DENGAN
INI SAYA SAMPAIKAN TERLEBIH DAHULU, GUNA KEPENTINGAN BELAJAR SAYA DAN REKAN REKAN
PPG, SAYA KUMPULKAN BEBERAPA SOAL DARI MODUL PEDAGOGIK SERTA DENGAN JAWABAN
SESUAI KEMAMPUAN SAYA SESUAI JAWABAN YANG TERTERA PADA MODUL MATERI TERSEBUT.
KURANG LEBIHNYA MOHON DI CCOKKAN DENGAN MODUL YANG SUDAH DI BACA TERIMAKASIH.
SELAMAT
BELAJAR
MODUL
1
KB-1
(KONSEP DASAR, RASIONAL, DAN LANDASAN ILMU PENDIDIKAN)
1.
Seorang guru mengajar di dalam kelas
dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru
sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam
proses pendidikan yang beraliran….
A. Behavioristik
B.
Perenialisme
C.
Humanisme
D.
Esesnialisme
E.
Rekonstuksionisme
2.
Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu
pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam
pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....
A.
Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
B.
Orang tua memberi contoh pada anak untuk
tidak melakukan diskriminasi pada siapapun
C.
Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
D.
Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan
profesionalitasnya
E. Sekolah melakukan
program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya
3.
Berikut ini contoh kegiatan yang
tergolong ke dalam praktik pendidikan
adalah…
A.
Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
B.
Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
C. Pak Andi sedang
mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta didiknya
D.
Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
E.
Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
4.
Sebagai humanisasi pendidikan bukan
berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik).
Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah…
A. Manusia merupakan
makhluk otonom
B.
Pribadi yang berkembang dan berakal
C.
Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
D.
Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
5.
Seorang pendidik perlu memahami landasan
pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik
adalah . . . .
A.
Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik
sebagai pribadi yang unik
B.
Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan
dalam situasi tertentu di kelas
D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan
pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek
pendidikan
E.
Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia
terkait dengan pendidikan
6.
Berikut
ini
implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah... A.
Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani”
B.
Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan
peserta didik
C.
Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan
masyarakat
D.
Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat
mengajarnya
E.
Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
7.
Pengertian landasan dibagi dua yaitu
landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan
konseptual adalah....
A.
Kurikulum dan silabus
B. Pancasila dan UUD 1945
C.
Kerangka berfikir
D.
Desain bangunan
E.
Tujuan pendidikan
8.
Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan
tahap-tahap dan tugas pekermbangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan
dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....
A. Psikologi pendidikan
B.
Sosiologi pendidikan
C.
Religi pendidikan
D.
Ekonomi pendidikan
E.
Ilmu pengetahuan dan Teknologi
9.
Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan
YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh
A.
Landasan yuridis
B.
Landasan psikologis
C. Landasan religius
D.
Landasan sosilogis
E.
Landasan historis
10.
Salah satu tripusat pendidikan bagi anak
adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah
sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
A.
Hak dan kewajiban
B.
Kejujuran dan toleransi
C.
Gotong royong dan tangung jawab
D. Kedisiplinan dan tanggung jawab
E.
Kejujuran dan Tenggang rasa
KB-2 (KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK)
1.
Perkembangan kognitif peserta didik
Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa
kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal
saja. Proses pembelajaran tersebut akan
efektif jika disertai dengan menggunakan:
A.
Media gambar
B. Media benda nyata
C.
Media grafis
D.
Media poster
E.
Media cetak
2.
Pada suatu proses pembelajaran yang
kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru
sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah
masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta
didik, terutama aspek:
A.
Status Sosial
B.
Moral
C. Etnik
D.
Minat
E.
Motivasi
3.
Pak Adit seorang guru SMP X, ketika
melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari
berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin,
ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai
swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada
peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik
peserta didik terutama:
4.
A. Minat
B.
Motivasi
C.
Etnik
D.
Kultural
E. Status social
5.
Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan
pembelajaran dengan topik Tata
Surya melakukan pre tes terlebih dahulu,
dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki
peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal
ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
A. Kemampuan awalnya
B.
Motivasi belajarnya
C.
Perkembangan sosialnya
D.
Perkembangan emosinya
E.
Perkembangan motoriknya
6.
Guru A ketika melakukan proses
pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran,
kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta
didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang
mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan
demikian karena pertimbangan:
A.
Etnik peserta didik
B.
Gaya belajar peserta didik
C.
Gender peserta didik
D. Minat peserta didik
E.
Kultural peserta didik
7.
Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika
memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah
peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik
peserta didik terutama:
A.
Etnik
B.
Minat
C.
Gender
D.
Status social
E. Kultural
8.
Pada saat pembelajaran berlangsung guru
mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar.
Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:
A. Motivasi
B.
Kultural
C.
Sosial
D.
Status sosial
E.
Etnik
9.
Perkembangan moral peserta didik/anak
menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic
orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
A.
Akibat perbuatan
B.
Persetujuan orang lain
C. Kontrak/imbal jasa
D.
Ketertiban sosial
E.
Hati nurani
10.
Peserta didik dalam suatu kelas gaya
belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan
pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat
memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
A.
Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
B.
Menggunakan program audio dan modul.
C.
Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
D. Menggunakan media audio,
video, dan percobaan.
E.
Menggunakan modul dan powerpoint.
11.
Pada suatu proses pembelajaran di Taman
Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka
pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
A.
Meronce membuat kalung
B. Menendang bola
C.
Memasang puzzle
D.
Mewarnai pola
E.
Menjiplak huruf
KB-3 (TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN)
1.
Teori belajar yang mengutamakan perubahan
tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus
dan respon merupakan teori belajar….
A.
Kognitivistik
B. Behavioristik
C.
Konstruktivistik
D.
Humanistik
E.
Rekonstruktivistik
2.
Apabila dalam proses belajar peserta didik
melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan
apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal
ini merupakan prinsip belajar dari ....
A.
Conditioning
B. Trial and error
C.
Shaping
D.
Konseptualisasi
E.
Stimulus respon
3.
Contoh penerapan teori behavioristik yang
dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….
A.
Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
B.
Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan
siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
C. Memberikan stimulus
kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
D.
Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode
pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
E.
Memberikan penjelasan pengetahuan baru
4.
Seluruh komponen pendidikan memiliki
tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang
dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan
tersebut merupakan bagian dari teori ….
A.
Behavioristik
B.
Kognitivistik
C.
Konstruktivistik
D. Humanistik
E.
Sibernetik
5.
Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan
siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta
memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting
terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut
merupakan aliran dari teori ….
A.
Behavioristik
B.
Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D.
Humanistik
E.
Sibernetik
6.
Menurut Bruner, apabila seseorang memahami
obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan
kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan,
hal ini merupakan tahapan dari......
A.
Enaktif
B.
Intuitif
C. Ikonik
D.
Simbolik
E.
Konflik
7.
Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang
dimiliki oleh peserta didik adalah.....
A. Mampu memecahkan masalah
B.
Mampu membuat peraturan
C.
Mampu memahami sebuah kejadian
D.
Mampu mengalami sebuah kejadian
E.
Mampu memahami permasalahan
8.
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
A.
Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C.
Kemampuan berinteraksi
D.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
E.
Kemampuan mengemukakan pendapat
9.
Dibawah ini adalah tipe belajar menurut
Habermas, kecuali ….
A.
Belajar teknis
B.
Belajar praktis
C. Belajar aktif
D.
Belajar emansipatoris
E.
Belajar konsep
10.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan
keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori
belajar….
A.
Kognitivistik
B.
Humanistic
C.
Behavioristik
D. Konstruktivistik
E.
Sibernetik
KB-4 (KURIKULUM PENDIDIKAN DI
INDONESIA)
1.
Kurikulum sebagai seluruh aktivitas
peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti....
A.
Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh
pembelajaran di kelas
B. Menyusun rancangan
kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain
C.
Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen
sekolah
D.
Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa
E.
Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam
proses pembelajaran
2.
Kurikulum Indonesia telah mengalami
perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum
yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …
A.
Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan
B.
Kurikulum berbasis pada pencapaian proses
C.
Kurikulum sebagai rencana pelajaran
D. Kurikulum berbasis pada
kompetensi
E.
Kurikulum berbasis konten pembelajaran
3.
Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam
masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan
nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya
serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan …
A.
Peran konservatif
B. Peran kritis dan
evaluatif
C.
Peran kreatif
D.
Peran social
E.
Peran sumatif
4.
Di bawah ini merupakan kajian pokok
implementasi kurikulum, kecuali ...
A.
Mengembangkan program
B.
Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D.
Evaluasi proses yang dilaksanakan
E.
Merancang dokumen kurikulum
5.
Kurikulum bukan hanya dipandang
sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang
sebagai …
A. Seperangkat alat
pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik
B.
Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan
C.
Rincian jadwal pelajaran
D.
Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik
E.
Seperangkat tujuan pembelajaran
6.
Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta
didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam
bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal
tersebut merupakan hambatan dari salah satu factor …
A.
Factor lingkungan sekolah
B. Factor sarana dan
fasilitas
C.
Factor budaya dan ideologi
D.
Factor administrasi
E.
Faktor sekolah
7.
Ada beberapa hal yang perlu
dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan
Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini
berarti …
A.
Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah
tujuan nasional
B.
Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada
berdasarkan tujuan yang ditetapkan.
C.
Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan
nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat
D. Guru melakukan
pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
E.
Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang
menurutnya penting.
8.
Menurut Friedman, perkembangan teknologi
begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan
teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa
diartikan dan digunakan untuk …
A.
Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti
perkembangan teknologi.
B. Mengidentifikasi
perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar
ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi
C.
Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara
penggunaannya
D.
Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
E.
Memberi kebebasan belajar dengan HP
9.
Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman,
perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi
percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus
dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah …
A.
Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi
B.
Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas
C. Mengintegrasikan
teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
D.
Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
E.
Memberi kebebasan belajar dengan HP
10.
Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi
antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program
baru UNESCO yaitu …
A.
Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan
B.
Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan
C. Sains dan nilai religius
terintegrasi
D.
Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan
E.
Pendidikan untuk semua
1.
Landasan pendidikan jenis ini memiliki
asumsi yang bersumber hakikat manusia, hakikat ilmu, nilai serta perilaku yang
dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga pendidikan adalah ….
A. Landasan filosofis
B.
Landasan sosiologis
C.
Landasan religius
D.
Landasan yuridis
E.
Landasan psikologi
2.
Berikut ini contoh konkrit dari implikasi
landasan religius dalam pendidikan di sekolah adalah ….
A.
Menjaga lingkungan sekitar rumah, karena kebersihan merupakan sebagian dari
iman
B.
Gotong royong dan saling menghormati antar warga masyarakat meskipun berbeda
suku, ras dan agama
C. Guru mengajarkan
siswanya untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
D.Guru
menggunakan media pembelajaran yang interaktif untuk mendukung pembelajaran di
kelas
E.
Sekolah menyediakan berbagai ekstrakulikuler yang dapat memfasilitasi potensi
dan kreativitas anak
3.
Peserta didik Kelas “Y” sebagian besar
memiliki gaya belajar visual maka strategi belajar yang tepat dilakukan untuk kelas tersebut
yaitu:
A.
Peserta didik ditugaskan untuk menganalisis materi
B.
Peserta didik ditugaskan merangkum suatu uraian
C. Peserta didik ditugaskan
membaca buku x karangan Mr. x
D.
Peserta didik ditugaskan untuk mengemukakan pendapat
E.
Peserta didik ditugaskan untuk merangkum bahan belajar yang terdapat dalam buku
teks
4.
Pak Ferdi ketika akan melakukan kegiatan
pembelajaran dengan topik penyakit menular melakukan pre tes terlebih dahulu,
hal ini artinya guru memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal ….
A.
Motivasi belajarnya
B.
Perkembangan sosialnya
C.
perkembangan emosinya
D.
Perkembangan motoriknya
E. Kemampuan awalnya
5.
Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa dengan menerapkan teori belajar konstruktivisme dalam
pembelajaran, karena dalam teori belajar ini ...
A. Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar
B.
Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
C. Menempatkan siswa
sebagai subjek belajar
D.
Siswa diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif
E.
Menempatkan siswa sebagai objek penting dalam belajar
6.
Salah satu perkembangan teknologi dalam
praktik pembelajaran adalah dengan
mengintegrasikan teknologi salah satunya adalah pembelajaran yang memanfaatkan
social media. Dalam pembelajaran tersebut memberikan kesempatan peserta didik
untuk......
A. Berkolaborasi, berbagi
informasi, berinterkasi
B.
Berbagi informasi, berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu
C.
Berinteraksi, berbagi informasi, memperbaiki kesalahannya
D.
Berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu, berinterkasi
E.
Berkorespondensi terkait proses pembelajaran yang berlangsung di kelas
7.
Menurut teori belajar konstruktivistik,
anak akan merasakan bahwa proses belajar itu adalah sesuatu proses yang
menyenangkan jika......
A.
Sesuai dengan taraf berikir anak
B.
Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak
C. Belajar dipraktekkan
D.
Adanya kompetensi belajar
E.
Terdapat stimulus dan respon yang sesuai
8.
Kurikulum sebagai pedoman dalam melakukan
pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di sekolah merupakan fungsi
kurikulum bagi ….
A.
Guru
B. Kepala sekolah
C.
Orang tua
D.
Siswa
E.
Pengawas Sekolah
9.
Kurikulum harus aktif berpartisipasi aktif
sebagai control atau filter social menunjukkan fungsi kurukulum ….
A.
Konservatif
B.
Kreatif
C. Evaluatif
D.
Dinamis
E.
Imajinatif
10.
Kualifikasi yang diharapkan dicapai oleh
siswa setelah menyelesaikan pendidikan di SMA merupakan tujuan ….
A.
Pembelajaran umum
B.
Mata pelajaran
C. Institusional
D.
Pendidikan nasional
E.
Pembelajaran khusus
MODUL
2
KB-1
(KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21)
1.
Pernyataan berikut yang merupakan fenomena
pembelajaran abad 21 yang menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah…..
a.
Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik
b.
Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK
c. Berkembangnya massive
online open course
d.
Banyaknya media pembelajaran berkualitas
e.
Standar kompetensi guru yang meningkat
2.
Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad
21 sebaiknya….
a.
Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi
b.
Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran
c.
Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer
d. Menekankan kepada
pengembangan keterampilan belajar
e.
Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran
3.
Generasi z memiliki rentang perhatian yang
pendek. Manakah pernyataan berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk
melayani generasi z adalah….
a.
Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
b.
Menambah materi pembelajaran berupa bacaan
c. Mengemas materi ke dalam
topik-topik kecil
d.
Mengganti buku cetak dengan buku elektronik
e.
Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru
4.
Berikut ini merupakan ciri generasi z yang
berkaitan dengan preferensi belajarnya adalah…..
a. Menyukai komunikasi berbasis
visual
b.
Menyukai musik dan mendengarkan radio
c.
Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya
d.
Suka membaca teks dari buku elektronik
e.
Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri
5.
Guru perlu memastikan desain pembelajaran
yang dimediasi teknologi merupakan keputusan pedagogis. Alasan paling masuk
akal terkait pernyataan di atas adalah…
a.
Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran
b.
Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih
c. Pembelajaran abad 21
memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran
d.
Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas konvensional
e.
Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang guru
6.
Guru perlu bersikap luwes dalam merancang
pembelajaran abad 21. Pernyataan ini
mengandung pengertian….
a.Tidak
perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional
b.Rancangan
pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi
c.
Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan
d.Teknologi
perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru
e. Rancangan membuka
peluang perubahan strategi dan materi
7.
Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal
berikut ini, kecuali….
a.
Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi
b.
Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
c.
Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
d. Penguasaan aplikasi
komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi
e.
Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan
keterampilan kognisi
8.
Model pembelajaran abad 21 yang menekankan
dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang,
melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah…..
a.Bermain
peran dan simulasi
b. Pembelajaran berbasis
proyek
c.
Pembelajaran kontekstual
d.
Pembelajaran kooperatif
e.
Pembelajaran diskusi online
9.
Rendahnya partisipasi peserta didik di
kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik
dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan
sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan
teknologi pada domain…..
a.
Penilaian terhadap peserta didik
b.
Pemahaman terhadap peserta didik
c. Strategi pembelajaran
d.
Pemahaman materi pembelajaran
e.
Pengelolaan pembelajaran
10.
Seorang guru menggunakan animasi video
untuk menjelasksan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan
penerapan TPACK dalam domain…..
a.
Rancangan kurikulum
b.
Pengelolaan pembelajaran
c.
Upaya memahami peserta didik
d. Memahami materi
pembelajaran
e.
Merepresentasikan data
KB-2 (PROFIL DAN KOMPETENSI GURU ABAD
21)
1.
Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi
cara guru bertindak. Berikut merupakan cara pandang guru abad 21 tentang pembelajran abad 21 yang paling tepat adalah … a. Pembelajaran harus berpusat pada
peserta didik aktif
b.
Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten
c. Pembelajaran berpusat
peserta didik dengan guru tetap aktif
d.
Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon
e.
Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif
2.
Memahami karateristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam
kompetensi…
a. Pedagogi
b.
Kepribadian
c.
Sosial
d.
Profesional
e.
Semua benar
3.
Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab
yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a.
Pedagogi
b. Kepribadian
c.
Sosial
d.
Professional
e.
Intelektual
4.
Berkomunikasi dengan orang tua peserta
didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta
mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran guna
mengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi… a. Pedagogi
b.
Kepribadian
c. Sosial
d.
Professional
e.
Humanis
5.
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi.
. . .
a.
Pedagogi
b.
Kepribadian
c.
Sosial
d. Profesional
e.
Intelektual
6.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan
mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
a.
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c.
Pengembangan kurikulum
d.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e.
Berkomunikasi pada peserta didik
7.
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a.
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b.
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c.
Pengembangan kurikulum
d. Melakukan tindakan
reflektif
e.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
8.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan
kreatifitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…
a.
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b.
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c.
Pengembangan kurikulum
d.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik
9.
Berikut aspek penting dalam pengelolaan
pembelajaran abad 21, kecuali…
a.
Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b. Menghindari penggunaan
smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c.
Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d.
Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e.
Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
10.
Indikator guru mampu memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi yang dapat mempengaruhi kebijakan adalah …
a.
Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran
yang diampu
b.
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan
belajar
c.
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan
d. Mengkomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
e.
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
KB-3 (TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU
ABAD 21)
1.
Guru merupakan profesi dengan keahlian
khusus. Pernyataan ini mengandung makna….
a.
Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan
b. Keahliannya diperoleh
melalui proses pendidikan yang lama
c.
Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru professional
d.
Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah
e.
Memiliki kode etik profesi yang dapat dipertanggungjawabkan
2.
Menyusun program semester merupakan tugas
pokok guru dalam hal……
a. Merencanakan
pembelajaran atau pembimbingan
b.
Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan
c.
Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
d.
Membimbing dan melatih peserta didik
e.
Melakukan penilaian pembelajaran
3.
Berikut ini adalah contoh penyesuaian
tugas pokok guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran
abad 21, yaitu…..
a.
Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan pembelajaran
b.
Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik
c.
Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester
d.
Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran
e. Menerapkan model
pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS
4.
Contoh penyesuaian peran guru dalam
melaksanakan pembelajaran abad 21 adalah…. a. Guru bertindak sebagai pusat
pembelajaran
b.
Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK
c.
Guru berperan menjadi sumber belajar utama
d.
Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
e. Guru menjadi mitra
belajar bagi peserta didik
5.
Guru abad 21 memiliki tugas pokok
membimbing peserta didik agar tidak terjerumus kepada pemanfaatan teknologi
yang salah. Tindakan yang dapat dilakukan guru antara lain…
a.
Melarang penggunaan smartphone di
kelas
b.
Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru
c. Mendampingi anak dalam
mengeksplorasi sumber digital
d.
Mengalihkan perhatian anak melalui
kegiatan olah raga
e.
Guru menghadirkan media pembelajaran
yang menarik
6.
Saudara selaku guru memberikan mengajak
peserta didik merefleksikan cara belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis
penilaian….
a.
Assesment for learning
b.
Assesment to learning
c.
Assesment of learning
d. Assesment as learning
7.
Adanya rasa tanggung jawab, sikap
responsif dan inovatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
merupakan bentuk pelaksanaan dari fungsi guru sebagai berikut ….
a. Memelihara komitmen
secara profesional untuk
meningkatkan mutu pendidikan
b.
Menjunjung tinggi peraturan
perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama
dan etika;
c.
Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis
dan dialogis;
d.
Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
e.
Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai kepercayaan yang
diberikan kepadanya
8.
Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah
mendampingi peserta didiknya mengunjungi panti ashuan. Bu Weny melihat salah
satu peserta didik bernama Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih
salah seorang penghuni panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang
sedang menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang melaksanakan tugas yang
disebut….
a.
Mengajar
b.
Mendidik
c. Membimbing
d.
Melatih
e.
Membina
9.
Hal-hal berikut merupakan aspek yang
potensial dikembangkan dalam pengkajian kurikulum, kecuali ….
a.
Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi
b.
Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi
c. Kesinambungan materi,
kemasan materi, dan strategi penyampaian
d.
Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan
e.
Urutan materi dan ruang lingkup materi
10.
Pernyataan berikut paling tempat
menggambarkan tugas guru di masa yang akan datang adalah …..
a.
Peran guru semakin ringan karena banyak terbantu oleh teknologi
b.
Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai materi
c.
Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi
d.
Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru
e. Guru menjadi kolaborator
sumber daya dan fasilitator pembelajaran
KB-4 (STRATEGI PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN)
1.
Salah satu sikap guru profesional adalah
bersikap reflektif dapat tercermin dari tindakan berikut….
a.
Menggunakan pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar
b.
Mendokumentasikan kelebihan dan kekurangan diri
c. Merefleksikan setiap
tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri
d.
Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi diri
e.
Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi peningkatan diri berkelanjutan
2.
Manakah pernyataan berikut ini yang kurang
tepat mengenai konsep belajar mandiri…. a. Adanya niat menguasai kompetensi
tertentu
b.
Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai kompetensi
c.
Mengontrol proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri
d.
Melaksanakan pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik
e. Mengisolasi diri dalam
melaksanakan proses belajar
3.
Manakah sumber-sumber berikut yang paling
layak dijadikan sebagai bahan dalam melakukan refleksi adalah ….
a.
Rekaman video selama melaksanakan pembelajaran
b.
Catatan hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran
c.
Angket penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik
d.
Hasil penilaian orangtua peserta didik terhadap kinerja guru
e. Hasil perenungan dan
refleksi diri guru terhadap pengalamannya
4.
Guru akan dihadapkan kepada berbagai
pilihan kegiatan yang mengharuskan untuk menentukan skala prioritas dan memilih
yang paling sesuai. Tahap ini merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan
refleksi yaitu….
a.
Menarik kesimpulan
b. Menyusun rencana aksi
c.
Melakukan analisis
d.
Merasakan dan menghayati
e.
Melaksanakan tindakan
5.
Aktifitas pengembangan diri mulai dari
refleksi sampai dengan tindakan terjadi berulang dan juga bersifat spiral
mengandung pengertian ….
a. Memberikan dampak
peningkatan profesionalisme secara akumulatif
b.
Aktifitas pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain
c.
Terjadi secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan
d.
Mengandung unsur kebebasan di dalam proses belajarnya
e.
Melibatkan pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya
6.
Dilihat dari dimensi pedagogis belajar
mandiri berarti….
a.
Merupakan aktifitas berpikir reflektif
b. Merupakan wujud
aktifitas fisik belajar aktif
c.
Menunjukkan kemampuan kontrol atas aktifitas belajar
d.
Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang otonominya
e.
Belajar terpisah dengan guru dan atau tutor
7.
Saudara menentukan tujuan belajar, memilih
sumber belajar, dan memilih cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri
merupakan konsep belajar mandiri ditinjau dari dimensi….
a.
Historis
b.
Yuridis
c.
Sosiologis
d. Psikologis
e.
Pedagogis
8.
Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali
belajar mandiri. Bu Ana juga memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana
yang demikian merupakan gambaran belajar mandiri dilihat dari atribut….
a.
Sosiologis
b.
Kognitif
c. Kepribadian
d.
Pedagogis
e.
Kebebasan
9.
Seseorang mampu menemukan strategi
kognitif yang tepat sebagai cara belajar yang efektif. Kemampuan ini termasuk
dalam keterampilan belajar mandiri yang disebut…. a. Keterampilan merumuskan tujuan belajarnya
b.
Keterampilan memproses informasi
c.
Keterampilan khusus yang efektif
d. Keterampilan bersifat
umum
e.
Keterampilan menarik kesimpulan
10.
Seorang guru menemukan suatu model
pembelajaran yang sangat inovatif dan kemudian dipublikasikan oleh seorang
wartawan di suatu media massa. Apa yang dilakukan guru merupakan upaya
pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam katagori....
a.
Karya inovatif teknologi tepat guna
b.
Publikasi ilmiah di media massa
c. Karya inovatif
menciptakan karya
d.
Pengembangan diri fungsional
e.
Pengembangan diri kolektif
SOAL TAMBAHAN
1. Pak
Hasan mendapati tiga orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan
informasi dari orangtua dan juga teman-temannya mereka sering bermain game
terlalu lama, dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah….
a. Menasehati ketiga anak tersebut agar
tidak lagi bermain game di larut malam
b. Melarang anak bermain game bekerjasama
dengan orangtua untuk pengawasannya
c. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan
yang dialami peserta didik
d. Merancang pembelajaran dengan game dan
melarang bermain game di rumah
e. Menyediakan game di sekolah di bawah
pengawasan guru dan kepaal sekolah
2. Hari
itu jam pertama hari sedang hujan. Bu Wenny Hapsari memanfaat teknologi
informasi di dalam proses pembelajaran di kelas IV. Capaian pembelajarannya
agar peserta didik memiliki kesadaran arti penting kerjasama di dalam
kehidupan. Di dalam kelas tersedia LCD dan laptop. Kegiatan pembelajaran yang paling sesuai
adalah…
a. Peserta didik menyaksikan video berisi
kegiatan gotong royong kemudian membuat kesimpulan
b. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok tayangan video dan
diminta membuat kesimpulan
c. Peserta didik diminta membuat video
sederhana secara kelompok dan mempresentasikan
d. Peserta didik diminta mengamati
kegiatan gotong royong di luar kelas dan terlibat membantu
e. Peserta didik membaca cerita bergambar
tentang kegiatan gorong royong
3. Seorang
guru terlihat diikuti oleh banyak peserta didik dimanapun berada. Peserta didik
tersebut penasaran dengan trik-trik baru dari guru. Guru menggunakan
handphone-nya untuk melacak benda dari logam yang terjauh. Guru tersebut selain
memesona juga memiliki ciri guru abad 21 sebagai berikut….
a. Pandai berempati
b. Humoris
c. Canggih
d. Membuat analogi
e. Membuat metafora
4. Peserta
didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah yang lancar dengan
kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan kalian melihat sungai
yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat mengairi sawah-sawah agar
tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani memperlihatkan salah satu kompetensi
guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal….
a. Membuat padanan kata
b. Membuat analogi
c. Menghadirkan contoh
d. Membuat metafora
e. Melakukan eksplorasi
5. Alasan
utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada
pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah…. a.
Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
b. Keterampilan abad 21 lebih penting
tidak memerlukan pengetahuan
c. Abad 21 adalah era disrupsi dimana
peran guru akan segera hilang
d. Pengetahuan faktual sudah usang dan
tidak relevan dengan era abad 21
e. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar
mandiri
6. Berikut
ini merupakan arti penting pengembangan kurikulum dengan menghadirkan
keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi kebudayaan bagi guru di era
abad 21 adalah…
a. Bangsa Indonesia memerlukan
pengembangan kebudayaan dan pengetahuan tentang sejarah kebudayaan
Indonesia
b. Bangsa Indonesia memerlukan SDM yang kreatif memecahkan persoalan
dan mampu berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda
c. Bangsa Indonesia memerlukan
berkembangnya seni budaya dan kreatifitas menciptakan karya-karya seni berbasis
kunikan local
d. Bangsa Indonesia memerlukan SDM dengan
kemampuan berpikir canggih dan dapat memodernkan seni dan budaya asli
e. Bangsa Indonesia memerlukan manusia
yang mampu teknologi canggih untuk yang dapat menggantikan peran guru
7. Berikut
merupakan pergeseran dan atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi
pembelajaran abad 21 adalah, kecuali….
a. Merubah paradigma dari professional
teaching menjadi professional learning
b. Menerapkan berpusat aktifitas peserta
didik namun guru tetap aktif
c. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for
learning
d. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri
diri secara berkelanjutan
e. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi
atau reflective practitioner
8. Berikut
upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang termasuk kegiatan
pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara berurutan
adalah……
a. Mengikuti pelatihan pembuatan media,
menciptakan model pembelajaran yang dimuat di media massa, dan membuat karya
seni
b. Menulis jurnal, mempublikasikan hasil
PTK di jurnal terakreditasi, dan menghasilkan model pembelajaran
c. Mengikuti diklat kepala sekolah,
mempublikasikan artikel di jurnal internasional, dan mengikuti diklat pembuatan
media inovatif
d. Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah
terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen
e. Mempublikasikan kegiatan diklat di
koran, menulis artikel di jurnal internasional, dan menciptakan karya seni bela
diri
9. Belajar
mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi
sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indikator adanya
ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah….
a. Belajar individual dan menyendiri,
aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
b. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri
forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator
c. Mengisolasi diri secara fisik,
melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
d. Memiliki kebebasan dalam
belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya
sendiri
e. Belajar mendasarkan tujuan yang
ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari
fasilitator
10. Berikut
ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan pengambilan keputusan
yang diperlukan dalam belajar mandiri adalah…
a. Kemampuan merumuskan tujuan
pembelajaran
b. Keterampilan menetapkan tujuan belajar
c. Keterampilan memproses dan mengolah
informasi
d. Keterampilan menterjemahkan dan
memahami bahan tertulis
e. Kemampuan menterjemahkan informasi
visual
MODUL
3
KB-1 (PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE,
TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS)
1. STEAM
adalah singkatan dari....
a. Science, Technique, Engineering, Art,
Manipulation
b. Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics
c. Science, Technology, Engineering, Art,
Manipulation
d. Science, Technique, Engineering, Art,
Mathematics
2. Teknik
adalah ilmu yang mencakup....
a. desain sistem, peralatan, dan mesin
b. pola-pola sistemik pada organisme
c. inovasi observasi lingkungan
d. bahasa-bahasa alam dan teknologi
3. Pendekatan
pembelajaran STEAM yang mengajarkan pelajaran Matematika dan IPA secara
terpisah dalam waktu yang berbeda dikenal sebagai pendekatan ....
a. silo
b. embeded
c. integrated
d. silo-integrated
4. Pendekatan
terbaik untuk menerapkan pembelajaran STEAM pada siswa sekolah dasar adalah....
a. silo
b. embeded
c. integrated
d. silo-embeded
5. Berikut
merupakan salah satu tujuan diperlukannya pembelajaran STEAM, yaitu ....
a. Pekerjaan-pekerjaan terdahulu
memerlukan keahlian STEAM
b. Kaum laki-laki lebih ditekankan untuk
mempelajari bidang STEAM
c. Indonesia harus melakukan reformasi
kultural pada bidang ekonomi
d. Menumbuhkan keterampilan penalaran calon pekerja mendatang
6. Salah
satu cara mendasar agar pembelajaran STEAM dapat diterapkan di sekolah adalah
melalui....
a. Keterlibatan pengusaha
b. Dukungan orang tua
c. Perencanaan pembangunan
d. Perencanaan pembelajaran
7. Berikut
ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip keaktifan,
yaitu ....
a. Peserta didik diperlihatkan contoh dan
non contoh
b. Peserta didik diminta berpikir secara induktif
c. Peserta didik disadarkan untuk
termotivasi
d. Peserta didik diberikan penghargaan dan
medali
8. Apa
suasana dan norma yang dominan berlaku dalam pembelajaran STEAM yang dilakukan
dengan model Problem Based Learningdan Project Based Learning....
a. individualistik
b. kompetitif
c. kolaboratif
d. formalistik
9. Berikut
ini merupakan contoh penerapan dari pembelajaran STEAM untuk anak SMA yang
tepat ....
a. Peserta didik diminta membedakan
perubahan waktu pada jam dinding dari kertas kardus
b. Peserta didik diminta membuat projek identifikasi bentuk geometri
melalui alam yang dikunjungi
c. Peserta didik diminta merangkai puzzle
dalam penentuan luas dan keliling benda di kelas
d. Peserta didik diminta membuat kebun
binantang dari plastisin guna membedakan habitat hewan air dan darat
10. Di
bawah ini yang merupakan salah satu tantangan pembelajaran STEAM yang perlu
diatasi yaitu: ....
a. standar pelajaran jelas tertulis di
kurikulum nasional Indonesia
b. beragamnya kompetensi abad 21 yang
perlu dicapai
c. bidang teknik dan teknologi lebih
disukai oleh perempuan
d. dianggap terlambat saat STEAM diterapkan di Sekolah Menengah Atas
KB-2 (PEMBELAJARAN BERBASIS
NEUROSAINS)
1. Neurosain
merupakan ilmu yang mempelajari sistem syaraf otak manusia dan seluruh
fungsinya (misalnya pikiran) dengan menggunakan pendekatan ....
a.
monodisiplin
b.
interdisiplin
c. multidisiplin
d.
crossdisiplin
2. Bagi
neurosain, pembelajaran dianggap berhasil mengoptimalkan potensi otak ketika
....
a.
seluruh neuron dalam otak dapat saling terhubung satu dengan lainnya
b.
sebuah axon pada suatu neuron terhubung dengan dendrit neuron lainnya
c.
neuron-neuron yang jarang digunakan menghilang dari syaraf otang
d. mampu menyalakan banyak
kelompok-kelompok neuron secara bersamasama.
3. Emosi
positif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Daerah
otak yang berfungsi sebagai pusat pengendalian emosi adalah ....
a.
batang otak
b. sistem limbik
c.
korteks
d.
Cerebellum
4. Semakin
tebal lapisan myelin menyelimuti axon akan semakin cepat axon memanggil kembali
informasi yang tersimpan di dalam memori.
Penebalan meylin pada akson akan terjadi ketika seseorang ....
a. sering menggunakan
informasi yang pernah dipelajari
b. mempelajari
banyak informasi dengan menyenangkan
c.
mempelajari informasi dengan daya konsentrasi yang tinggi
d.
mempelajari informasi dengan didukung nutrisi yang baik
5. Pembelajaran
akan optimal bagi otak dalam menyerap dan mengolah informasi, ketika guru
setiap 90 menit memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan
gerakan peregangan otot dan rilaksasi. Hal ini dikarenakan otak akan
mengalami....
a.
ketegangan syaraf otak ketika belajar cukup lama
b.
kekurangan oksigen jika belajar cukup lama
c. siklus bio-kognitif
perhatian yang naik turun
d.
tekanan berat jika belajar cukup lama
6. Salah
satu faktor yang menyebabkan seseorang
setelah berusia 30 tahun mengalami kesulitan dalam mengingat kembali informasi
yang pernah dipelajarinya, diantaranya yaitu ....
a.
perkembangan syaraf neuron terlalu banyak dan pembentukan koneksi mulai
krodit
b. perkembangan syaraf neuron
mulai menurun dan pembentukan koneksi mulai lambat
c.
syaraf sensori yang dimiliki mulai berkurang kepekaannya
d.
informasi yang masuk ke dalam register sensori terlalu banyak
7. Dari
sudut pandang Neurosains, stimulasi lingkungan yang kaya dengan rangsangan
belajar sangat penting terutama bagi anak usia dini dikarenakan stimulasi
lingkungan yang kaya akan ....
a. meningkatkan dan
menguatkan jumlah koneksi antar sel neuron
b.
meningkatkan dan memperlama semangat dan minat belajar anak
c.
membuat anak tidak cepat bosan dalam bermain dan belajar
d.
memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk berekplorasi
8. Memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan
relaksasi otak penting dilakukan pada proses pembelajaran berbasis neurosain,
dikarenakan ....
a.
saat otak tegang adalah kondisi yang tidak baik bagi otak untuk menghafalkan
materi pelajaran
b.
gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik
tetap sehat dan bugar
c.
gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik
tidak bosan mengikuti pembelajaran
d. kondisi relaks dan tenang
dapat mengoptimalkan otak mengolah dan merefleksikan materi yang
dipelajari
9. Menurut
Jensen (2008), pembelajaran berbasis neurosain dapat dilakukan beberapa tahap,
yaitu ....
a.
persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan integrasi fungsional.
b.
persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan perayaan kelas.
c. persiapan, akuisisi,
elaborasi, formasi memori, dan integrasi fungsional.
d.
persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan perayaan kelas.
10. Dalam
suatu pembelajaran diketahui sebagian besar peserta didik susah berkonsentrasi
mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga pada akhir pembelajaran mereka tidak
mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. Hal itu dapat terjadi karena
....
a.
peserta didik terlalu banyak memakan makanan
b. hemoglobin dalam darah
peserta didik rendah
c.
cahaya lampu dalam ruang kelas kurang terang
d.
peserta didik kurang banyak meminum air putih
KB-3
(PEMBELAJARAN DIGITAL)
1. Pembelajaran
yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama
proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ....
a.
distance educatio
b.
open learning
c. Pembelajaran Digital
d.
mobile learning
2. Salah
satu fungsi yang tercipta melalui
jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan
sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data
atau program aplikasi tertentu, adalah .....
a. fungsi caring
b. fungsi sharing
c. fungsi managing
d. fungsi organising
3. Salah
satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada kemampuan peserta didik, pengetahuan
sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni .....
a.
prinsip aksesibilitas
b.
prinsip penilaian
c.
prinsip partisipasi
d. prinsip personalisasi
4. Di
dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian
penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi
proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….
a.
aksesibilitas
b.
reward dan punishment
c. pemantauan dan umpan balik
berkelanjutan
d.
perangkat keras dan perangkat lunak
5. Salah
satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan
peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan
sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….
a. social engagement
b.
analisis progres
c.
mix approach
d.
media sosial
6. Di
dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses
berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil
kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….
a.
potensi pembelajaran
b.
potensi pendidikan
c. potensi akses informasi
d.
potensi alat komunikasi
7. Salah
satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi
mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas
pembelajarannya, disbeut juga dengan ….
a.
pembelajaran berbasis Cloud Computing
b.
pembelajaran berbasis permainan
c.
media sosial
d. mobile learning
8. Game-Based
Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur
melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi
konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….
a. lingkungan belajar formal
dan informal
b.
peserta didik lain secara virtual
c.
ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik
d.
perangkat keras dan perangkat lunak
9. Cloud
Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang
memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan,
server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….
a.
terpisah
b.
terhubung
c. bersama-sama
d.
langsung
10. Layanan
penyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan
software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau
perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….
a.
Microsoft
b.
Adobe Suite
c. Adobe Creative Cloud
d.
Google Drive
KB-4
(MODEL PEMBELAJARAN “BLENDED LEARNING)
1.
Model pembelajaran blended learning
merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional
(tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh …
a.
Stolovich & Keeps
b.
Maasaki Imai
c. Stake & Horn
d.
Clark & Mayer
2.
Model pembelajaran blended learning dapat
membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu
terkait dengan …
a. kedisiplinan
b. sumber belajar
c. strategi pembelajaran
d. tempat
3.
Pembelajaran yang menggunakan model
‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik
dalam memperoleh pengalaman belajar melalui …
a.
memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar
b. memperluas jangkauan
sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas
c. memfasilitasi peserta didik untuk dapat
berdiskusi secara online
d.
kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif.
4.
Berikut yang merupakan salah satu
karakteristik dari model blended learning adalah .... a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya
pembelajaran
b.
guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran
c.
siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran
d.
seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online
5.
Berikut yang merupakan model kelas dalam
blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model)
yaitu …
a. model kelas flipped (flipped classroom)
b. model kelas self-blend
c. model kelas flex
d. model kelas enriched-virtual
6.
Model kelas yang sering digunakan dalam
pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak
mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah …
a.
model self-blend
b. model kelas station
rotation
c. model kelas flex
d. model kelas flipped (flipped classroom)
7.
Karakteristik dari model kelas flipped
(flipped classroom) yaitu …
a.
siswa dapat mengambil kegiatan
pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang
telah dilakukan.
b.
siswa mendapatkan jadwal yang telah
disesuaikan dengan masing-masing individual untuk dapat belajar secara mandiri.
c.
siswa dapat berdiskusi langsung
dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran
d.
siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui
sistem secara online sebelum kelas dimulai.
8.
Pembelajaran yang menggunakan model
blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus
sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini
dikarenakan …
a.
model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan
pembelajaran
b.
model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat
dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran
c. model blended learning
memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui
aktifitas pembelajaran online.
d.
model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat
memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun.
9.
Komponen penting yang harus diperhatikan
dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended
learning, diantaranya adalah …
a. materi pembelajaran
b. standar capaian
c. karakteristik siswa
d. interaksi antar siswa
10.
Guru dapat mengevaluasi kegiatan
pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui …
a. hasil belajar siswa
selama sesi pembelajaran
b.
ketersediaan media berbasis teknologi
c.
presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran
d.
pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online
SOAL TAMBAHAN
1.
Salah satu tujuan pengintegrasian
pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....
a.
melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah
b.
melakukan perbandingan antar budaya superior
c.
memiliki kompetensi menjadi sales penjualan
d. memiliki kesiapan terjun
dalam dunia kerja mendatang
2.
Berikut ini merupakan contoh prinsip
pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....
a.
peserta didik diberikan latihan soal STEAM
b. peserta didik diminta
berpikir secara induktif
c.
peserta didik disadarkan untuk termotivasi
d.
peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh
3.
Berikut merupakan fase yang harusnya
terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam
problem based learning STEAM....
a.
orientasi peserta didik terhadap masalah
b. mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
c.
mengorganisasikan peserta didik
d.
memberikan motivasi kepada peserta didik
4.
Pembelajaran berbasis projek pada
pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....
a.
menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja
b.
melakukan kunjungan wisata secara bebas
c. meneliti keberhasilan
rancangan produk
d.
melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah
5.
Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan
waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi
ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling
cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....
a.
Bernyanyi bersama dengan keras.
b.
Berlari mengelilingi halaman sekolah.
c.
Bersantai sambil makan-makan.
d. Gerak pelenturan anggota
tubuh.
6.
Ketika suatu kegiatan pembelajaran
berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal
setiap pembelajaran telah berlangsung selama .... a. 80 menit
b.
90 menit
c. 100 menit
d.
110 menit
7.
Di bawah ini yang merupakan alasan utama,
bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi,
adalah ....
a. Belahan otak kanan dan
kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian.
b.
Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.
c.
Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat
monoton.
d.
Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola
kelas.
8.
Menurut prinsip pembelajaran berbasis
neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan
otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut
terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....
a.
Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak
gampang marah
b. Guru harus inspiratif,
berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi.
c.
Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan
materi pelajaran.
d.
Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta
didik ketawa.
9.
Berdasarkan uraian berikut, manakah yang
merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...
a.
Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat
menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.
b.
Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain.
Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan
ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya.
c. Peserta didik memulai
kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online.
Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan
menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.
d.
Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah
(cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran
online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.
10.
Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas
pembelajaran yang menggunakan model blended learning?
a.
Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat
pembelajaran berlangsung
b. Sebagai sarana
penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap
muka.
c.
Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat
pembelajaran di kelas.
d.
Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses
pembelajaran.
11.
Keuntungan apa yang ditawarkan oleh model
blended learning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran
online?
a. Dapat menerapkan
berbagai macam pilihan strategi pembelajaran sehingga kualitas belajar siswa
meningkat.
b.
Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tingkat kehadiran
dikelas menjadi lebih baik.
c.
Menyediakan beberapa pilihan model kelas yang dapat dipakai oleh guru dalam
menyusun kegiatan pembelajaram.
d.
Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sistem pembelajaran
online atau tatap muka.
12.
Bagaimana cara yang dapat digunakan guru
dalam mengevaluasi model blended learning saat kegiatan pembelajaran telah
berakhir?
a.
Melalui evaluasi yang diberikan oleh pihak eksternal seperti orangtua peserta
didik dna kepala sekolah.
b.
Melalui lembar pengamatan aktifitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
c.
Melalui data kehadiran peserta didik baik dalam sesi pembelajaran online maupun
pembelajaran tatap muka.
d. Melalui data hasil belajar,
penilaian kinerja, serta komentar dari peserta didik terhadap kegiatan
pembelajaran.
13.
Dengan semakin banyaknya situs komunikasi
dalam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat
komunikasi dan saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital
ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan
memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create)
informasi di internet. Potensi pemanfaatan pembelajaran digital tersebut,
termasuk dalam kategori ….
a. potensi akses informasi
b.
potensi alat komunikasi
c.
potensi pendidikan dan pembelajaran
d.
potensi pemanfaatan informasi
14.
Hasil analisis kondisi pembelajaran
menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim
rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa
terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang
menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya
menyukai tantangan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya
menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....
a.
Mobile learning
b. Games based learning
c.
Cloud computing
d.
Social media
e.
E-learning
MODUL 4
PERANCANGAN
PEMBELAJARAN INOVATIF
KB-1(MERANCANG
PEMBELAJARAN INOVATIF)
1.
Alasan
yang paling tepat mengapa guru harus merancang pembelajaran inovatif yaitu ...
a. Tuntutan tugas pokok guru dalam
kompetensi pedagogik
b. Tuntutan tugas pokok guru dalam
kompetensi profesional
c. Tuntutan karakter dan ketrampilan abad 21 bagi setiap
lulusan
d. Tuntutan pemerintah dan masyarakat bagi
guru dan lulusan
2.
Suatu
rancangan pembelajaran akan menentukan ...
a. Nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran
b. Kinerja guru dalam mengajar
c. Pemahaman siswa dalam mempelajari
materi
d. keberhasilan aktivitas pembelajaran
3.
1.
KI 2. KD 3 IPK 4. Tujuan Pembelajaran Dari 4 komponen RPP di atas, manakah yang
paling banyak diterapkan atau diintegrasikan dengan unsur-unsur pembelajaran
Abad 21?
a. 1, 2
b. 2, 3
c. 3, 4
d. 2, 4
4.
1.
Kompetensi Dasar 3. Tujuan
Pembelajaran 2. Indikator Pencapaian Kompetensi
4. Kegiatan Pembelajaran. Dari 4 komponen RPP tersebut, manakah yang
paling memungkinkan terbanyak diintegrasikan oleh unsur-unsur pembelajaran Abad
21?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
5.
Tujuan
pembelajaran dalam RPP berorientasi
HOTS, bila ...
a. menggunakan kata kerja operasional
kategori berpikir tingkat tinggi
b. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat
rendah
c. mengandung unsur ABCD dengan redaksi
yang jelas
d. mengandung unsur –unsur baru
6.
Contoh
rumusan tujuan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling tepat, yaitu ...
a. Setelah dijelaskan guru, siswa mampu
menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa.
b. Setelah
mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 6 kata tanya dengan
tepat
c. Setelah mengamati gambar
tumbuhan, siswa mampu melaksanakan observasi di lapangan
d. Siswa disajikan materi powerpoint
mengenai kerusakan hutan.
7.
Contoh
ilustrasi deskripsi kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling
tepat, ialah ...
a. Guru memberikan pertanyaan yang
berkaitan dengan materi sebelumnya
b. Siswa diberikan pertanyaan yang
berkaitan dengan materi sebelumnya
c. Siswa disajikan materi powerpoint yang
berkaitan dengan materi sebelumnya
d. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi
sebelumnya
8.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) berorientasi HOTS yang paling tepat, yaitu… a.
Siswa mampu menyebutkan macam-macam kata tanya
b. Siswa mampu menjelaskan tentang
macam-macam kata tanya
c. Siswa mampu menulis kata tanya
dengan bahasa yang benar
d. Siswa mampu menerapkan macam-macam kata
tanya
9.
Integrasi
nilai-nilai Nasionalisme-PPK dalam RPP dapat diintegrasikan pada komponen ….
a. SKI dan KD
b. KD dan IPK
c. IPK dan Tujuan Pembelajaran
d. Tujuan dan Aktivitas Pembelajaran
10.
Rumusan tujuan pembelajaran yang mengintegrasikan
ICT, yaitu…
a. Setelah mengamati tumbuhan di halaman,
siswa mampu menyebutkan bentuk dan fungsi bagian tumbuhan yang baik
b. Setelah mengamati amuba melalui
microscope, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri mikro organism dengan benar
c. Setelah membaca dan menggunakan HP,
siswa mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik
d. Setelah melihat tayangan video vulcanology di youtube, siswa
dapat menjelaskan salah satu gejala gunung meletus
KB-2 (MERANCANG PEMBELAJARAN
STEAM)
1.
Berikut
ini adalah pernyataan yang paling tepat terkait RPP berbasis STEAM, yaitu…
a. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya
diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan
dilaksanakan secara tertanam (embedded)
b. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya
diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan
dilaksanakan secara terpadu (integrated)
c. Unsur-unsur pendekatan
STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran
yang akan dilaksanakan baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu
(integrated).
d. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya
diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan
dilaksanakan secara tertanam (embedded) dan terpadu (integrated).
2.
Untuk
menyusun rancangan pembelajaran STEAM dengan tepat, Pa Yosep selaku guru Mata Pelajaran
IPA SMP di salah satu wilayah Kota Ambon sebaiknya menerapkan pendekatan STEAM
secara...
a. Tertanam
b. Terpadu
c. Tertanam dan Terpadu
d. Tidak Keduanya
3.
Rumusan
Tujuan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan STEAM dan memenuhi unsur
ABCD serta HOTS dengan tepat yaitu ...
a. Setelah melakukan eksperimen roket air
(C), siswa (A) dapat menjelaskan tentang tekanan udara (B) dengan satuan yang
benar
b. Setelah melakukan
eksperimen roket air (C), siswa (A) dapat menyimpulkan fungsi tekanan udara (B)
dalam bentuk animasi
c. Setelah kegiatan pemecahan masalah
tentang pencemaran udara (C), siswa (A) dapat menyebutkan gas polutan yang
menyebabkan pencemaran udara (B) paling sedikit 3 jenis gas (D).
d. Siswa dengan dibimbing guru (A) dapat
menyebutkan tentang gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara (B) secara baik dan benar (C) paling sedikit 3
jenis gas (D).
4.
Alasan
mengapa rumusan tujuan pembelajaran harus spesifik adalah ..
a. sulit untuk mengukur dan
mengamati apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau lebih kata kerja
operasional.
b. sulit untuk merumuskan tujuan
pembelajaran dengan dua atau lebih kata kerja operasional. terdapat satu kata
kerja operasional.
c. sulit untuk merumuskan tujuan
pembelajaran apabila dalam satu tujuan hanya terdapat satu kata kerja
operasional.
d. sulit untuk mengukur dan mengamati
apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau kata kerja operasional.
5.
Di
bawah ini yang contoh tujuan pembelajaran yang mengasah ketrampilan berpikir
tingkat tinggi (HOTS) adalah ...
a. Setelah melakukan kegiatan pencarian
informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor
penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor
b. Setelah melakukan kegiatan
pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menganalisis
faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor
c. Setelah melakukan kegiatan pencarian
informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat memahami faktor-faktor
penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor
d. Setelah melakukan kegiatan pencarian
informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor
penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor
6.
Dalam
mengeksplorasi materi pembelajaran dengan pendekatan STEAM perlu diperhatikan
komponen yang ada di dalam pendekatan STEAM tersebut. Contoh penerapan unsur
STEAM yang benar adalah
a. Penerapan technology diterapkan pada
saat peserta didik presensi dengan fingerprint.
b. Penerapan arts diterapkan pada saat
peserta didik mengikuti pelajaran seni di kelas.
c. Penerapan science diterapkan pada saat
peserta didik mengamati dan melakukan penelitian tentang fenomena alam maupun
sosial di sekitar.
d. Penerapan engineering
diterapkan pada saat siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
7.
Di
bawah ini yang merupakan contoh metode-metode pembelajaran yang paling sesuai
dengan pendekatan STEAM adalah ...
a. Presentasi, Latihan, Demonstrasi, dan
Resitasi
b. Latihan, Resitasi, Ceramah, dan
Simulasi
c. Diskusi, Presentasi, Resitasi, dan
Latihan
d. Diskusi, Eksperimen,
Demonstrasi, dan Simulasi
8.
Di
bawah ini yang termasuk dalam kegiatan pendahuluan adalah ...
a. Mengkomunikasikan temuan masalah
b. Menyampaikan bahan penarik
perhatian
c. Mengolah atau mengasosiasi informasi
d. Mengevaluasi pembelajaran
9.
Di
bawah ini yang termasuk dalam kegiatan penutup adalah ...
a. Mengkomunikasikan temuan masalah
b. Menyampaikan bahan penarik perhatian
c. Mengolah atau mengasosiasi informasi
d. Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
10.
Wujud
dari konsep rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM berupa…
a. Langkah-langkah pembelajaran
b. Rencana pelaksanaan
pembelajaran
c. Tujuan pembelajaran
d. Pendekatan pembelajaran
KB-3 (MERANCANG PEMBELAJARAN
BLENDED LEARNING)
1.
Rumusan
tujuan berikut yang menggambarkan adanya integrasi TIK dalam pembelajaran
adalah ....
a.
melalui diskusi kelompok, peserta didik akan dapat mendeskripsikan
ciri-ciri tumbuhan dikotil
b.
melalui kegiatan wawancara dengan petugas kelurahan, peserta didik akan
dapat menjelaskan struktur pemerintahan desa
c.
melalui pengamatan video animasi, peserta didik akan dapat menjelaskan
proses fotosintesis
d.
melalui pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar, peserta didik dapat
mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tak sempurna.
2.
Hal
pertama yang perlu dipikirkan ketika akan merancang pembelajaran “blended
learning” adalah ....
a.
memilih dan menentukan kegiatan pembelajaran
b.
memilih dan menentukan strategi pembelajaran
c.
menentukan model “blended learning” yang akan diterapkan
d.
memilih dan menentukan teknologi e-learning yang akan dipakai
3.
Dalam
menyusun rencana pembelajaran “blended learning”, komponen yang bisa langsung
dipindahkan dari RPP konvesional ke RPP “blended learning”, tanpa penyesuaian,
diantaranya yaitu ....
a.
tujuan pembelajaran
b. identitas RPP
c.
kegiatan pembelajaran
d.
media pembelajaran
4.
Berikut
ini merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan menentukan
model “blended learning” yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di
sekolah, kecuali ....
a.
tingkatan usia peserta didik
b. kondisi komputer dan jaringan internet sekolah
c.
aplikasi teknologi e-learning mendukung model yang dipilih
d.
prestasi dan hasil belajar
peserta didik
5.
Di
bawah ini yang merupakan rumusan tujuan pembelajaran yang mengandung unsur
berfikir tingkat tinggi, yaitu ....
a.
Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menjelaskan pola irama
lagu anak dengan tepat.
b.
Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menerapkan pola irama
lagu anak dengan tepat.
c.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsepkonsep
yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat.
d.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan konsepkonsep
yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat
6.
Berikut
ini yang merupakan kegiatan menyiapkan bahan/media/sumber belajar daring
(online), yaitu ....
a.
mengunggah bahan/sumber belajar pada aplikasi LMS.
b.
men-dowload bahan/sumber belajar yang dibutuhkan dari enternet.
c.
mengunggah bahan/sumber belajar pada melalui email.
d.
men-share bahan.sumber belajar untuk peserta didik pada medsos.
7.
Setiap
aplikasi teknologi e-learning tidak lepas dari keunggulan dan kelemahan
masing-masing. Di bawah ini yang merupakan kelemahan dari aplikasi LMS Moodle
adalah, kecuali ....
a.
memerlukan tenaga Ahli/Administrator untuk membangun dan mengelola
sistemnya
b.
Memerlukan biaya pengembangan dan pengelolaan sistem pembelajaran yang
relatif murah.
c.
memerlukan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang canggih
d.
memerlukan memori yang besar dan kecepatan akses koneksi jaringan
enternet
8.
Berikut
ini termasuk aplikasi e-learning berbasis Learning Management Sistem, kecuali
....
a.
Moodle
b.
Edmodo
c.
Schoology
d.
Zoom Cloud Meeting
9.
Di
bawah ini yang merupakan aplikasi teknologi e-learning berbasis teleconverence
adalah ....
a. Google Classroom
b. Cisco Webex
c. Edmodo
d. Moodle
10.
Aplikasi
teknologi e-learning berikut yang berbasis Learning System Managemen cukup
sederhana (tidak kompleks) adalah ....
a. Google Classroom
b. Cisco Webex
c. Edmodo
d. Moodle
KB-4 (MERANCANG
PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING)
1.
Berikut
merupakan pernyataan yang mengandung karakteristik pembelajran berbasis proyek
adalah…
a. Berpusat pada peserta didik, dipandu
oleh pertanyaan, dan berbasis masalah
b. Pembelajaran dikemas dalam proyek,
melatih tanggungjawab, dan selalu dalam kelompok
c. Keterlibatan penuh peserta didik,
dipandu pertanyaan menantang, dan adanya produk akhir
d. Berorientasi keterampilan abad 21,
mengembangkan keterampilan berpikir dan tidak selalu ada produk
e. Dipandu pertanyaan menantang,
mengembangkan belajar mandiri, dan cocok untuk jenjang tertentu
2.
Salah
satu implikasi diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, kecuali …
a. Guru perlu menyediakan waktu yang cukup
untuk memfasilitasi pembelajaran
b. Memerlukan durasi waktu yang cukup
panjang dalam pelaksanaannya
c. Memerlukan peralatan dan bahan yang
cukup banyak
d. Memberikan kebebasan peserta didik
untuk mengembangkan pertanyaan awal
e. Memberikan kebebasan peserta didik
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proyek
3.
Manakah
rumusan tujuan pembelajaran berikut yang menunjukkan adanya pengembangan
keterampilan tingkat tinggi (HOTS)?
a. Melalui tayangan video peserta didik
mampu mengurutkan langkah-langkah pertolongan pertama dengan benar
b. Melalui tayangan video peserta didik
mampu mendemontrasikan langkahlangkah pertolongan pertama dengan benar
c. Melalui tayangan video peserta didik
mampu memadukan langkah-langkah pertolongan pertama dengan tepat
d. Melalui tayangan video peserta didik
mampu memodifikasi langkah-langkah pertolongan pertama dengan benar
e. Melalui tayangan video peserta didik
mampu mendeskripsikan langkahlangkah pertolongan pertama dengan benar
4.
Bu
Wenny seorang guru tari ingin mengenalkan tarian baru kepada peserta didiknya.
Bu Wenny menginginkan peserta didiknya dapat memiliki kemampuan untuk memadukan
unsur-unsur gerak tari Bali dan Tari Jawa. Rumusan tujuan pembelajran yang
paling tepat adalah…
a. Melalui bacaan Tari Bali dan Jawa
peserta didik dapat mendemontrasikan kedua jenis tarian dengan baik
b. Melalui pembelajaran berbasis masalah
peserta didik dapat memadukan unsur-unsur gerak tari dengan lincah
c. Melalui contoh video peserta didik
dapat merangkum kedua unsur gerak tari dengan benar
d. Melalui demonstrasi oleh guru
peserta didik dapat memadukan unsur gerak kedua tarian menjadi gerakan yang
indah
e. Melalui penyajian contoh oleh guru
peserta didik dapat menganalisis unsurunsur gerak dalam Tari Jawa dan Tari Bali
dengan benar
5.
Fungsi
dari pertanyaan menantang dalam pembelajaran berbasis proyek adalah….
a. Sebagai bentuk pelaksanaan tes hasil
belajar kognitif
b. Sebagai panduan bagi peserta didik
dalam melaksanakan aktifitas
c. Sebagai sarana guru untuk mengukur
kemampuan awal peserta didik
d. Sebagai upaya untuk membangun motivasi
peserta didik
e. Sebagai pelaksanaan proses tanya
jawab
6.
Pak
Budi menyusun buku panduan dalam agar peserta didik dapat mengikuti
langkah-langkah dalam buku panduan. Suatu skenario pembelajaran diciptakan oleh
Pak Budi namun topic, bahan, dan caranya ditentukan oleh peserta didik. Apa
yang dilakukan Pak budi merupakan penerapan model pembelajaran berbasis proyek…
a. Proyek terstruktur
b. proyek tidak terstruktur
c. Proyek semi terstruktur
d. Proyek mandiri
e. Proyek terbuka
7.
Salah
satu ciri pembelajaran berbasis proyek adalah dihasilkannya suatu produk akhir.
Pernyataan berikut yang paling sesuai terkait produk dari pembelajaran berbasis
proyek adalah…
a. Produk harus harus benar-benar nyata
sehingga dapat dilihat secara fisik
b. Produk akhir harus mencapai target dan
kualitas sama untuk setiap kelompok
c. Produk dapat berwujud tangible
(nyata) maupun non tangible (tidak berbentuk fisik)
d. Produk merupakan tujuan akhir sehingga
bersifat bebas tanpa kriteria
e. Produk harus memiliki nilai jual yang
tinggi dan mudah dipasarkan
8.
Berikut
ini merupakan keunggulan pembelajaran berbasis proyek, kecuali adalah…
a. Meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah.
b. Membuat peserta didik menjadi lebih
aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks.
c. Meningkatkan kolaborasi.
d. Mendorong peserta didik untuk
mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi.
e. Memerlukan banyak peralatan dalam
proses menjalankan proyek.
9.
Pembelajaran
berbasis proyek yang sudah berjalan perlu dikembangkan strateginya agar menjadi
lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah …
a. Melaksanakan penilaian produk akhir
proyek peserta didik yang berhasil
b. Mengevaluasi pengalaman peserta
didik dan guru bersama-sama
c. Mengevaluasi jumlah peralatan dan biaya
yang dikeluarkan
d. Mengevaluasi kinerja guru dalam
memfasilitasi pembelajaran
e. Mengevaluasi jumlah peserta didik yang
gagal mencapai target
10.
Hal-hal
yang perlu dipertimbangkan dalam penilaian pembelajaran berbasis proyek
adalah….
a. Kompleksitas produk, kualitas produk
dan keaslian
b. Keaslian, relevansi dengan mata
pelajaran dan kemampuan pengelolaan
c. Kemampuan peserta didik, dukungan biaya
dan peralatan
d. Kompleksitas masalah, jumlah kelompok,
dan kinerja guru
e. Keunikan produk, kebaruan produk dan
keaslian produk
TES
TAMBAHAN
1.
Unsur
pembelajaran inovatif yang cakupannya paling luas untuk diterapkan atau
diintegrasikan dalam komponen RPP yaitu…
a. TPACK
b.
STEAM
c. Keterampilan Abad 21-C4
d. HOTS
2.
“Siswa
mengamati dan mengidentifikasi serta
menuliskan bagian dan fungsi dari tumbuhan”.
Manakah pernyataan yang paling tepat terkait dengan contoh kegiatan
pembelajaran tersebut?
a.
Menerapkan unsur TPACK karena mencakup kemampuan teknologi dalam pembelajarannya
b.
Menerapkan unsur STEAM karena mengandung unsur sains dan teknologi dalam
pembelajarannya
c. Menerapkan unsur HOTS karena mengandung kata kerja
berpikir tingkat tinggi
d.
Menerapkan unsur LOTS karena mengandung kata kerja berpikir tingkat rendah
3.
“Siswa
bersama-sama guru membuat kalimat tanya yang tepat berdasarkan teks dari media
power point”. Unsur pembelajaran
inovatif manakah yang paling dominan dari kalimat Kegiatan Pembelajaran
tersebut?
a.
TPACK
b.
STEAM
c. Keterampilan
Abad 21-C4
d.
HOTS
4.
Pendekatan
STEAM dalam rancangan pembelajaran inovatif dapat dimaknai sebagai ...
a. Sains dan teknologi yang ditasfirkan melalui teknik
dan seni berdasarkan unsur-unsur matematis.
b.
Seni dan Teknik yang ditasfirkan melalui sains dan teknologi berdasarkan
unsur-unsur matematis.
c.
Sains dan teknologi yang ditasfirkan melalui sains dan matematika berdasarkan
unsur-unsur teknis.
d.
Sains dan teknik yang ditasfirkan melalui sains dan matematika berdasarkan
unsur-unsur teknologi.
5.
Model-model
pembelajaran yang cocok diterapkan dalam menyusun rancangan pembelajaran
inovatif dengan pendekatan STEAM adalah ...
a.
Model Pembelajaran Campuran, Inkuri, dan TCL
b.
Model Pembelajaran Jarak Jauh. Discovery, dan TCL
c.
Model Pembelajaran dalam Jaringan, Campuran, dan TCL
d. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan, dan
Inkuiri
6.
Dalam
pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM, Kemampuan dalam mengidentifikasi
informasi ilmiah, merumuskan dan menganalisis masalah ada penjelasan dari unsur
....
a. Sains
b.
Teknologi
c.
Engineering
d.
Arts
7.
Suatu
rumusan tujuan pembelajaran berbunyi sebagai berikut: “Melalui diskusi dan kerja kelompok serta
tayangan youtube tentang kegiatan di sekitarnya, peserta didik dapat
menganalisis bentuk-bentuk kegiatan yang berkaitan dengan persatuan dan
kesatuan untuk membangun kerukunan dengan cermat dan kritis.” Pengembangan keterampilan abad 21 pada
rumusan tujuan tersebut ditunjukkan dengan kata ....
a. diskusi dan kerja kelompok
b. kerja kelompok
dan mengalisis dengan kritis
c. tayangan youtube dan menganalisis
d. kerja kelompok dan tayangan youtube
8.
Suatu
ketika Anda akan merancang pembelajaran “blended learning, dimana pembelajaran
daring (online) akan dilakukan melalui teleconference di waktu malam hari.
Berikut adalah aplikasi daring yang dapat digunakan melakukan daring ....
a. Zoom Cloud Meeting
b. Google
Classroom
c. Moodle
d. Edmodo
9.
Pembelajaran
Project Based Learning akan dengan mudah terlihat dalam RPP terutama pada
komponen …..
a. Kompetensi
Dasar
b. Indikator Pencapaian Kompetensi
c. Tujuan
Pembelajaran
d. Aktivitas Pembelajaran
10.
Pembelajaran
Project Based Learning akan terlihat dalam RPP pada komponen Tujuan
Pembelajaran untuk unsur ….
a. Audience
b. Behavior
c. Condition
d. Degree
0 Komentar