Sekolah :
SMK Negeri 2 Denpasar
Mata Pelajaran :
BAHASA DAERAH BALI
Kompetensi Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Kelas/Semester : X/I
Materi Pokok :
-Memahami struktur dan kaidah wacana lisan non sastra
berbentuk pidato dari berbagai media secara lisan maupun tulisan.
Mengabstraksi wacana lisan
non sastra pidato berbahasa Bali yang bertema sosial,lingkungan dan kebijakan
publik.
Alokasi Waktu :
6 X 45
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model
Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
Ø
Mampu beradaftasi dengan sistuasi belajar
online baik menggunkan absen online serta menggunakan bahasa Bali dalam proses
pemblajaran dering dengan baik sehingga mampu berkomunikasi dan bekerjasama
dengan baik.
Ø
Memahami pengertian pidarta, struktur pidarta, jenis jenis
pidarta,agem-ageman mapidarta, lan panureksaan rikala mapidarta.
Ø
Membuat teks pidarta baik pembukaan sampai penutup.
B.
LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke 1 ( 2 X 45 Menit = 90 Menit ) |
|
PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Orientasi |
Penguatan Pendidikan Karakter Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
Apersepsi |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan
bertanya, |
Motivasi |
Guru memperkenalkan diri dengan bahasa Bali,
selanjutnya diusahakan masing-masing
siswa bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama dan alamat)
menggunkan bahasa Bali, terakhir.Guru menyampaikan topik tentang “materi pidarta
bahasa Bali”. |
Pemberian Acuan |
Memberitahukan materi, kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
sedang berlangsung |
KEGIATAN INTI (60 Menit) |
|
Orientasi Peserta Didik Kepada
Masalah |
PERTEMUAN 1 TUJUAN I Pertemuan awal Pangenalan malalui pamahaman
bahasa Bali siswa satu persatu mengenalkan diri mengunakan bahasa Bali serta
pangenalan tentang materi pidarta bahasa Bali dengan mangunduh buku paket
dengan link yang sudah disediakan serta mencoba absen elektrik klik di bloger
bahasa Bali PERTEMUAN II TUJUAN II v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada materi “materi pidarta bahasa Bali”. melalui pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah
informasi, mengomunikasikan) Membaca
Guru meminta siswa membaca membaca materi
pidartaa dan memahaminya Mengamati
Guru menayangkan/memberi contoh teks pidarta v Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis
pidarta tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka dan menuliskan hasil
pengamatannya. PERTEMUAN III TUJUAN III v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada materi “wangun pidarta bahasa Bali”. Agar siswa mampu membuat sebuah teks
pidarta Bahasa Bali Membaca
Guru meminta siswa membaca membaca contoh teks
pidartaa dan memahaminya Mengamati
Guru menayangkan/memberi contoh teks pidarta v Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis
contoh video pidarta tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka
dan kemudian membuat sebuah teks pidarta Bahasa bali |
Mengorganisasikan Peserta Didik
|
Critical Thinking (Berpikir Kritis): v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun
tayangan/contoh yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar Misalnya :
Napi ke sane kawastanin pidarta?
Indayang carca pah-pahan sane ngawangun pidarta
sane jangkep! |
Membimbing Penyelidikan
Individu Dan Kelompok |
Collaboration (Kerja Sama): v Peserta didik diminta untuk
mempraktikan, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar
informasi mengenai “materi pidarta
bahasa Bali”.
Siswa diminta untuk membuat peta konsep (mind
mapping) mengenai struktur pidarta,dan ragam pidarta basa Bali serta contoh
pidarta. |
Mengembangkan Dan Menyajikan
Hasil Karya |
Communication (Komunikasi) v
Peserta didik menanggapi beberapa pertanyaan dari guru v
Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan dari materi dan contoh teks
pidarta |
Menganalisa & Mengevaluasi
Proses Pemecahan Masalah |
Creativity (Kreativitas) v
Guru dan Peserta didik menarik
sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan v
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum
dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa
berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta Didik |
v
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran
apa yang diperoleh setelah belajar tentang topik “
pidarta bahasa Bali”. v
Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang hal-hal penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v
Melakukan Penilaian v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/
evaluasi akhir di pertemuan berikutnya v
Menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tes Tertulis
: |
Indayang
telatarang ngeninin: pengertian pidarta,wangun pidarta,jenis-jenis
pidarta,agem-ageman mapidarta,panureksaan rikala mapidarta!
Tes Praktik : |
Siswa diminta untuk membuat sebuah teks pidarta bahasa Bali
dengan Tema bebas!
Mengetahui: Bali, 9 Juli 2020
Kepala SMK Negeri 2 Denpasar Guru Mata Pelajaran
Drs. I Dewa Bagus Ketut Wartawan I Made
Juliadi Supadi,S.Pd
NIP.19640616 198803 1 015 NIP. ...
0 Komentar