dikotil

b.  melalui kegiatan wawancara dengan petugas kelurahan, peserta didik akan dapat menjelaskan struktur pemerintahan desa

c.  melalui pengamatan video animasi, peserta didik akan dapat menjelaskan proses fotosintesis

d.  melalui pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tak sempurna.

 

2.      Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika akan merancang pembelajaran “blended learning” adalah .... 

a.  memilih dan menentukan kegiatan pembelajaran 

b.  memilih dan menentukan strategi pembelajaran 

c.  menentukan model “blended learning” yang akan diterapkan

d.  memilih dan menentukan teknologi e-learning yang akan dipakai

 

3.      Dalam menyusun rencana pembelajaran “blended learning”, komponen yang bisa langsung dipindahkan dari RPP konvesional ke RPP “blended learning”, tanpa penyesuaian, diantaranya yaitu ....

a.  tujuan pembelajaran

b.  identitas RPP

c.  kegiatan pembelajaran

d.  media pembelajaran

 

4.      Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan menentukan model “blended learning” yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah,  kecuali ....

a.  tingkatan usia peserta didik 

b.  kondisi komputer dan jaringan internet sekolah

c.  aplikasi teknologi e-learning mendukung model yang dipilih 

d.  prestasi dan hasil belajar  peserta didik

 

5.      Di bawah ini yang merupakan rumusan tujuan pembelajaran yang mengandung unsur berfikir tingkat tinggi, yaitu .... 

a.  Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menjelaskan pola irama lagu anak dengan tepat.

b.  Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menerapkan pola irama lagu anak dengan tepat.

c.  Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsepkonsep yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat.

d.  Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan konsepkonsep yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat

 

6.      Berikut ini yang merupakan kegiatan menyiapkan bahan/media/sumber belajar daring (online), yaitu ....

a.  mengunggah bahan/sumber belajar pada aplikasi LMS.

b.  men-dowload bahan/sumber belajar yang dibutuhkan dari enternet.

c.  mengunggah bahan/sumber belajar pada melalui email.

d.  men-share bahan.sumber belajar untuk peserta didik pada medsos.

 

7.      Setiap aplikasi teknologi e-learning tidak lepas dari keunggulan dan kelemahan masing-masing. Di bawah ini yang merupakan kelemahan dari aplikasi LMS Moodle adalah, kecuali ....

a.  memerlukan tenaga Ahli/Administrator untuk membangun dan mengelola sistemnya

b.  Memerlukan biaya pengembangan dan pengelolaan sistem pembelajaran yang relatif murah.

c.  memerlukan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang canggih

d.  memerlukan memori yang besar dan kecepatan akses koneksi jaringan enternet 

 

8.      Berikut ini termasuk aplikasi e-learning berbasis Learning Management Sistem, kecuali ....

a.  Moodle

b.  Edmodo

c.  Schoology

d.  Zoom Cloud Meeting

 

9.      Di bawah ini yang merupakan aplikasi teknologi e-learning berbasis teleconverence adalah ....

a. Google Classroom

b. Cisco Webex

c. Edmodo

d. Moodle 

 

10.  Aplikasi teknologi e-learning berikut yang berbasis Learning System Managemen cukup sederhana (tidak kompleks) adalah ....

a. Google Classroom

b. Cisco Webex

c. Edmodo

d. Moodle 

 

KB-4 (MERANCANG PEMBELAJARAN  PROJECT BASED LEARNING)

 

1.      Berikut merupakan pernyataan yang mengandung karakteristik pembelajran berbasis proyek adalah…

a. Berpusat pada peserta didik, dipandu oleh pertanyaan, dan berbasis masalah

b. Pembelajaran dikemas dalam proyek, melatih tanggungjawab, dan selalu dalam kelompok

c. Keterlibatan penuh peserta didik, dipandu pertanyaan menantang, dan adanya produk akhir

d. Berorientasi keterampilan abad 21, mengembangkan keterampilan berpikir dan tidak selalu ada produk

e. Dipandu pertanyaan menantang, mengembangkan belajar mandiri, dan cocok untuk jenjang tertentu

 

 

 

2.      Salah satu implikasi diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, kecuali …

a. Guru perlu menyediakan waktu yang cukup untuk memfasilitasi pembelajaran

b. Memerlukan durasi waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya 

c. Memerlukan peralatan dan bahan yang cukup banyak

d. Memberikan kebebasan peserta didik untuk mengembangkan pertanyaan awal

e. Memberikan kebebasan peserta didik merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proyek

 

3.      Manakah rumusan tujuan pembelajaran berikut yang menunjukkan adanya pengembangan keterampilan tingkat tinggi (HOTS)?

a. Melalui tayangan video peserta didik mampu mengurutkan langkah-langkah pertolongan pertama dengan benar

b. Melalui tayangan video peserta didik mampu mendemontrasikan langkahlangkah pertolongan pertama dengan benar

c. Melalui tayangan video peserta didik mampu memadukan langkah-langkah pertolongan pertama dengan tepat

d. Melalui tayangan video peserta didik mampu memodifikasi langkah-langkah pertolongan pertama dengan benar

e. Melalui tayangan video peserta didik mampu mendeskripsikan langkahlangkah pertolongan pertama dengan benar

 

4.      Bu Wenny seorang guru tari ingin mengenalkan tarian baru kepada peserta didiknya. Bu Wenny menginginkan peserta didiknya dapat memiliki kemampuan untuk memadukan unsur-unsur gerak tari Bali dan Tari Jawa. Rumusan tujuan pembelajran yang paling tepat adalah…

a. Melalui bacaan Tari Bali dan Jawa peserta didik dapat mendemontrasikan kedua jenis tarian dengan baik

b. Melalui pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat memadukan unsur-unsur gerak tari dengan lincah

c. Melalui contoh video peserta didik dapat merangkum kedua unsur gerak tari dengan benar

d. Melalui demonstrasi oleh guru peserta didik dapat memadukan unsur gerak kedua tarian menjadi gerakan yang indah 

e. Melalui penyajian contoh oleh guru peserta didik dapat menganalisis unsurunsur gerak dalam Tari Jawa dan Tari Bali dengan benar 

 

5.      Fungsi dari pertanyaan menantang dalam pembelajaran berbasis proyek adalah….

a. Sebagai bentuk pelaksanaan tes hasil belajar kognitif 

b. Sebagai panduan bagi peserta didik dalam melaksanakan aktifitas

c. Sebagai sarana guru untuk mengukur kemampuan awal peserta didik

d. Sebagai upaya untuk membangun motivasi peserta didik

e. Sebagai pelaksanaan proses tanya jawab 

 

6.      Pak Budi menyusun buku panduan dalam agar peserta didik dapat mengikuti langkah-langkah dalam buku panduan. Suatu skenario pembelajaran diciptakan oleh Pak Budi namun topic, bahan, dan caranya ditentukan oleh peserta didik. Apa yang dilakukan Pak budi merupakan penerapan model pembelajaran berbasis proyek…

a. Proyek terstruktur 

b. proyek tidak terstruktur

c. Proyek semi terstruktur

d. Proyek mandiri

e. Proyek terbuka 

7.      Salah satu ciri pembelajaran berbasis proyek adalah dihasilkannya suatu produk akhir. Pernyataan berikut yang paling sesuai terkait produk dari pembelajaran berbasis proyek adalah…

a. Produk harus harus benar-benar nyata sehingga dapat dilihat secara fisik

b. Produk akhir harus mencapai target dan kualitas sama untuk setiap kelompok

c. Produk dapat berwujud tangible (nyata) maupun non tangible (tidak berbentuk fisik)

d. Produk merupakan tujuan akhir sehingga bersifat bebas tanpa kriteria

e. Produk harus memiliki nilai jual yang tinggi dan mudah dipasarkan 

 

8.      Berikut ini merupakan keunggulan pembelajaran berbasis proyek, kecuali adalah…

a. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

b. Membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks.

c. Meningkatkan kolaborasi.

d. Mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi.

e. Memerlukan banyak peralatan dalam proses menjalankan proyek.

 

9.      Pembelajaran berbasis proyek yang sudah berjalan perlu dikembangkan strateginya agar menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah …

a. Melaksanakan penilaian produk akhir proyek peserta didik yang berhasil

b. Mengevaluasi pengalaman peserta didik dan guru bersama-sama

c. Mengevaluasi jumlah peralatan dan biaya yang dikeluarkan 

d. Mengevaluasi kinerja guru dalam memfasilitasi pembelajaran 

e. Mengevaluasi jumlah peserta didik yang gagal mencapai target

 

10.  Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penilaian pembelajaran berbasis proyek adalah….

a. Kompleksitas produk, kualitas produk dan keaslian 

b. Keaslian, relevansi dengan mata pelajaran dan kemampuan pengelolaan

c. Kemampuan peserta didik, dukungan biaya dan peralatan

d. Kompleksitas masalah, jumlah kelompok, dan kinerja guru

e. Keunikan produk, kebaruan produk dan keaslian produk 

 

TES TAMBAHAN

 

1.    Unsur pembelajaran inovatif yang cakupannya paling luas untuk diterapkan atau diintegrasikan dalam komponen RPP yaitu…

a.  TPACK

b. STEAM

c.  Keterampilan Abad 21-C4

d. HOTS

 

2.    “Siswa mengamati dan  mengidentifikasi serta menuliskan bagian dan fungsi dari tumbuhan”.  Manakah pernyataan yang paling tepat terkait dengan contoh kegiatan pembelajaran tersebut?

a. Menerapkan unsur TPACK karena mencakup kemampuan teknologi dalam pembelajarannya

b. Menerapkan unsur STEAM karena mengandung unsur sains dan teknologi dalam pembelajarannya

c. Menerapkan unsur HOTS karena mengandung kata kerja berpikir tingkat tinggi 

d. Menerapkan unsur LOTS karena mengandung kata kerja berpikir tingkat rendah 

 

3.    “Siswa bersama-sama guru membuat kalimat tanya yang tepat berdasarkan teks dari media power point”.  Unsur pembelajaran inovatif manakah yang paling dominan dari kalimat Kegiatan Pembelajaran tersebut?

a. TPACK

b. STEAM

c.  Keterampilan Abad 21-C4

d. HOTS

 

4.         Pendekatan STEAM dalam rancangan pembelajaran inovatif dapat dimaknai sebagai ...

a. Sains dan teknologi yang ditasfirkan melalui teknik dan seni berdasarkan unsur-unsur matematis.

b. Seni dan Teknik yang ditasfirkan melalui sains dan teknologi berdasarkan unsur-unsur matematis.

c. Sains dan teknologi yang ditasfirkan melalui sains dan matematika berdasarkan unsur-unsur teknis.

d. Sains dan teknik yang ditasfirkan melalui sains dan matematika berdasarkan unsur-unsur teknologi.

 

5.         Model-model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam menyusun rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM adalah ...

a. Model Pembelajaran Campuran, Inkuri, dan TCL

b. Model Pembelajaran Jarak Jauh. Discovery, dan TCL

c. Model Pembelajaran dalam Jaringan, Campuran, dan TCL

d. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan, dan Inkuiri

 

6.         Dalam pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM, Kemampuan dalam mengidentifikasi informasi ilmiah, merumuskan dan menganalisis masalah ada penjelasan dari unsur ....

a.  Sains

b. Teknologi

c. Engineering

d. Arts

 

7.    Suatu rumusan tujuan pembelajaran berbunyi sebagai berikut:  “Melalui diskusi dan kerja kelompok serta tayangan youtube tentang kegiatan di sekitarnya, peserta didik dapat menganalisis bentuk-bentuk kegiatan yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dengan cermat dan kritis.”  Pengembangan keterampilan abad 21 pada rumusan tujuan tersebut ditunjukkan dengan kata ....

a.  diskusi dan kerja kelompok

b.  kerja kelompok dan mengalisis dengan kritis

c.  tayangan youtube dan menganalisis

d.  kerja kelompok dan tayangan youtube

 

8.        Suatu ketika Anda akan merancang pembelajaran “blended learning, dimana pembelajaran daring (online) akan dilakukan melalui teleconference di waktu malam hari. Berikut adalah aplikasi daring yang dapat digunakan melakukan daring ....

a.  Zoom Cloud Meeting

b.  Google Classroom

c.  Moodle

d.  Edmodo

 

9.        Pembelajaran Project Based Learning akan dengan mudah terlihat dalam RPP terutama pada komponen …..

a.  Kompetensi Dasar

b.  Indikator Pencapaian Kompetensi

c.  Tujuan  Pembelajaran

d.  Aktivitas Pembelajaran

 

10.    Pembelajaran Project Based Learning akan terlihat dalam RPP pada komponen Tujuan Pembelajaran  untuk unsur ….

a.  Audience

b.  Behavior

c.  Condition

d.  Degree

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA