TERIMAKASIH SUDAH MANGUNJUNGI BLOG JULDWIPAESCMART, JULDWIPAESCMART TEMPAT BERBAGI MATERI BAHASA BALI SERTA BERBAGAI INFORMASI FOREX , MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN, KARYA ILMIAH,TIPS, APLIKASI SERTA PENGALAMAN HIDUP PENULIS.
1. Guru mengadakan penilaian dengan mengacu
pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup berbagai aspek kompetensi,
baik afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hal itu adalah prinsip penilaian...
A. Beracuan kriteria dan menyeluruh
B. Beracuan kriteria dan Sistematis
C. akuntabel dan menyeluruh
D. objektif dan menyeluruh
Jawaban: A
2. Penilaian yang tepat untuk mengukur
kemampuan siswa dalam membuat beragam jenis produk teknologi dan seni
adalah....
A. Penilaian sikap
B. Penilaian produk
C. Penilaian praktik
D. Penilaian proyek
Jawaban: B
3. Perhatikan teknik-teknik penilaian berikut!
(1) Observasi (2) Pertanyaan langsung (3) Laporan tertulis (4) Laporan diri (5)
Tes tertulis Teknik penilaian sikap yang tepat adalah.....
A. 1, 2, 3
B. 1 , 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 5
Jawaban: C
4. Ketika menyusun instrumen penilaian
tertulis, guru harus memperhatikan berbagai hal sebagai berikut, kecuali.....
A. Materi
B. Bahasa
C. Relevansi
D. Kaidah penulisan
Jawaban: C
5. Seorang orang tua peserta didik, yaitu Pak
Darto, mendatangi sekolah untuk klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak
sesuai harapan. Anak Pak Darto terkenal sebagai siswa cerdas sejak kecil,
tetapi nilainya kali ini justru rendah. Sambil marah, Darto mendatangi Dina
yang menjadi guru wali kelas anaknya. Lalu, Dina sebagai wali kelas
memperlihatkan semua data perolehan nilai dari siswa di kelasnya, termasuk anak
Darto. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri, barulah Pak Darto paham dan
meminta maaf pada Dina. Dengan demikian, guru yang bernama Dina itu telah
menerapkan prinsip penilaian......
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. Sistematis
D. Adil
Jawaban: B
6. Saat melakukan penilaian harian, guru
membagi kelas ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama mengerjakan soal nomor 1-
10, sedangkan kelompok kedua mengerjakan nomor soal 11-20. Praktik seperti ini
bertentangan dengan prinsip penilaian....
A. Adil
B. Obyektif
C. Terpadu
D. Terbuka
Jawaban: A
7. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan
literasi di sekolah adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian,
mingguan, bulanan, semester, kegiatan rutin membaca 15 menit sebelum
pembelajaran.
B. Menyediakan ruang baca untuk peserta didik,
pendidik dan tenaga kependidikan
C. Mendorong terbentuknya ruang baca outdoor
yang nyaman
D. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji
isu isu yang terkait kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
Jawaban: D
8. Perilaku peserta didik yang dapat diukur
untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan
penilaian mata pelajaran adalah.......
A. Kompetensi Inti
B. Standar kompetensi lulusan
C. Indikator
D. Standar Isi
Jawaban: C
9. Salah satu tahapan dalam siklus PTK
(Penilaian Tindakan Kelas) adalah menyusun langkah yang akan dilakukan untuk
mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi pada saat pembelajaran
dilaksanakan. Tahapan ini mencakup segala hal yang diperlukan pada pelaksanaan
PTK, mulai dari materi ajar, rencana pengajaran, metode atau teknik mengajar,
serta instrumen observasi. Tahapan ini adalah...
A. Planning
B. Actuating
C. Controling
D. Observing
Jawaban: A
10. Setiap guru akan menghadapi permasalahan di
kelas saat pembelajaran. Maka dari itu sudah seharusnya setiap guru mampu memecahkan
permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Salah satu cara paling tepat
yang bisa dilakukan guru dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran
adalah....
A. Meminta solusi dari kepala sekolah
B. Mendatangkan konsultan pendidikan
C. Melakukan classroom action research
D. Menemui orang tua siswa
Jawaban: C
11. Contoh perilaku guru yang berwibawa dan
adil dalam pembelajaran adalah......
A. Membuat tata tertib kelas bersama peserta
didik
B. Mengusir peserta didik yang ramai di kelas
C. Menyerahkan peserta didik yang membolos ke
guru BK
D. Memberi sanksi fisik yang tidak mencederai
peserta didik Jawaban: A
12. Cara membantu peserta didik SD yang suka
terhadap hal baru dan praktis adalah......
A. Mengemas materi pembelajaran ke dalam
topik-topik kecil
B. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C. Menambah bacaan untuk peserta didik
D. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
Jawaban: A
13. Berikut cara yang dapat dilakukan guru
untuk membangun hubungan yang baik dengan peserta didik dan orang tua peserta
didik. kecuali....
A. Memastikan semua peserta didik selalu bisa
mengerjakan PR
B. Menjalin komunikasi yang baik dengan peserta
didik dan orang tua peserta didik
C. Menghargai perbedaan dan keunikan setiap
peserta didik
D. Menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan
peserta didik dan orang tua peserta didik
Jawaban: A
14. Sebagai guru mata pelajaran, Anda
diharapkan mampu memberikan materi yang dapat dengan mudah dipahami peserta
didik. Di sekolah, Anda dinilai sebagai guru yang kompeten mengajar. Namun,
tahun ini, nilai peserta didik untuk mata pelajaran yang Anda ampu mengalami
kemerosotan. Apa langkah yang Anda lakukan sebagai guru?
A. mengevaluasi pokok pembahasan yang diberikan
kepada peserta didik apakah sesuai modul ajar atau belum.
B. meminta peserta didik yang memiliki nilai
tinggi untuk membantu temannya yang masih memiliki nilai rendah
C. menganggap hal tersebut bukan suatu masalah
karena Anda sudah mengajar sesuai dengan prosedur
D. mengusulkan jam tambahan kepada pihak
sekolah agar peserta didik dapat melakukan pendalaman materi.
Jawaban: A
15. Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh
peserta didik, banyak yang mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu
sering memberikan tugas. Meskipun demikian, banyak pula peserta didik yang
lebih memahami materi setelah mengerjakan tugas yang Anda berikan. Hal yang
sebaiknya Anda lakukan adalah....
A. memperbanyak tugas agar peserta didik lebih
memahami materi
B. memberikan tugas secara acak tanpa
memperhatikan kemampuan peserta didik
C. memberikan tugas hanya pada peserta didik
yang memiliki kemampuan tinggi
D. mengevaluasi kembali cara memberikan tugas
dan memperbaikinya agar lebih efektif
Jawaban:D
KOMPETENSI TEKNIS
1.
Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria
yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif
dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...
A. Beracuan kriteria
dan menyeluruh
B. Beracuan kriteria
dan Sistematis
C. akuntabel dan menyeluruh
D. objektif dan menyeluruh
Kunci Jawaban A
Menyeluruh berarti penilaian
mencakup semua aspek kompetensi Beracuan Kriteria artinya
penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
2.
Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan
bahwa dari 32 siswa kelas 7 ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau
mencapai KKM. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70.
dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan. Dari ilustrasi diatas
penilaian yang demikian disebut penilaian
a. Penilaian acuan Patokan
b. Penilaian acuan norma
c. Penilaian obyektif
d. Penilaian terpadu
e. Penilaian menyeluruh
Kunci Jawaban A
PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa
dengan menggunakan sejumlah patokan Didasarkan pada batas kelulusan (KKM)
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada
norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan
nilai-nilai siswa lain dalam kelompok
Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan
salah satu komponen kegiatan pembelajaran.
Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti
penilaian mencakup semua
asp ek kompetensi
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur
dan kriteria yang
jel as tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai
3.
Dalam memberikan nilai pada penilaian harian Pak Aan
Guru bahasa Jawa melakukan pengkategorian. Siswa yang skor tesnya dibawah 40
maka mendapat nilai 70, skor antara
40 sampai 50 mendapat nilai 80 dan skor diatas 50 maka diberikan nilai 90.
a. Penilaian acuan Patokan
b. Penilaian acuan norma
c. Penilaian obyektif
d. Penilaian terpadu
e. Penilaian menyeluruh
Kunci Jawaban B
PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan
sejumlah patokan Didasarkan pada batas kelulusan (KKM)
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan
mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan
dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok
Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen
kegiatan pembelajaran.
Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian
mencakup semua aspek kompetensi
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada
prosedur dan kriteria
yang jelas tan pa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai
4.
Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai
berikut kecuali....
A. Melakukan analisis
KI dan KD serta indikator
B.mendefinisikan
tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
C. menyusun kisi-kisi.
D. membuat atau menulis
soal
E. Membuat pedoman penskoran.
Kunci Jawaban A
Langkah langkah
menulis soal tes uraian
1.
mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan
lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
2.
menyusun kisi-kisi
3.
membuat atau menulis soal sekaligus dengan kunci jawaban.
4.
mengorganisasikan tes menurut tipe-tipe soal yang
dibuat.
5.
membuat petunjuk pengerjaan soal dan penskoran.
6.
mengadakan uji coba
7.
merevisi soal.
5.
Pernyataan yang betul untuk tes formatif adalah...
A. Nilai maksimum
adalah nilai jumlah adanya soal
B. Nilai minimum adalah
sejumlah adanya soal
C. nilai maksimum butir
soal benar adalah 1
D. Nilai minimum butir
soal benar adalah 1
Kunci Jawaban C
Tes formatif dimaksudkan untuk memantau sampai sejauh mana peserta
mencapai kemajuan belajar. Kemajuan belajar dinilai dari perkembangkan siswa
menguasai setiap indikator kompetensi. Indikator butir soal yang benar kita
nilai 1 yang belum benar kita nilai 0. Maka nanti akan terlihat kompetensi yang
belum tercapai.
6.
Perhatikan tabel dibawah ini.
KD |
Praktik |
Produk |
Proyek |
Portofolio |
Nilai |
|
|
|
|
|
akhir |
||||
4.1 |
87 |
|
|
|
|
|
|
|
P |
4.2 |
66 |
75 |
|
|
|
|
|
|
Q |
4.3 |
|
|
|
|
92 |
|
|
|
R |
4.4 |
|
|
75 |
|
82 |
|
|
|
S |
Nilai
P, Q, R, S berturut turut adalah....
a. 87;70;92;79
b. 87;75;92;79
c. 87;75;92;82
d. 88;66;92;75
Kunci Jawaban B
KD 4.1 karena
hanya 1 jenis penilaian maka P = 87
KD
4.2 ada 2 penilaian tapi dalam satu jenis penilaian yaitu praktik maka pilih
yang paling baik. Jadi Q = 75
KD 4.3 hanya ada
satu penilaian maka R = 92
KD 4.4 memiliki 2 jenis penilaian yang berbeda maka hasil akhir
penilaian adalah rata rata dari 75 dan 82 yaitu 8
7.
Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan
pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali....
a. Menetapkan Standar
ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta
didik
b. Menetapkan kriteria
kenaikan kelas
c. Menetapkan kriteria
kelulusan peserta didik
d. Melakukan penilaian
akhir dan ujian sekolah
e.
Menjadi panitia pelaksana ujian
nasional tingkat satuan pendidikan Kunci
Jawaban E
Panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan
pendidikan ditetapkan oleh dinas pendidikan.
8.
Karakteristik silabus pada implementasi
penyempurnaan kurikulum 2013 adalah...
a.
Berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah
pendidik dalam menyusun Rencana pembelajaran
b.
Hanya menyajikan 3 aspek yakni kompetensi dasar,
materi pokok dan kegiatan pembelajaran
c.
Fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan situasi
dan kondisi pembelajaran
d. Disajikan sederhana
sehingga mudah
e.
Kurang detail sehingga kurang
memberikan peluang kreativitas guru Kunci
Jawaban A
9.
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran
tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan
secara virtual atau jarak jauh dengan
prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini
berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan
kapanpun siswa berada. Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran...
a.
Blended learning
b.
E learning
c.
Learning by doing
d.
Self learning
e.
Effisien learning Kunci Jawaban B
Elearning
adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring berbasis web atau sejenisnya.
Blended
learning adalah pembelajaran yang merupakan kombinasi antara pembelajaran dalam
jaringan dan luar jaringan.
10.
Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran
mempersiapkan perangkat pembelajaran . setelah menyusun indikator pembelajaran
lalu menyusun tujuan pembelajaran.
Hal ini termuat dalam....
a.
Silabus pembelajaran
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
c. Rencana penilaian pembelajaran
d. Analisis KI dan KD
e.
Program semester Kunci Jawaban B
Indikator dan tujuan pembelajaran adalah komponen dari rencana
pelaksanaan pembelajaran. Pada silabus tidak terdapat indikator dan tujuan
pembelajaran.
11.
Silabus dan RPP adalah pedoman bagi guru dalam
melaksankan pembelajaran yang berupa rencana pembelajaran. Perbedaan antara
silabus dan RPP(rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah ....
a.
Silabus berisi kompetensi dasar dan RPP berisi
kegiatan belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar
b.
Silabus berasal dari pengembangan standar isi dan
standar kompetensi lulusan dan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c. RPP dibuat oleh
setiap guru dan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dibuat oleh guru
sedangkan silabus dibuat oleh satuan pendidikan
e.
Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran
sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar.
Kunci Jawaban A
Silabus
berisi kompetensi dasar dan RPP berisi kegiatan belajar yang diarahkan untuk
mencapai kompetensi dasar
KI
dan KD dikembangkan dari standar kompetensi lulusan. Silabus dikembangkan dari
KI dan KD sementara RPP mengembangkan KD kedalam indikator pencapaian kompetensi
dasar dan tujuan pembelajaran. RPP disusun oleh masing masing guru sedangkan
silabus dikembangkan oleh kemendikbud.
12.
Dari hasil penilaian guru diperoleh beberapa siswa
mencapai kriteria ketuntasan belajar dan ada juga yang belum mencapai kriteria
ketuntasan belajar. Dari hasil oleh nilai tersebut dapat dijadikan sebagai
bahan guru untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran. Yang merupakan
pemanfaatan hasil penilaian guru adalah............................................................................. kecuali
a.
Memperbaiki program
pembelajaran
b. Menyelenggarakan
program pembelajaran bagi siswa yang hasilnya
rendah
c. Menyelenggarakan
pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi.
d. Mengadministrasikan
hasil penilaian
e.
Menyusun laporan hasil penilaian Kunci Jawaban
Tujuan
dari analisis hasil penilaian adalah
1.
Memperbaiki program
pembelajaran
2.
Menyelenggarakan program pembelajaran bagi siswa
yang hasilnya rendah
3.
Menyelenggarakan pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi.
4.
Menyusun laporan hasil penilaian
13.
Pada sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
tertulis contoh rumusan indikator kompetensi “menjelaskan kondisi operasi
sistem dan komponen perangkat keras”, jika pendidik ingin menyusun menjadi
tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat
adalah....
a.
Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui
praktik, siswa dapat mejelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat
keras berupa komponen input, komponen proses dan komponen output.
b.
Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali
informasi melalui diskusi , siswa dapat mejelaskan kondisi operasi sistem dan
komponen perangkat keras secara benar.
c.
Siswa dapat menjelaskan operasi sistem dan komponen
perangkat keras meliputi komponen input, proses dan output secara benar
d.
Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen
perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
e.
Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali
informasi melalui diskusi materi kondisi operasi sistem dan perangkat keras dan
komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan
Kunci Jawaban B
Tujuan pembelajaran meliputi komponen A (audience) dalam
hal ini siswa
B
(behavior) dalam hal ini perilaku peserta didik yang diukur misalkan
menjelaskan kondisi operasi sistem dan perangkat keras
C(Condition)
dalam hal ini kondisi yang diperlukan agar perilaku yang diukur dapat tercapai
misalkan setelah melaksanakan pembelajaran melalui...
D(degree)
adalah tingkatan perilaku misalkan dengan benar, dengan teliti, dengan tepat,
dengan akurat dll
14.
Guru setelah pembelajaran langsung memberikan
penilaian praktik terhadap siswa dan mengumumkan hasilnya untuk siswa.
Bagaimana pendapat anda tentang hal ini...
a.
Bagus karena guru tersebut telah menerapkan prinsip transparan
b.
Bagus karena guru dapat mengetahui mana siswa yang
sudah bisa dan mana siswa yang belum bisa
c.
Kurang setuju karena seharusnya penilaian yang
dipakai adalah proyek atau produk
d.
Kurang setuju Seharusnya sebelum menilai guru
membuat rubrik penilaian dulu agar
hasilnya dapat terukur sesuai kriteria
e.
Mengumumkan hasil penilaian di depan kelas
menyebabkan siswa yang lemah kemampuannya akan merasa malu
Kunci jawaban D
Dalam
menilai praktik langkah utamnya adalah membuat rubrik penilaian yang berisi
serangkaian kegiatan yang akan diamati sejak awal sampai akhir.
15.
Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada
Kompentensi dasar Bu Dina selalu memperhatikan
aspek aspek dibawah ini kecuali....
a.
Jumlah minggu efektif
b.
Jumlah dan keluasan
KD
c.
Kedalaman dan tingkat kesulitan KD
d.
Tingkat kepentingan
KD
e.
Jangka waktu penggunaan media. Kunci Jawaban E
Hal
hal yang perlu diperhatikan pada saat menentukan alokasi waktu KD adalah
1.
Jumlah minggu efektif
2. Jumlah dan keluasan KD
3. Kedalaman dan
tingkat kesulitan KD
4. Tingkat
kepentingan/urgensi KD
16.
Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan....
a. Program tahunan
b. Program semester
c. Analisis minggu efektif
d.
Kedalaman materi
e.
SKL dan Standar Isi Kunci Jawaban C
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar di silabus didasarkan pada jumlah minggu
efektif dan alokasi waktu mata
pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan,
kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar
17.
Jika pada silabus terdapat diksi “ memecahkan
masalah sampah” hal itu terdapat pada komponen....
a.
Materi pembelajaran
b. Kegiatan pembelajaran
c. Kompetensi Dasar
d. Indikator pencapaian kompetensi
e.
Penilaian Kunci Jawaban C
Materi
tidak memimili kata kerja operasional(KKO)
Kegiatan pembelajaran meliputi langkah pendahuluan , Isi ,
penutup Kompetensi dasar memiliki KKO
Indikator
pencapaian kompetensi (IPK) bukan merupakan komponen Silabus
18.
Kumpulan tugas siswa yang akan dijadikan bahan untuk
menyusun laporan hasil belajar kepada
orang tua di sebut penilaian...
a.
Jurnal
b.
Portofolio
c.
Raport
d.
Produk
e.
Kinerja Kunci Jawaban B
Jurnal
= catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil
pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
Portofolio=
kumpulan tugas,
karya, yang dihasilkan peserta didik sebagai
bahan penilaian
Produk
= jenis penilaian keterampilan dalam menghasilkan produk
Kinerja = penilaian yang mengakomodasi kompetensi proses
dan produk hasil Raport = 𝑙𝑎𝑝𝑜𝑟𝑎𝑛
𝑎𝑘ℎ𝑖𝑟 ℎ𝑎𝑠𝑖𝑙 𝑏𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟
𝑡𝑖𝑎𝑝 𝑠𝑒𝑚𝑒𝑠𝑡𝑒𝑟
19. Perhatikan teknik
teknik penilaian berikut!
1. Observasi
2. Pertanyaan langsung
3. Laporan tertulis
4. Laporan diri
5. Tes tertulis
Teknik penilaian sikap yang tepat adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1 , 3, 5
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 5
e. 1, 4, 5
Kunci Jawaban C
𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘
𝑝𝑒𝑛𝑖𝑙𝑎𝑖𝑎𝑛
𝑠𝑖𝑘𝑎𝑝
1.
Observasi (pengamatan)
2.
Penilaian diri
3.
Penilaian antar teman
4.
Jurnal
5.
Pertanyaan langsung (interview)
20.
Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa
dalam membuat produk produk teknologi dan seni seperti makanan , pakaian, hasil
karya seni (patung, lukisan, gambar) adalah....
a. Penilaian sikap
b. Penilaian produk
c. Penilaian praktik
d. Penilaian proyek
e.
Penilaian portofolio Kunci Jawaban B
P. Produk : membuat produk
P. Kinerja menunjukkan kinerja/ melakukan serangkaian kegiatan
P proyek : Tugas berupa suatu investigasi sejak dari
perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data
Portofolio
: kumpulan tugas, karya, yang
dihasilkan peserta didik
21.
Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis harus
memperhatikan hal hal sebagai
berikut kecuali...
a. Materi
b. Bahasa
c. Relevansi
d. Kaidah penulisan
e.
Konstruksi Kunci Jawaban C
Relevansi
adalah kaidah dalam menyusun instrumen penilaian proyek
22.
Dalam melakukan penilaian harian guru membagi kelas
kedalam 2 kelompok, kelompok pertama mengerjakan no 1- 10 sedangkan kelompok
kedua mengerjakan nomor soal 11-20.
Hal ini bertentangan dengan prinsip penilaian....
a.
Adil
b.
Obyektif
c.
Terpadu
d.
Terbuka
e.
Sistematis Kunci jawaban A
𝐴𝑑𝑖𝑙 =
𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘
𝑚𝑒𝑚𝑖ℎ𝑎𝑘 (𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑢𝑛𝑡𝑢𝑛𝑔𝑘𝑎𝑛
𝑎𝑡𝑎𝑢 𝑚𝑒𝑟𝑢𝑔𝑖𝑘𝑎𝑛
𝑃𝑒𝑠𝑒𝑟𝑡𝑎 𝐷𝑖𝑑𝑖𝑘
𝑙𝑎𝑖𝑛
𝑂𝑏𝑦𝑒𝑘𝑡𝑖𝑓 = 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑑𝑖𝑝𝑒𝑛𝑔𝑎𝑟𝑢ℎ𝑖 𝑠𝑢𝑏𝑗𝑒𝑘𝑡𝑖𝑣𝑖𝑡𝑎𝑠 𝑝𝑒𝑛𝑖𝑙𝑎𝑖
Terpadu artinya penilaian adalah 𝑏𝑎𝑔𝑖𝑎𝑛
𝑑𝑎𝑟𝑖
𝑝𝑒𝑚𝑏𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 Terbuka artinya 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑑𝑖𝑘𝑒𝑡𝑎ℎ𝑢𝑖
𝑝𝑖ℎ𝑎𝑘 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑒𝑝𝑒𝑛𝑡𝑖𝑛𝑔𝑎𝑛
Sistematis artinya 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎ℎ
𝑙𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎ℎ 𝑝𝑟𝑜𝑠𝑒𝑑𝑢𝑟
𝑏𝑎𝑘𝑢
23.
Pak Slamet adalah guru IPA yang berasal dari Jawa.
Beliau di tugaskan dikalimantan. Dia selalu memberikan tambahan nilai untuk
Siti karena siti juga berasal dari Jawa. Hal ini bertentangan dengan prinsip
penilaian ....
a.
Edukatif
b.
Akuntabel
c.
Sistematis
d.
Obyektif
e.
Adil
24.
Salah satu orang tua peserta didik yaitu Pak Dadang
mendatangi sekolah untuk melakukan klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak
sesuai harapan. Pasalnya anak dari Pak dadang terkenal sebagai anak yang cerdas
sejak kecil namun nilai yang diperoleh tidak baik. Sambil marah marah Pak
dadang mendatangi bu lina sebagai wali kelasnya. Kemudian bu lina sebagai wali
kelas menunjukan semua data perolehan nilai dari siswa tersebut. Dan setelah
melihat dengan mata kepala sendiri baru pak dadang memahami dan meminta maaf
kepada Bu Lina. Dengan demikian bu Lina telah menerapkan prinsip penilaian...
a. Terbuka
b.
Akuntabel
c.
Sistematis
d.
Adil
e.
Obyektif Kunci Jawaban B
Akuntabel
artinya 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡
𝑑𝑖𝑝𝑒𝑟𝑡𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢𝑛𝑔𝑗𝑎𝑤𝑎𝑏𝑘𝑎𝑛
ℎ𝑎𝑠𝑖𝑙𝑛𝑦𝑎
25.
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi
di sekolah adalah sebagai berikut kecuali....
a.
Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan,
bulanan, semester, kegiatan rutin membaca 15 menit sebelum pembelajaran
b. Menyediakan ruang
baca untuk peserta didik, pendidik dan tenaga
kependidikan
c. Mendorong
terbentuknya ruang baca outdoor yang nyaman
d.
Melakukan pengawasan dan mewajibkan peserta didik
membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu.
e.
Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu isu
yang terkait kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
Kunci jawaban E
Melakukan
analisis kebutuhan dan mengkaji isu isu yang terkait kemampuan literasi
pendidik dan peserta didik adalah tugas pemerintah dalam hal ini kemendikbud.
26.
Perilaku yang dapat diukur untuk menujukan
ketercapain kompetensi dasartertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran adalah...
a.
Kompetensi Inti
b.
Standar kompetensi
lulusan
c.
Indikator
d.
Standar Isi
e.
Standar Proses Kunci Jawaban C
Menurut Standar Proses
pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun
2007, indikator pencapaian kompetensi adalah
perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan
ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran
27.
Setiap guru pasti akan menghadapi permasalah di
kelas saat pembelajaran. Maka dari itu sudah seharusnya setiap guru mempu
memecahkan permasalah pembelajaran yang terjadi dikelas Salah satu cara paling
tepat yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi permasalah pembelajaran yang
terjadi adalah ....
a. Meminta solusi dari
kepala sekolah
b. Mendatangkan
konsultan pendidikan
c. Melakukan classroom
action research
d. Menemui orang tua siswa
e.
Berkonsultasi dengan dinas pendidikan Kunci Jawaban C
Untuk
Mengatasi permasalah di dalam kelas atau pembelajaran maka solusi yang harus
dilakukan adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas atau classroom
action research.
28.
Salah satu tahapan dalam siklum PTK adalah menyusun
langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalah yang di hadapi pada
pembelajaran. Hal tersebut mencakup segala hal yang diperlukan pada pelaksanaan
PTK. Mulai dari materi ajar, rencana pengajaran, metode atau teknik mengajar,
serta instrumen observasi. Tahapan
ini adalah...
a.
Planning
b. Actuating
c. Controling
d. Reflekting
e. Observing
Kunci
Jawaban A
Tahap
perencanaan meliputi Identifikasi masalah, analisis masalah, perumusan masalah,
dan formulasi tindakan dalam bentuk hipotesis tindakan
29.
Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran
mempersiapkan perangkat pembelajaran. Setelah menyusun indikator pembelajaran
untuk KD tertentu. Selanjutnya menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam....
a. Silabus
b. RPP
c. Program tahunan
d. Standar Kompetensi lulusan
e.
Program semester Kunci Jawaban B
Tujuan
pembelajaran adalah langkah langkah dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran. Indikator dan tujuan pembelajaran adalah komponen khusus RPP
30. Perhatikan langkah
langkah dibawah ini
1. Indikator di
turunkan dari kompetensi dasar
2. Menggunakan kata kerja
operasional
3.
Menggunakan kalimat bahasa yang jelas, dan dapat
dipahami serta tak bermakna ganda
4. Mampu mengembangkan
lebih dari tingkatan C4 atau analisis
5. Masing masing
indikator harus mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik
Yang
merupakan ketentuan dalam menyusun indikator pencapaian kompetensi adalah
kecuali...
a. 1,2
b. 2,3
c. 3,4
d. 4,5
e. 1,5
Kunci Jawaban D
Ketentuan dalam menyusun indikator pencapaian kompetensi adalah
1.
Indikator dirumuskan dari KD.
2.
Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
3.
Indikator dirumuskan dalam kalimat yang simpel,
jelas dan mudah dipahami.
4.
Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5.
Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6.
Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi
dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.
31. Perhatikan Tabel berikut
No |
Mata Pelajaran |
Semester I |
Semester 2 |
||
Pengetahuan |
Keterampilan |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
Kelompok A |
|
||||
1 |
PAI |
80 |
75 |
82 |
75 |
2 |
PKn |
70 |
80 |
72 |
80 |
3 |
B. Indonesia |
72 |
82 |
72 |
82 |
4 |
Matematika Wjb |
65 |
70 |
68 |
70 |
5 |
Sej. Indonesia |
68 |
75 |
80 |
75 |
Kelompok B (Umum) |
|||||
6 |
seni |
85 |
85 |
85 |
85 |
7 |
PJOK |
85 |
80 |
85 |
80 |
8 |
PKWU |
80 |
80 |
80 |
80 |
|
|
|
|
|
|
9 |
Matematika Pem |
65 |
60 |
68 |
80 |
10 |
Fisika |
68 |
70 |
73 |
70 |
11 |
Kimia |
70 |
68 |
70 |
80 |
12 |
Biologi |
72 |
80 |
72 |
80 |
13 |
Geografi |
70 |
83 |
70 |
83 |
Tabel
diatas adalah nilai Doni. Nilai sikap Doni B. Jika kriteria ketuntasan belajar
minimal 70. Maka kesimpulan yang diperoleh adalah...
a.
Doni tidak naik kelas karena nilai dibawah kriteria
ketuntasan belajar lebih dari 3 meskipun sikap doni baik
b.
Doni tidak naik kelas karena ada nilai pada mata
pelajaran kelompok A yang dibawah
kriteria ketuntasan belajar meskipun sikap doni baik
c.
Doni tetap naik kelas karena rata rata semua nilai
mata pelajaran di atas kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan, dan
juga doni memiliki sikap baik
d.
Doni tetap naik kelas karena nilai rata rata masing
masing mata pelajaran pada semester 1 dan semester 2 baik pengetahuan dan
keterampilan tidak lebih dari 3 mata
pelajaran yang di bawah kriteria ketuntasan belajar dan sikap doni baik
e.
Doni tetap naik kelas karena kurikulum 2013
memungkinkan guru dalam melakukan
perbaikan pembelajaran.
Kunci Jawaban D
32.
Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak
mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda
nilai sebagai yang paling penting?
a.
Pengembangan wawasan melalui belajar
b.
Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak
bagi pekerjaan
c.
Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di
tempat kerja
d. Peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasi studi lanjut
e.
Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat
untuk diri dan orang lain
Kunci Jawaban D
Kompetensi Kepribadian
4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
33.
Pada sekolah tempat Anda bekerja Anda sering
berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan guru Anda
menjadi topik perbincangan antara guru – guru Lain di sekolah tersebut karena
guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
siswa. Menyikapi hal tersebut apa yang akan anda lakukan pada rekan Anda?
a.
Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing – masing
b.
Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum
agartidak terjadi kesalah pahaman
c.
Menyampaikan secara langsung tanpa basa – basi
d.
Menyampaikan dengan baik – baik dengan guru – guru
lainnya
e.
Membicarakan permasalahan ini secara baik – baik
saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai
Kunci
Jawaban E Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
34.
Siswa – siswi peserta olimpiade sains nasional (OSN)
dari sekolah Anda gagal meraih skor
tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?
a.
Saya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan
latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya
b.
Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok
belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat
c.
Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta
tentang cara menjawab soal OSN
d.
Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan
pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
e.
Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih
memotivasi anak mereka agar lebih giat belajar dalam persiapan OSN
Kunci Jawaban A
K. Kepribadian
4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
35.
Tetangga Anda memiliki anak yang menyandang penyakit
genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika
menginjak usia SMP anak itu mulai
tidak
percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak
naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan
guru dari anak tersebut, apa yang Anda lakukan?
a. Menasehati
orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi
b. Menasehati
orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homescholing
c. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya
diri dan mau sekolah lagi untuk masa depannya
d.
Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya
mengajak anak tersebut sekolah lagi
e. Menyarankan kepala
sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya
bully
Kunci Jawaban C
K. Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
36.
Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memilih
pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling
menggambarkan reaksi Anda adalah...
a.
Keluar dari kelompok karena saya tidak bisa menerima
keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
b.
Tetap bergabung dengan kelompok namun diam – diam
mengaharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
c.
Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti
semua kegiatan dengan sepenuh hati
d.
Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap
bersikap kritis terhadap keputusan
yang telah diambil
e.
Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan
melakukan introspeksi bila ada pandangan
pribadi yang keliru
Kunci
Jawaban E Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
37.
Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru
dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?
a.
Membahas bersama pihak internal sekolah dan seger
menemukan solusinya
b.
Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan
pihak – pihak yang berkepentingan
c.
Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila
disertai pemberian nasihat
d.
Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak –
pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan
e.
Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara
alamiah agar tidak memalukan sekolah
Kunci Jawaban A Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
38. Dalam diskusi
kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang...
a.
Sulit menerima pendapat orang itu yang kurang logis
b.
Mengikuti semua pendapat orang lain agar tidak
terjadi konflik
c.
Membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum
menerima pendapat orang lain
d.
Dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak
terlalu bertentangan dengan pendapat saya
e.
Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
Kunci Jawaban E
K. Kepribadian
3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
39.
Pada acara tiraktan untuk memperingati hari
kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika
Anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut,
maka Anda akan memilih tema apa?
a.
“menengok sejarah perjuangan oahlawan kemerdekaan”
dengan alasan untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para
pahlawan kemerdekaan
b.
“tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan alasan
persoalan bangsa Indonesia (terutama budaya korupsi) lebih banyak disebabkan
karena lemahnya penegakkan hukum
c. “kesadaran hukum dalam mangisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki kesadaran untuk
menegakkan hukum dalalm mengisi kemerdekaan
d.
“peran orang tua dalam menataati hukum” dengan
alasan taat hukum adalah bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga
e.
“warga taat hukum masyarakat damai” dengan alasan
agar warga selalu taat hukum sehingga kedamaian masyarakat tetap terjaga
Kunci Jawaban C Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
40.
Terdapat lima kriteria penialian teman sejawat yaitu
kejujuaran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar
penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah...
a.
Setiap aspek dinillai dulu untuk semua teman,
misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan
dan seterusnya
b.
Merangking aspek kejujuran dari rangking pertama
sampai terakhit untuk semua teman kemudian dilanjutkan merangking aspek
kehidupan dan seterusnya
c.
Menilai satu persatu teman sejawat dengan lima
kriteria (kejujuran, kedisiplinan.
Integritas, tanggung jawab, penampilan) sekaligus
d.
Mendiskusikan dengan teman laini agar hasil
penilaian tidak terdensius dan dapat dipertanggungjawabkan
e.
Perlu mempetimbangkan senioritasmeskipun lima
kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
Kunci Jawaban C
KOMPETENSI MANAJERIAL
1.
Di kantor anda, anda menemukan beberapa inventaris
kantor yang rusak dan hanya anda yang mengetahuinya. Bagaimana sikap anda?
a. Saya diam saja,
karena saya bisa dituduh sebagai pelaku kalau
melapor
b. Saya akan
memberitahu rekan saya
c. Saya selidiki siapa
yang melakukan pengerusakan itu
d. Melapor ke bagian
perlengkapan agar ditindaklanjuti
e. Karena saya sedang
sibuk, nanti saja dipikirkan
Kunci Jawaban D INTEGRITAS
LEVEL 2
Mampu mengingatkan, mengajak rekan kerja untuk bertindak sesuai nilai,
norma, dan etika organisasi
2.
Demi kelancaran acara esok hari, divisi saya diminta
kerja lembur, padahal saya sudah
berjanji untuk mengantar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukan adalah....
A. Pulang dan
teman-teman tidak mengetahuinya
B. Pulang lebih cepat
dengan pura-pura sakit
C. Mencoba menghubungi
ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlambat
D. Lembur sampai
pekerjaan selesai
E. Meminta izin kepada
atasan untuk Mengantar ibu saya sebentar lalu kembali kerja
Kunci Jawaban E
INTEGRITAS dan KERJASAMA
Integeritas
Level
1 Mampu bertindak sesuai nilai, norma, etika organisasi dalam kapasitas pribadi
Kerjasama
Level 1 Berpartisipasi dalam kelompok kerja
3.
Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan sedangkan
hal tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, yang akan anda lakukan adalah
a. Menanggapi
pertanyaan dari siapapun tentang isu isu tersebut
b. Saya akan berusaha
menemukan penyebar isu itu dan membuat perhitungan dengannya
c. Saya akan
membiarkannya saja karena nanti juga akan hilang dengan sendirinya
d. Berusaha menjelaskan
keadaaan yang sebenarnya
e. Meminta pertimbangan
teman dekat saya
Kunci Jawaban D Komunikasi LEVEL
3
Berkomunikasi secara asertif, terampil, berkomunikasi lisan/ tertulis
untuk, menyampaikan informasi yang sensitif/ rumit/kompleks
4.
Pada saat saya sedang menuju ke arah kantor dengan
motor, terlihat atasan saya yang
sedang berjalan kaki. Hal yang akan saya lakukan adalah
a. Memelankan motor
saya dan mengucapkan salam kepadanya
b. Saya akan
menghentikan kendaraan dan memohon izin untuk
mendahuluinya
c. Menghentikan
kendaraan dan menawarkannya tumpangan
d. Melewatinya saja
e. Saya akan mengurangi
kecepatan sambil meminta izin uniuk mendahului
Kunci Jawaban C
Kerjasama LEVEL 2
Menumbuhkan tim
kerja yang partisipatif dan efektif
5.
Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah
ditetapkan, maka sebagai pemimpin saya..
a. Tidak Mempermasalahkan
apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau
tidak
b. Mendorong orang lain
untuk bekerja dengan baik jika diperlukan
c. Mendorong orang lain
untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan
d. Menstimulasi orang
lain untuk mau bekerja dengan baik
e. Mengajak orang lain
bersama-sama untuk bekerja dengan baik
Kunci Jawaban E
Kerjasama
LEVEL 3
Efektif
membangun tim kerja untuk peningkatan kinerja organisasi
6.
Dalam kaitannya dengan perubahan, saya dinilai
sebagai seorang yang
a. Mudah menyesuaikan
diri dengan lingkungan baru
b. Butuh waktu untuk
bergaul secara akrab dengan orang lain
c.
Mempunyai keinginan tinggi untuk mengetahui kegiatan
orang lain
d. Cenderung kurang
adaptif terhadap perubahan
e. Mempunyai pergaulan
yang tidak luas di masyarakat
Kunci Jawaban A
Mengelola
Perubahan LEVEL 2
Proaktif
beradaptasi mengikuti perubahan
7.
Dilan adalah ketua organisasi yang baru dilantik.
Dia belum lama bergabung dengan organisasi,
namun karena dia luwes dan mudah bergaul akhirnya dia menjadi ketua. Ternyata
setelah menjadi ketua sikapnya berubah menjadi cenderung kaku dan keputusan
yang dibuat susah untuk diubah. Jika anda menjadi anggota organisasi tersebut,
apa yang akan anda lakukan...
a. Mengajak teman-teman
lain untuk memberikan masukan ke Dilan sehingga kelompok yang solid tidak terpecah
b. Mengajak Dilan
berdialog secara empat mata
c. Meminta Dilan untuk
tidak bersikap otoriter di forum formal sehingga menjadi kesepakatan bersama
d. Membentuk kelompok
untuk menentang kebijakan yang dibuat Dilan agar dia tahu kesalahan yang telah diperbuatnya
e. Membiarkannya saja
nanti juga Dilan sadar sendiri
Kunci Jawaban A
Kerjasama
LEVEL 3
Efektif
membangun tim
kerja untuk
peningkatan kinerja organisasi
8.
Ketika saya menjadi panitia kegiatan sekolah, saya
akan menggalang dana dengan cara...
a. Menggerakkan
teman-teman untuk mencari dana
b. Mencari sponsor yang
mendukung keberhasilan acara
c. Mengajukan proposal
kegiatan sekolah
d. Menghubungi sponsor
yang sudah saya kenal
e. Meminta sumbangan
pada orang tua
Kunci Jawaban A Kerjasama LEVEL 3
Efektif membangun tim kerja untuk peningkatan
kinerja organisasi
9.
Jika jadwal yang bisasa anda lakukan diubah, apa
yang akan anda lakukan...
A. Biasa saja dan melakukannya
B. Merasa tertantang,
bersemangat dan segera menyesuaikan diri
C. Marah dan mengeluh
D. Panik dan merasa gelisah
E. Mencari teman lain
yang mengalami hal serupa
Kunci Jawaban B
Mengelola Perubahan LEVEL 2
Proaktif beradaptasi mengikuti perubahan
10.
Apakah anda bersedia untuk memperdebatkan sesuatu ,
padahal kelompok anda jelas-jelas tidak menyetujuinya
A. Saya akan tetap
mempertahankan pendapat saya
B. Saya akan menyimak
pendapat lain terlebih dahulu
C. Saya akan berpikir
ulang dan mencari jalan tengah
D. Saya akan mengalah saja
E. Saya akan
mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya
Kunci Jawaban C
Kerjasama
LEVEL 2
Menumbuhkan tim
kerja yang partisipatif dan efektif
11.
Anda sedang mengemudi kendaraan, tiba-liba handphone
anda berdering, apa yang akan anda lakukan....
A. Menepi untuk
mengangkat handphone
B. Menyuruh rekan yang
disamping anda untuk mengangkatnya
C. Membiarkannya saja
sampai ke tempat tujuan
D. Mematikan handphone
karena menganggu konsentrasi saat berkendara
E. Segera mengangkatnya
karena membuat anda tidak fokus berkendara
Kunci Jawaban A
Pengambilan Keputusan LEVEL 1
Mengumpulkan informasi untuk bertindak sesuai kewenangan
12.
Menurut anda, kemampuan bekerja yang tinggi
diperlukan ketika...
A. Saat dalam keadaan terdesak
B. Kapan saja saat kita bertugas
C. Bila situasi dan
kondisi memungkinkan
D. Bila diminta oleh
atasan
E. Ketika ada imbalan setimpal
Kunci Jawaban B
Orientasi Hasil LEVEL 2
Berupaya meningkatkan hasil kerja pribadi yang lebih tinggi dari
standar yang ditetapkan
13.
Ketika anda diminta saran oleh teman yang sudah
berhasil dalam usahanya, anda akan menyarankan
agar...
A. Meningkatkan
kemampuan dan pengetahuan
B. Memanfaatkan orang
lain yang lebih berpengalaman dan berpengetahuan luas
C. Berusaha memperoleh
dukungan dari pihak luar
D. Bekerjasama denga
orang yang berwawasan luas
E. Mengikuti saja
suratan nasib
Kunci Jawaban A
Pengembangan diri dan orang lain
LEVEL 2
Meningkatkan
kemampuan bawahan dengan memberikan contoh dan penjelasan cara melaksanakan
suatu pekerjaan
14.
Suatu hal saya mendapatkan tugas yang sepele, sikap saya....
A. Marah karena
kemampuan saya dianggap rendah
B. Sedih karena saya
mereasa tidak dianggap oleh perusahaan
C. Melimpahkan tugas
tersebut pada rekan lain yang kapasitasnya lebih tepat
D. Segera menyelesaikan
tugas dengan sepenuh hati
E. Meminta atasan untuk
memberikan tugas lain yang sesuai
Kunci
Jawaban D
Orientasi
Hasil LEVEL
1
Betanggung jawab
untuk memenuhi standar kerja
15.
Dalam proses pengambilan keputusan, saya suka.....
a. Melontarkan gagasan
yang memancing keterlibatan anggota
b. Mengambil alih
proses pengambilan keputusan
c. Mengusahakan agar
pendapat saya diterima
d. Menciptakan suasana
agar orang tidak berani mengungkapkan pendapatnya
e. Mempercayakan
keputusan pada kelompok
Kunci Jawaban A
Pengambilan Keputusan LEVEL 2
Menganalisis
masalah secara mendalam dalam pengambilan keputusan
16.
Milea dan ketiga rekannya diberi tugas mendadak dan
atasan dan harus diselesaikan pada waktu dua hari. Pada saat deadline, ia
sebenamya sudah bisa mengumpulkan pekerjaannya kepada atasan karena sudah
selesai, namun ternyata ketiga rekannya yang lain belum menyelesaikan tugasnya
sehingga membaut Milea ragu untuk mengumpulkan tugasnya. Apa yang harus Milea lakukan....
a. Segera menyerahkan
pekerjaannya tanpa bergabung pada rekan yang
lainnya
b. Lebih baik menunggu
rekan kerja lain untuk menghindari anggapan tidak setia kawan
c. Menunggu rekan kerja
lain, baru menyerahkan pekerjaan agar terlihat
kompak
d. Segera menyerahkan
pekerjaan sekaligus melaporkan bahwa rekan kerjanya belum menyelesaikan pekerjaan
e. Menunggu rekan
kerjanya, karena jika mereka tidak selesai sebaiknya MiIea juga tidak menyelesaikannya
Kunci
Jawaban A Orientasi hasil LEVEL 1
Betanggung jawab
untuk memenuhi standar kerja
17.
Suatu hari atasan anda harus meninggalkan kantor
lebih awal karena ada urusan mendadak dan anda diminta untuk mengawasi pegawai
yang lain karena atasan anda mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering
terlambat dan pulang kantor lebih cepat. Saat atasan anda pergi ternyata anda
menemukan dua pegawai yang
datang
terlambat dan liga orang pulang lebih awal. Apa yang anda lakukan untuk
mengatasi pegawai yang tidak disiplin tersebut..
a. Menegur karyawan
yang tidak disiplin tersebut sesuai kewenangan yang diberikan oleh atasan anda
b. Mencatat pegawai
yang tidak disiplin untuk dilaporkan kepada atasan
c. Mengingatkan secara
tidak formal kepada pegawai yang tidak disiplin
d. Diam saja karena
kebetulan salah satu pegawai yang tidak disiplin itu adalah teman dekat anda
e. Menegur dan
mengatakan bahwa anda akan mengatakan kepada atasan tentang ketidakdisiplinan mereka
Kunci
Jawaban A Integritas
LEVEL 2
Mampu mengingatkan, mengajak rekan kerja untuk bertindak sesuai nilai,
norma, dan etika organisasi
18.
Terkait pada suatu kesanggupan melakukan hal
tertentu pada umumnya saya akan...
a. Dalam waktu yang
sama melakukan berbagai kegiatan
b. Hanya melakukan
kegiatan yang relevan dengan kegiatan ulama
c. Melakukan kegiatan
lain sekedar sebagai selingan
d. Lebih banyak
melakukan kegiatan lain yang baru
e. Menolak kegiatan
lain sebelum tugas terselesaikan
Kunci Jawaban E
Orientasi hasil LEVEL 1
Betanggung jawab
untuk memenuhi standar kerja
19.
Anda dan tim diberikan tugas baru oleh pimpinan,
namun semua anggota tim belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas beru
tersebut. Sikap anda...
a. Saya yakin bahwa
para anggota tim juga dapat belajar sendiri untuk memahami cara menyelesaikan
tugas baru itu
b. Saya akan
mempelajari tugas tersebut lalu membagi pengetahuan saya kepada anggota tim lain
c. Saya akan meminta
bantuan rekan kerja yang paling pandai untuk mempelajari tugas tersebut
kemudian menjelaskan pada semua anggota tim
d. Kami mengerjakan
bersama-sama tugas tersebut sesuai pemahaman kami, bila ada kesulitan kami akan
menyelesaikan secara bersama-sama
e. Pimpinan yang
memberikan tugas sebaiknya menjelaskan lerlebih dahulu begaimana mengerjakan
tugas tersebut sebaik-baiknya
Kunci Jawaban B
Orientasi hasil LEVEL 2
Berupaya meningkatkan hasil kerja pribadi yang lebih tinggi dari
standar yang ditetapkan,
20.
Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang
mendadak adalah
a. Bingung bagaimana
harus bersikap
b. Penuh harapan akan perubahan
c. Tertekan karena
cemas akan dampak yang akan terjadi
d. Pesimis karena tidak
dilibatkan dari awal proses
e. Berhati-hati
memetakan dampak politis perubahan
Kunci Jawaban B
Mengelola Perubahan LEVEL 1
Mengikuti perubahan secara terbuka
21.
Suatu ketika karena ada masalah yang terjadi
dirumah, anda masuk kerja dengan suasana hati yang kurang baik. Apa yang akan
anda lakukan selanjutnya...
A. Bercerita mengenai
masalah saya pada rekan kerja
B. Bekerja dengan bermalas-malasan
C. Beristirahat lebih
lama agar suasana hati dapat membaik
D. Tetap bekerja
seperti biasa
E. Pulang lebih cepat
agar tidak semakin stress
Kunci
Jawaban D Integritas
LEVEL 1
Mampu bertindak
sesuai nilai, norma, etika organisasi dalam kapasitas pribadi
22.
Anda adalah seorang anggota dari sebuah organisasi
yang memiliki aturan bahwa setiap anggotanya dilarang untuk menggunakan
fasilitas organisasi tanpa izin. Suatu ketika karena suatu alasan anda
melanggar peraturan tersebut dan mendapat teguran. Sikap anda adalah...
A. Memberi alasan yang
dapat diterima mengapa saya melanggar peraturan tersebut
B. Saya akan menerima
teguran tersebut karena memang salah meskipun akan menghadapi konsekuensi untuk
dibenci oleh anggota lain
C. Menemui ketua
organisasi sebelum mendapat teguran
D. Menunggu dipanggil
dan mempersiapkan jawaban yang akan saya berikan
E. Pasrah akan nasib
yang akan diterima
Kunci Jawaban B
Integritas
LEVEL 1
Mampu bertindak
sesuai nilai, norma, etika organisasi dalam kapasitas pribadi
23.
Manusia tidak luput dari kesalahan. Suatu waktu, anda di dalam tim terlibat
dalam kasus penyalahgunaan anggaran yang
sebenamya tidak diketahui
oleh siapa pun, termasuk
pimpinan tim. Apa yang harus tim anda lakukan ?
A.
Menjaga kerahasiaan
antar anggota
tim karena
tidak ada
yang tahu
B.
Saya pura-pura tidak tahu
C.
Mengakui kesalahan
kepada pimpinan
dan berjanji
tidak melakukannya
lagi
D.
Melenyapkan bukti dan bekerja
seperti biasa
E.
Meminta pimpinan
untuk mengevaluasi
anggaran menyeluruh
Kunci Jawaban C
24.
Apakah anda
menunjukkan inisiatif
dan berusaha
untuk mengejar
prestasi kinerja
?
A.
Saya selalu
menunjukkan inisiatif
dalam bekerja
B.
Terkadang jika saya
terpikirkan ide
C.
Tergantung mood
D.
Saya jarang
menunjukkan inisiatif
E.
Saya selalu
berargumen dan memberikan tanggapan
sebaik mungkin
Kunci Jawaban A
25.
Tahun ini saya lulus dari salah satu Universitas ternama di Sumatera Utara dengan
redikat IPK yang sangat memuaskan. Hal ini membuat saya semangat karena dengan
prestasi seperti ini mudah-mudahan mudah bagi saya untuk diterima di perusahaan
yang saya inginkan. Setelah melamar kesana kemari, akhirnya ada beberapa
perusahaan yang memberikan kesempatan bagi saya untuk wawancara. Hasil dari
wawancara, anda diterima sebagal salah satu dan karyawan di perusahaan namun
masih dalam batas magang. Anda dapat menernma hal itu karena mungkin perusahaan
ingin melihat baqaimana kinerja anda. Namun yang membuat anda sedikit keberatan
adalah penematan kerja yang dibenkan sangat jauh dari ekspektasi anda.
Penempatan anda sangat jauh dari dunia yang anda bayangkan. Bagaimana sikap anda..
A. Saya akan mencoba
untuk bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota karena akan
membuat saya lebih dekat dengan lokasi perusahaan
B. Mencari tempat
tinggal lain yang lebih nyaman, meskipun sedikit jauh dari lokasi perusahaan tempat anda bekerja supaya
anda bisa fokus dalam bekerja,dan maksimal dalam berkarya
C. Saya pasti akan
menikmati kehidupan disini
D. Berusaha untuk
bekerja lebih giat dengan harapan bisa mendapatkan fasilitas rumah dari kantor.
E. Menerima hal ini
sebagai resiko dan pekerjjaan yang anda ambil dan berusaha untuk tetap bisa merasa nyaman tinggal di daerah
pinggiran
Kunci Jawaban C
Mengelola Perubahan
26.
Seperti hari hari sebelumnya, pagi ini anda selalu
sibuk dengan rutinitas pekerjaan anda sebagai seoran Security pada sebuah Bank
pemenntah. Ketika anda sedang asyik bekerja, datanglah hanya seorang ibu tua
yang ingin menanyakan prosedur pentransferan uang untuk uang Kuliah anaknya
yang jauh di luar kota. Setelahanda menjelaskan
panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu
namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia
tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...
A. Menjelaskan secara
pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh
ibunya agar dia tahu maksud dan apa yang anda jelaskan
B. Menjelaskan dengan
sabar sembani mengajak sang Ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih focus
ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya
C. Menjelaskan secara
perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa
yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan
D. Meminta sang ibu
untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda bisa menjelaskan hal
tersebut kepadanya
E. Meminta teman anda
yang lebih berpengalaman dalam melayani ibu tersebut
yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada
Kunci Jawaban B
Pelayanan Publik
27.
Hari ini selesai istirahat makan, anda memiliki
jadwal rapat dengan atasan dan perwakilan divisi divisi yang lain tentang
peningkatan kuantitas jumlah pembelian produk yang perusahaan anda jual.
setelan anda mengemukakan ide dan gagasan anda, perwakilan divisi lain ada yang
ingin membenkankritik dan saran ide yang anda kemukakan. Dan ternyata kritikan
perwakilan divisi lain tersebutsangat rasional, bahwa ide yang anda kemukakan
sangat berisiko tinggi tidak berjalan efektif, sikap anda..
A. Mencoba membicarakan
lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang
anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan
B. Mencari dukungan
dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar
diterima
C. Membicarakan dengan
rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
D. Menggantinya dengan
ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
E. Merumuskan ide
tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang
anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan
Kunci Jawaban C
Kerjasama
28.
Saya berdomisili di desa, dimana sarana dan
prasarana sangat terbatas disini. Faktor penempatan pekerjaan memang harus saya
terima dan saya siasati supaya saya dapat nikmati. Namun, akhir akhir ini
sering tenjadi pemadaman listnk mendadak yang sernng sekall membuat pekerjaan
saya terkendala, maka..
A. Mengajukan protes
kepada pihak penyedia jasa listrik yaitu PLN agar pada saat pagi han aliran listrik tidak mati karena ini merupakan hak warga
B. Santai saja, saya
bisa jadikan ini alasan terkendalanya pekerjaan saya.
C. Menggunakan listrik
seadanya supaya tidak ada lagi pemadaman listrk
D. Meminta pihak PLN
memberi jadwal pemadaman listrik sehingga dapat menyiasati seluruh pekerjaan
rumah dan kantor
E. Membeli Genset
supaya tidak ikut terkena masalah akibat pemadaman tersebut
Kunci Jawaban E
Mengelola Perubahan
29.
Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah
perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di
adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan
perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan
kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang
memakai jasa perusahaan anda, sikap anda
A. Memberikan usulan
jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus
memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali
B. Mengusulkan Adanya
jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
C. Mengusulkan agar
pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari
pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda
D. Memberikan usulan
agar perusahaan menyediakan fasilitas kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
E. Menyusulkan agar
alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi
Kunci Jawaban D
Pelayanan Publik
30.
Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang
serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit
masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Begitupun dengan
anda sendiri yang hanya merupakan
seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan
setiap
bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk
memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di
aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan
pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa
melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas
A. Menasehati
teman-teman saya agar berhati hati untuk melakukan pinjaman online meskipun
dengan prosedur yang lebih gampang
B. Tidak ingin
melakukan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun
C.
Berusaha agar tidak melakukan
peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada
saat melakukan pembayaran nanti
D. Mencari
tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman
E. Mencari
tahu sejarah perusahaan dan menaseti teman teman yang lain agar berhati-hati
Kunci Jawaban E Integritas
31.
Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering
memberikan bantuan terhadap sesama rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang
mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda
membutuhkan bantuan anda
A.
Saya akan langsung memberikan
membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka
B.
Saya akan membantu mereka, akan
tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu
membantu dengan iklas
C.
Saya bertanya dahulu mengenai
permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
D.
Saya akan membantu tapi terlebih
dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas
permasalahan mereka
E.
Saya bertanya dahulu jika saya
mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya
Kunci Jawaban A Kerjasama
32.
Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan
tinjauan ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun
lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke
lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk akal. Sedangkan ini
merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan
kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda sikap
anda,
A. Tidak lagi
memberinya maaf karena ini sudah keterlaluan tidak mengindahkan perintah anda
padahal itu adalah pekerjaan yang sangat penting
B. Berhenti
memercayainya sejak kejadian pertama hingga selanjutnya
C.
Melaporkan hal ini kepada pemilik
perusahaan agar mendapatkan hukuman agar dia memahami tugasnya untuk masa yang
akan datang
D. Berani berkata tegas
dengan menegurnya agar bertanggung jawab
E. Tidak cepat percaya
dengannya jika diserahkan tugas lagi untuk kedepannya
Kunci Jawaban D Integritas
33.
Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat
saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan
A. Yang penting saya
akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya
B. Tak cukup
berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara
C. Paling penting
tingkatkan kebersamaan antara tim & kolega
D. Kompetisi menjadi
juara itu utama, agar menjaga nama baik perusahaan
E. Apapun yang saya
lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan
Kunci Jawaban B Orientasi Hasil
34.
Menurut saya orang yang membuang kesempatan adalah
orang yang ….
A. Pikirannya bercabang
dan tidak fokus.
B. Menunggu bantuan
pihak lain.
C. Mundur, tanpa mau
mengambil risiko.
D. Menunda-nunda waktu
dan kesempatan.
E. Bertahan pada
prinsip dan usaha mereka
Kunci Jawaban D Mengelola Perubahan
35.
Seandainya Anda mendapatkan kepercayaan dari
pimpinan yang Anda tahu akan memecah belah kerjasama kelompok yang telah
terbentuk. Ketika menghadapi situasi seperti itu, sikap Anda?
A. Saya
mencoba mempertimbangkan sendiri dari berbagai sudut pandang kepentingan
B. Saya meminta
pertimbangan teman dekat.
C. Saya akan meminta
pertimbangan keluarga.
D. Saya akan meminta
pertimbangan senior di kantor.
E. Saya akan meminta
pertimbangan kelompok kerja saya.
Kunci Jawaban E Kerjasama
36.
Saya melakukan kesalahan dan itu berakibat buruk
pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut ….
A. Menyesali perbuatan saya.
B. Meminta maaf pada
semua pihak yang terkena akibat buruk kesalahan saya.
C.
Melakukan instropeksi diri, meminta
maaf pada semua pihak dan meningkatkan kinerja agar tidak terjadi lagi.
D.
Menyalahkan diri sendiri karena
sudah membuat semua orang jadi terkena akibatnya.
E. Menerima kesalahan
tersebut dengan lapang dada.
Kunci Jawaban C Integritas
37.
Ketika saya merasa dikhianati oleh teman baik saya,
saya ….
A. Menghindar darinya
agar tidak emosi ketika bertemu.
B. Mencari teman lain
yang dapat dijadikan teman bicara.
C. Saya meredam emosi
saya dan mencoba berfikir jernih.
D. Segera memutuskan hubungan
pertemanan karena merasa tidak dihargai.
E.
Menceritakan pada orang lain apa
yang sudah dia lakukan agar orang lain tidak menjadi korban.
Kunci Jawaban C Pengambilan Keputusan
38.
Fulan, teman kantor Anda harus menyelesaikan laporan
yang sangat penting dan berkaitan dengan pengambilan keputusan mengenai shift
untuk satu bulan ke depan pada hari ini. Padahal 10 menit lagi jam kantor akan
berakhir. Ketika menghadapi situasi seperti si Fulan, yang akan saya lakukan
adalah ….
A. Tetap fokus
menyelesaikan laporan secara maksimal, bila perlu melampaui jam kerja.
B. Mengalihkan
pengambilan keputusan pada shift baru.
C. Menyelesaikan masalah
secepat mungkin, karena menunjukkan komitmen bekerja.
D. Menyelesaikan
laporan sesegera mungkin, agar bisa segera beristirahat.
E. Bila memang tidak
mampu, mempercayakan pada teman yang lain.
Kunci Jawaban A Orientasi Hasil
39.
Pada waktu bangun tidur, saya sering merasa ….
A. Tugas-tugas yang
banyak telah menanti saya.
B. Bersemangat untuk
melaksanakan aktivitas sehari-hari.
C. Pusing-pusing
memikirkan suasana kantor yang kurang nyaman.
D. Khawatir jika atasan
akan marah lagi hari ini.
E. Berharap semoga hari
ini hari baik saya.
Kunci Jawaban B Mengelola Perubahan
40.
Jika rencana saya melakukan inovasi pekerjaan
ditentang oleh rekan kerja saya, maka ….
A. Saya merasa kecewa
B. Saya marah, karena
bagaimanapun inovasi itu untuk kebaikan bersama.
C. Saya sedih karena
inovasi tersebut terhambat.
D. Saya meminta
penjelasan dari rekan tersebut dan mencari solusi terbaik.
E.
Saya berani berdebat dengan rekan
tersebut karena saya yakin bahwa rencana inovasi itu membawa angin perubahan
yang positif.
Kunci Jawaban D Kerjasama
SOSIO KULTURAL
1.
Teman kantor saya memberikan saya hadiah ulang tahun
yang saya tidak sukai, sikap saya...
a. Memberikan hadiah
tersebut kepada orang lain
b. Menggunakannya untuk
keperluan saya
c. Menyimpannya sebagai kenangan
d. Menggunakannya untuk menyenangkannya
e. Menyimpan dan tidak
akan menyentuhnya
Kunci
Jawaban B Sosio Kultural LEVEL 2
Aktif
mengembangkan sikap saling menghargai, Menekankan persamaan dan persatuan
2.
Akhir-akhir ini banyak tayangan di televisi yang
isinya kurang mendidik. Melihat fenomena tersebut menurut saya..
a. Ingin menutup hak
siar semua stasiun lelevisi
b. Ingin protes pada
semua stasiun televisi untuk mengganti tayangan lebih banyak
c. Ingin menghujat
semua stasiun televisi di media masa
d. Ingin menggalang
masa untuk melakukan demo terhadap pemerintah untuk segera mengambil kebijakan
e. Ingin mengajak
pihak-pihak yang berwenang dan terkait untuk membahas kelayakan tayangan tersebut
Kunci Jawaban E
Sosio Kultural LEVEL 3
Mempromosikan,
mengembangkan sikap toleransi dan persatuan
3.
Ketika sedang santai dirumah, saya melihat seorang
ibu yang sepeda motomya macet, sedangkan bengkel terdekat berjarak 100 meter
dari rumah, yang akan saya lakukan adalah...
a. Menunggu saja apa
yang akan dilakukan ibu tersebut
b. Menunjukan bahwa 100
meter lagi ada bengkel
c. Menanyakan apa yang
terjadi
d. Membantu membawakan
sepeda motor itu ke bengkel
e. Memanggil petugas bengkel
Kunci Jawaban D
SOSIO KULTURAL
LEVEL 2
Aktif mengembangkan sikap saling menghargai, Menekankan persamaan dan
persatuan
4.
Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda
melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat
tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang
mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan
melihat keadaan tersebut
A. Segera
merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain
dan masyarakat banyak
B. Melewati dan
membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
C.
Memberitahu orang yang ada
disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuang pada tempat
pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvideo
dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham
kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
E. Menelepon pihak
berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah
ini
Kunci Jawaban A Sosio Kultural
5.
Ketika saya sedang naik motor di jalan mendekati
kampus tempat saya kuliah dulu, saya melihat salah seorang dosen saya yang dulu
terkenal sangat galak sedang jalan kaki.
Saya akan ….
A. Berhenti dan
menyalami dosen tersebut.
B. Diam saja dan
pura-pura tidak tahu.
C. Langsung menambah
kecepatan agar tidak terlihat.
D. Dalam hati masih
menyimpan dendam karena pernah dimarahi.
E. Menyalami dosen
tersebut dan menawari untuk memberi boncengan.
Kunci Jawaban E Sosio Kultural
6. Ada pegawai baru
yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah ….
A. Ikut bersikap tak
ramah dan memusuhinya.
B. Ingatkan dengan
baik-baik agar lebih ramah.
C. Tidak perlu ikut
campur karena bukan urusan saya.
D. Mendoakan yang
terbaik untuk pegawai tersebut.
E. Melaporkan pada
atasan agar segera ditegur.
Kunci Jawaban
B Sosio Kultural
7.
Hubungan dengan rekan kerja yang baik dapat
tercermin dalam bentuk seperti apa?
A. Relasi yang baik
butuh waktu agar bisa tercipta.
B. Saat atasan
memberikan tugas kepada kita.
C. Saat kita sedang
membutuhkan bantuannya.
D. Sering saling bantu
membantu saat rekan mengalami kesulitan.
E. Saat kita sedang
mengalami keberhasilan.
Kunci
Jawaban D Sosio Kultural
8.
Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan
yang sering terjadi di jalanan?
A. Takut dan trauma
saat berada di jalan.
B. Tidak ambil pusing
dengan kejadian tersebut.
C. Melaporkan aksi yang
ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.
D. Hanya asyik menonton
tanpa melakukan sesuatu.
E. Sebisa mungin
mencari teman ketika melewati jalan tersebut.
Kunci
Jawaban C Sosio Kultural
9.
Siang ini anda menerima panggilan untuk proses rekrutment
pada sebuah perusahaan. Ketika anda berangkat untuk mengikuti rekrutment
tersebut di tengah perjalanan anda melihat kerumunan orang di pinggir jalan dan
ternyata telah terjadi kecelakaan dengan korban tabrak lari, sedangkan anda
harus sesegera mungkin sampai diperusahaan untuk memulai seleksi, maka sikap anda
A. Tetap melanjutkan
perjalanan untuk tepat waktu mengikuti tes pekerjaan
B. Mengabaikannya
karena harus mengikuti tes yang akan dimulai sebentar lagi
C. Tetap melanjutkan
perjalanan setelah yakin ada orang lain yang
menolong
D. Menolongnya,
kemudian membawanya ke rumah sakit atau kantor
polisi
E.
Mengejar pelaku tabrak lari dan
memintanya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya
Kunci
Jawaban D Sosio Kultural
10.
Malam ini anda bersama anggota keluarga
berkumpul untuk makan bersama. Salah satu di antaranya menggunakan gawai untuk
menjelajahi teknologi informasi pada gawai nya, seperti whatsap, line, twitter,
instagram. Sikap anda terhadap ilustrasi diatas
A. Membiarkannya karena
itu suatu hal wajar untuk bersosialisasi dengan rekan di dunia maya
B. Menarik gawai nya
dan tidak akan mengembalikannya sebelum seluruh anggota keluarga selesai makan
C. Melanjutkan makan
dan berbincang dengan anggota keluarga lainnya
D. Menasehatinya pada
saat makan untuk tidak menggunakan gawai
E. Menanyakan alasannya
menggunakan gawai tersebut dan mengingatkan untuk mematikan gawai nya
0 Komentar